Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita TerbaruCiri Jaringan Kolenkim pada Tumbuhan dan Jenisnya

Ciri Jaringan Kolenkim pada Tumbuhan dan Jenisnya

Ciri jaringan kolenkim akan terlihat pada masing-masing jenisnya. Jaringan ini mampu bekerja untuk mendukung tumbuhan. Dalam hal ini, kolenkim akan mendatangkan sel-sel hidup.

Biasanya akan mengalami penebalan putih dan mengkilap yang terlihat pada mikroskop optik. Kolenkim berasal dari meristem fundamental dan kadang juga dari prokambium. Sel jaringan kolenkim tentunya memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari isodiametrik hingga memanjang.

Selain itu, sel kolenkim juga memiliki kemampuan untuk kembali pada aktivitas meristematik. Hal ini sangat penting untuk regenerasi beberapa bagian tumbuhan. Menyebabkan keberlanjutan dari tumbuhan yang masih dalam masa pertumbuhan primer.

Baca Juga: Jenis Jaringan pada Hewan, Pengertian dan Fungsinya

Ciri Jaringan Kolenkim pada Tumbuhan

Kolenkim merupakan sebuah jaringan permanen yang sederhana. Tersusun atas sel memanjang aksial dengan dinding sel yang tidak sama dan menebal. Jaringan ini kadang berkaitan dengan bundel pembuluh angkut. Pada umumnya, jaringan ini terletak pada hipodermis.

Kolenkim hanya bisa memberikan kekuatan mekanis bagi tumbuhan. Terutama saat sel-sel tumbuhan dalam keadaan bombastis. Selain itu, kolenkim juga memiliki inti yang menonjol dengan organel sel.

Dengan kata lain, jaringan ini berspesialisasi untuk mendukung kerangka tumbuhan. Memiliki ukuran hingga 1,5 milimeter dengan diameter 40-50 mikrometer. Jaringan ini terbentuk oleh sel hidup yang tumbuh meregang, yang bisa mencegah pertumbuhan penuh pada batang.

Adapun ciri jaringan kolenkim pada tumbuhan, yaitu:

Dinding Sel

Jika melihat dari dinding selnya, jaringan kolenkim tidak mengandung lignin. Tetapi jaringan ini mengandung pektin dan selulosa. Selain itu, juga memiliki kandungan berupa hemiselulosa.

Sel Jaringan

Beberapa dari sel jaringan milik kolenkim memiliki kloroplas. Tak heran jika kolenkim juga bisa melakukan proses fotosintesis.

Sehingga bisa membantu tumbuhan dalam membuat makanan dan menyediakan energi. Antar sel jaringan ini memiliki bentuk yang rapat. Sehingga membentuk ruang kosong yang sangat kecil.

Baca Juga: Jenis Jaringan Tubuh Manusia dan Fungsi Umumnya

Memiliki Vakuola

Jaringan kolenkim memiliki vakuola dengan ukuran yang cukup besar dan menonjol. Hal ini karena vakuola menyimpan isi berupa sekretori. Pada area vakuola terdapat sitoplasma granula.

Bentuk

Ciri jaringan kolenkim juga bisa dari segi bentuknya. Jaringan ini memiliki bentuk memanjang dan sejajar. Tentu saja bentuk ini sesuai dengan pusat letak organnya.

Terdapat pada Tumbuhan Muda

Nah, untuk menemukan jaringan kolenkim ini biasanya terdapat pada tumbuhan yang memiliki usia muda. Kolenkim berada pada bagian daun, tangkai, bahkan pada bagian ranting. Jaringan ini terutama akan bekerja pada organ tumbuhan yang masih aktif.

Sehingga akan mudah menemukan jaringan ini pada tumbuhan muda yang baru saja tumbuh. Misalnya pada bagian pucuk tanaman atau daun yang baru saja tumbuh.

Baca Juga: Pengertian Jaringan Adiposa, Fungsi, dan Klasifikasinya

Jenis Jaringan Kolenkim

Setelah mengetahui ciri jaringan kolenkim, berikut jenis dari kolenkim,

Angular (Sudut)

Kolenkim angular mengalami sebuah penebalan pada bagian sudutnya. Dengan penebalan ini, maka sering disebut dengan jaringan sudut. Contohnya pada tekstur daun yang bergelombang.

Lamellar (Tangensial)

Kolenkim lamellar atau papan juga mengalami penebalan pada dinding sel tangensial saja. Jaringan yang satu ini memiliki dinding sel yang tebal. Tetapi hanya pada saat sejajar dengan permukaan strukturnya.

Jaringan ini bisa sangat kuat karena mengalami penebalan yang besar. Nantinya jaringan ini bisa mendapatkan dukungan pada lapisan yang paling luar dari struktur tumbuhan.

Annular

Jaringan kolenkim yang berikutnya adalah annular yang merupakan jaringan terlangka. Ciri jaringan kolenkim annular bisa terlihat pada daun wortel. Daun tersebut memiliki bentuk yang tebal.

Hal ini tentu saja karena adanya dukungan dari seluruh arah. Berbeda dengan daun lainnya yang hanya mendapatkan dukungan dari satu sisi saja.

Lacunate

Jaringan kolenkim yang terakhir adalah lacunate atau lakunar. Terdapat sebuah penebalan pada permukaan ruang antara sel satu dengan sel lainnya. Jaringan ini hanya mengisi ruang pada tumbuhan yang kosong.

Jaringan yang satu ini terbilang sangat rentan. Hal ini karena kekurangan jaringan dan lebih cocok bersama-sama seperti matriks. Sebab memiliki banyak ruang antar sel jaringan.

Itulah beberapa ciri jaringan kolenkim pada tumbuhan. Tentu saja jaringan ini berbeda dengan sklerenkim. Tetapi, kolenkim memiliki banyak fungsi yang bisa membantu tumbuhan agar tetap hidup. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img