Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita TerbaruCiri Power Bank Rusak yang Paling Sering Terjadi, Segera Ganti Baru

Ciri Power Bank Rusak yang Paling Sering Terjadi, Segera Ganti Baru

Ciri power bank rusak yang harus segera diganti penting untuk anda ketahui. Benda satu ini terbukti mampu memangkas rasa was-was pada saat daya HP semakin menipis.

Dengan mempunyai beragam kapasitas daya, power bank cukup menarik perhatian dalam penggunaan gadget. Bahkan dapat dipastikan setiap orang yang menggunakan gadget, maka dia juga membawa peralatan satu ini.

Akan tetapi, penggunaan power bank yang kurang hati-hati, akan membuat alat ini semakin cepat mengalami kerusakan atau sekedar error pada fungsi tertentu.

Tanpa kita sadari, power bank yang hanya mati indikatornya pun sudah dapat dikatakan rusak. Bahkan dengan indikator yang mati, perangkat tersebut pun tidak mampu mengisi daya sama sekali.

Ciri Power Bank Rusak Paling Sering Terjadi

Semua jenis perangkat elektronik tentu ada masanya. Salah satunya adalah dalam penggunaan power bank. Power bank merupakan salah satu perangkat yang sangat rentan mengalami kerusakan, dengan kemungkinan penggunaan yang kurang hati-hati.

Seperti yang kita ketahui, power bank adalah salah satu perangkat yang sangat diperlukan bagi para pengguna Android. Dengan adanya perangkat ini, maka pengguna tidak akan merasa kebingungan saat kehabisan daya baterai pada Android yang mereka gunakan saat bepergian.

Baca Juga : Baca Ini Sebelum Anda Membeli Powerbank

Akan tetapi, jika power bank yang kita miliki mengalami kerusakan, tentu hal ini dapat menghambat penggunaan Android anda saat berada di luar ruangan.

Oleh karena itu, sebaiknya anda mengetahui ciri-ciri power bank rusak sebelum membawanya pada aktivitas luar rumah anda. Ciri-ciri tersebut antara lain:

Baterai Power Bank Overheat

Untuk dapat mendeteksi adanya kerusakan pada perangkat power bank yang anda miliki adalah dengan melihat suhu baterai dalam perangkat.

Apabila perangkat memiliki suhu yang sangat panas atau overheat, maka kemungkinan perangkat mulai lemah dan akan segera mengalami kerusakan.

Baca Juga : Ingin Power Bank Tidak Cepat Rusak, Ikuti Tips Ini

Jika mengalami hal ini, segera hentikan proses charger. Berdasarkan dari beberapa kasus yang sama, jika pengisian baterai Android dengan menggunakan power bank yang terlalu panas, perangkat dapat meledak.

Hal ini justru membahayakan serta dapat membuat cidera. Langkah berikutnya, sebaiknya perangkat segera anda servis atau membeli power bank yang baru.

Lampu Indikator Mati

Ciri-ciri power bank rusak berikutnya adalah lampu indikator mati. Mungkin anda mengisi daya dalam kurun waktu yang lama, akan tetapi lampu indikator tetap tidak menyala satu pun.

Maka, dapat anda pastikan power bank yang anda miliki sudah mengalami kerusakan atau tidak berfungsi. Atau anda dapat mengeceknya dengan mengisi ulang daya ke power bank tersebut.

Anda dapat memastikan saat pengisian ulang power bank melalui stop kontak, apakah lampu indikator menyala atau tidak. Jika tetap tidak menyala, maka artinya perangkat anda tersebut sudah tidak berfungsi karena tidak mampu menerima daya.

Baterai Cepat Habis

Kondisi baterai yang cepat habis dapat menjadi salah satu ciri power bank rusak. Adanya baterai yang ngedrop, gejala yang dapat anda tangkap dari kasus tersebut adalah pengisian yang sangat cepat.

Hanya dalam beberapa menit proses pengisian, lampu telah sudah menyala semua padahal pengisian daya baru sebentar. Dengan kondisi tersebut, dapat kemungkinan bahwa baterai powerbank anda sudah ngedrop.

Power Bank Tidak Dapat Digunakan

Ciri power bank rusak yang paling mudah untuk dikenali adalah saat sebuah perangkat powerbank tidak dapat mengisi daya baterai ponsel. Kemungkinan power bank yang anda miliki telah mengalami kerusakan.

Baca Juga : Redmi Power Bank Bawa Kapasitas Besar, Ini Harga Terbarunya

Apabila semua lampu indikator LED yang terdapat pada power bank masih menyala dengan baik dan tidak adanya kerusakan atau masalah pada baterai ponsel anda, maka sebaiknya anda menggunakan kabel USB cadangan yang anda miliki.

Selanjutnya dapat anda lihat apakah perangkat power bank anda masih bisa mengisi daya baterai atau tidak. Apabila baterai sudah anda ganti dan power bank tetap tidak dapat mengisi, maka bisa anda pastikan power bank tersebut sudah rusak.

Ciri power bank rusak lainnya adalah adanya bau gosong yang keluar dari perangkat tersebut. Power bank yang mengeluarkan bau gosong sama seperti bau kabel yang terbakar menandakan bahwa perangkat tersebut mengalami kerusakan yang parah. Maka sebaiknya jangan menggunakannya untuk proses mengisi daya ponsel. Karena hal ini dapat membahayakan keselamatan pengguna. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru