Efek Peredam Kap Mesin, Mampu Menjaga Suhu Komponen Kendaraan

Efek Peredam Kap Mesin, Mampu Menjaga Suhu Komponen Kendaraan
Ilustrasi efek peredam kap mesin. Foto: extremeprelude

Efek peredam kap mesin pada kendaraan memiliki fungsi yang cukup penting. Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang komponen tersebut.

Setiap komponen kendaraan memiliki fungsinya masing-masing. Salah satunya yaitu peredam kap mesin. Saat anda membuka kap mesin, tentu akan terlihat beberapa bahan untuk pelengkapnya.

Anda bisa menemukan dumper yang berada pada kap mesin bagian atas. Komponen tersebutlah yang disebut dengan peredam panas. Mungkin sebagian pemilik kendaraan belum tahu yang namanya komponen tersebut.

Padahal fungsinya cukup penting. Seperti namanya, komponen tersebut memiliki fungsi sebagai peredam panas pada mesin. Namun, selain itu, masih banyak fungsi yang perlu anda tahu. 

Jika tidak ada komponen tersebut, akan merusak mesin yang selalu bekerja tiada henti. Panasnya mesin kendaraan mampu merusak kap mesin. Maka dari itulah, dibutuhkan komponen tersebut pada kap mobil.

Karena itulah mengapa kap mesin memiliki warna cat yang mudah kusam daripada bagian lainnya. Bahkan ada beberapa masalah yang terjadi pada komponen tersebut.

Baca Juga : Suara Berdecit pada Mobil, Periksa Komponen Beltnya yang Bermasalah

Sehingga muncul gelembung-gelembung pada lapisan cat pada bagian tersebut. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan komponen peredam.

Efek peredam kap mesin pada kendaraan hadir dengan fungsi yang banyak. Efek yang bisa timbul yaitu meredam panas dan bunyi pada mesin.

Komponen tersebut terbuat dari bahan alumunium foil. Bahkan berdasarkan pembuatannya, komponen tersebut hadir dengan berbagai macam. 

Efek Peredam Kap Mesin yang Baik untuk Kendaraan

Salah satu komponen pada kendaraan roda empat yaitu kap mesin. Komponen tersebut memiliki efek samping yang cukup baik. Secara fisik, komponen tersebut terbuat dari alumunium foil atau glass wool.

Secara fisik, bentuk dari komponen tersebut melapisi permukaan bawah kap. Maka dari itu, fungsinya sebagai penghalang panas pada mesin.

Pada umumnya, komponen tersebut terpasang pada bagian atas kap mesin. Kap mesin menyerupai bentuk kap tersebut. Namun, sayangnya komponen tersebut tidak semua terdapat pada mobil yang baru anda beli.

Biasanya komponen tersebut merupakan aksesoris tambahan yang harus anda beli dan pasang sendiri. Berikut ini ada beberapa efek yang bisa terjadi ketika mobil memiliki aksesoris yang satu ini.

Anda perlu tahu berbagai efek peredam kap mesin pada kendaraan, antara lain:

Menjaga Suhu Mesin

Efek peredam kap mesin yang bisa anda dapatkan ketika penggunaan aksesoris ini yaitu menjaga suhu mesin agar tidak hilang. Panas pada mesin mobil perlu diredam saat kondisinya belum mencapai suhu kerja.

Komponen tersebut kemungkinan besar akan meredam panas melalui kap mesin. Sehingga mesin akan mencapai suhu kerja dan konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat.

Baca Juga : Sarung Jok Mobil Berikan Nuansa Berbeda, Simak Tips Belinya

Apalagi ketika AC dalam kendaraan nyala, sistem pendinginan akan bekerja meski suhu mesin masih berada di bawah suhu kerjanya. Hal ini akan berujung pada pemborosan bahan bakar. Itulah efek peredam mesin yang baik untuk kendaraan.

Anti Radiasi

Efek peredam kap mesin yang selanjutnya yaitu sebagai anti radiasi dari panas mesin. Jika hal ini tidak diantisipasi dengan baik, tentu bisa memberikan efek yang buruk.

Salah satunya yaitu cat mesin belang. Mungkin tidak semua pemilik kendaraan menjadikan hal ini sebagai masalah. Namun. belang yang timbul tersebut merupakan hasil dari radiasi panas yang tidak menentu.

Tidak hanya itu saja, uap aki juga bisa mengakibatkan timbulnya bercak pada komponen tersebut. Maka dari itu, sebagian besar pemilik kendaraan juga banyak yang meletakkan peredam tepat diatas aki.

Namun, untuk permukaan kap mesin bagian atas tidak akan mendapatkan pengaruh dari mesin itu sendiri. Saat mesin mobil bekerja, suhu akan naik, apalagi bahannya terbuat dari konduktor.

Peredam Bunyi Mesin

Aksesoris yang satu ini memang memiliki efek peredam kap mesin yang cukup banyak pada mesin kendaraan. Tidak hanya mampu meredam radiasi, namun juga mampu meredam suara pada mesin mobil.

Kendaraan roda empat ini memang terkenal dengan suaranya yang nyaman dan tidak berisik. Suara yang dihasilkan tenang ini karena beberapa faktor.

Baca Juga : Kaca Film Terbaik Harga Fantastis V-KOOL Limited Edition

Selain memiliki pengaruh pada mufler dengan peredam pada bagian mesin pun juga terdapat peredam bunyi. Sehingga menimbulkan suara halus untuk kendaraan. Itulah efek peredam kap mesin pada mobil. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto