Download Playstore di Laptop, Berikut Pilihan Cara Mudahnya

Download Playstore di Laptop, Berikut Pilihan Cara Mudahnya
Ilsutrasi Download Playstore di Laptop. Foto: Ist/Net

Download Playstore di laptop terbilang cukup mudah. Kita ketahui, Playstore seringkali banyak terinstall dalam perangkat smartphone ataupun tablet.

Akan tetapi, dalam menginstall Playstore dengan menggunakan smartphone seringkali terjadi beberapa kasus yang tidak kita inginkan.

Seperti Google Play Store yang tiba-tiba hilang, error, tidak bisa anda buka, ataupun terhapus. Maka salah satu solusinya adalah menginstall versi terbaru melalui perangkat laptop.

Terdapat beberapa cara mudah yang dapat anda gunakan untuk instal Playstore dengan menggunakan laptop. Berikut ini kita simak penjelasannya.

Baca juga: Aplikasi Download Gambar Instagram, Ini Rekomendasinya!

Download Playstore di Laptop

Playstore adalah salah satu aplikasi yang menyediakan beragam jenis aplikasi Android yang sangat menarik untuk anda gunakan.

Pada smartphone Android saat ini, aplikasi Google Play Store telah tersedia sebagai aplikasi bawaan dari smartphone tersebut. Akan tetapi, dalam perangkat laptop untuk dapat memilikinya, anda harus mendownloadnya terlebih dahulu.

Terdapat beberapa cara download playstore di laptop yang dapat anda coba, antara lain:

Microsoft Store

Jika anda menggunakan Windows 10, maka pasti anda sudah tidak asing dengan aplikasi Microsoft Store satu ini. Microsoft Store memang telah terpasang sejak awal pada saat anda pertama kali menggunakan Windows 10.

Melalui Microsoft Store ini, anda dapat menemukan beragam jenis aplikasi dekstop khusus PC. Mulai dari yang berbayar, gratis, hingga yang populer.

Berikut ini cara download Playstore melalui aplikasi Microsoft Store, antara lain:

  • Tekan keyboard simbol Windows atau anda dapat memilih logo Windows yang terdapat pada ujung kiri taksbar.
  • Dalam kolom pencarian, anda dapat mengetikkan Microsoft Store.
  • Buka aplikasi Microsoft Store
  • Cari dan download Playstore yang akan anda install pada laptop anda.
  • Langkah terakhir klik “install”.

APK Downloader

Cara download Playstore di laptop selanjutnya adalah dengan menggunakan APK Downloader. Dalam hal ini, anda dapat menggunakan situs khusus apk Downloader atau dengan mendownload situs aplikasi Android.

Salah satu apk downloader yang cukup populer dan menjadi apk downloader terfavorit adalah Evozi. Dengan menggunakan aplikasi Evozi, anda dapat download maupun berbagi aplikasi atau game yang terdapat dalam Playstore di laptop.

Caranya pun cukup mudah dan sederhana yang antara lain:

  • Kunjungi situs Evozi APK Downloader dengan menggunakan browser yang anda miliki pada komputer ataupun laptop.
  • Selanjutnya, klik visit Play Store atau dapat anda lakukan secara manual masuk pada situs Play Store.
  • Cari aplikasi yang akan anda instal.
  • Lalu salin link Play Store aplikasinya.
  • Selanjutnya paste link tersebut ke dalam kotak Package Name or Google Play URL yang terdapat dalam aplikasi Evozi. Kemudian klik kotak biru yang ditunjukkan oleh tanda panah, yakni Generate Download Link.
  • Setelah itu, akan muncul informasi mengenai aplikasi yang akan anda unduh yang terdiri dari ukuran aplikasi, barcode, pengembang, versi aplikasi, dan yang lainnya.
  • Langkah terakhir, maka anda harus masuk ke tahap terakhir, yakni klik kolom hijau dengan tulisan “Click Here to Download..” untuk memulai dalam mengunduh aplikasi.
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi dapat terdownload secara otomatis pada laptop anda.
Baca juga: Swift 5 Antimicrobial, Laptop Tipis Kapasitas Baterai Mumpuni

Google Playstore Web

Cara download Playstore di laptop mudah berikutnya adalah dengan menggunakan Google Play Store Web. Melalui cara ini, anda akan lebih bebas dalam mendownload aplikasi Android apa saja melalui Google Play Store resmi.

Selain dapat anda akses melalui perangkat HP, anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan perangkat laptop. Menariknya lagi, anda dapat unduh aplikasi pada Playstore dengan menggunakan perangkat laptop yang terhubung langsung ke HP Android.

Berikut ini cara unduh Playstore di laptop, antara lain:

  • Buka Google Play Store versi desktop
  • Selanjutnya masuk dengan menggunakan akun Gmail yang sama yang terdapat pada Android anda
  • Kemudian download aplikasi yang anda inginkan
  • Pada pilihan perangkat, anda dapat pilih dengan HP Android yang anda gunakan.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses download aplikasi selesai, maka secara otomatis aplikasi akan terinstal pada laptop yang anda gunakan

Dengan mengikuti salah satu cara download Playstore di laptop di atas, maka anda pun dapat download berbagai jenis aplikasi secara lebih mudah tanpa harus menggunakan perangkat HP. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid