Efek Samping Semangka untuk Ibu Hamil Jika Konsumsi Secara Berlebih

Efek Samping Semangka untuk Ibu Hamil Jika Konsumsi Secara Berlebih
Ilustrasi efek samping semangka untuk ibu hamil. Foto: fashiongoalz.com

Efek samping semangka untuk ibu hamil cukup beragam. Tidak hanya itu saja, namun juga ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari buah yang satu ini.

Semangka merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan vitamin. Buah yang satu ini termasuk dalam jenis timun-timunan.

Buah semangka berasal dari Afrika Selatan. Namun, sudah berkembang dan dibudidayakan ke berbagai belahan negara, termasuk Indonesia.

Ada berbagai macam buah semangka yang termasuk non biji dan jenis lainnya. Semangka sangat mudah anda temukan di Indonesia.

Kandungannya yang banyak dan rasanya manis, membuat siapa saja gemar untuk mengkonsumsinya. Begitu juga dengan ibu hamil yang memilih buah ini untuk bisa menambah nutrisi janin.

Namun, sayangnya sebagian besar orang beranggapan jika mengkonsumsinya mampu memberikan dampak negatif. Khususnya untuk ibu hamil.

Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin. Salah satunya dengan konsumsi buah-buahan. Sayangnya, semua yang yang berlebihan mampu memberikan dampak buruk.

Baca Juga : Buah untuk Asam Lambung yang Efektif, dari Pisang hingga Apel

Efek samping semangka untuk ibu hamil pun akan terasa ketika mengkonsumsinya secara berlebihan. Ada banyak efek buruk yang bisa terjadi pada ibu hamil. 

Tidak hanya memiliki kandungan vitamin yang banyak serta kaya manfaat, namun buah ini juga memiliki efek samping pada ibu hamil. Buah yang kaya akan air ini memiliki harga terjangkau.

Selain itu, buah yang satu ini juga cocok untuk ibu hamil jika konsumsinya secara cukup. Dibalik manfaatnya yang banyak, anda juga perlu tahu apa saja sebenarnya dampak negatif yang bisa terjadi.

Efek Samping Semangka untuk Ibu Hamil

Ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Selain itu, buah-buahan menjadi salah satu jenis makanan yang wajib bumil konsumsi.

Ada banyak jenis buah-buahan yang cocok untuk ibu hamil, salah satunya yaitu semangka. Semangka atau Citrullus lanatus merupakan buah yang memiliki rasa manis dan kaya akan kandungan air.

Tidak hanya itu saja, buah ini juga mengandung banyak kalori dan memiliki rasa segar di mulut maupun tenggorokan. Buahnya yang berwarna merah ini ada yang memiliki biji atau non biji.

Baca Juga : Cara Alami Mengecilkan Perut dengan Buah-buahan Rendah Kalori

Namun, ada juga daging buah semangka yang memiliki warna kuning. Keduanya memiliki nutrisi dan manfaat yang sama. Kandungan dalam buah yang satu ini antara lain air 91% dan karbohidrat 7,5%.

Secara umum konsumsi buah semangka secara berlebihan akan berdampak buruk pada ibu hamil. Kandungan gula yang ada dalam semangka dapat menimbulkan diabetes gestasional.

Semangka memiliki indeks glikemik rendah sehingga bisa membuat kadar gula ibu hamil cepat naik. Selain itu, masih banyak efek samping yang terjadi ketika bumil konsumsi semangka secara berlebihan.

Detoksifikasi Berlebih

Efek samping semangka untuk ibu hamil jika anda konsumsi berlebih bisa mengakibatkan detoksifikasi berlebih. Ketika konsumsi secara berlebihan, justru dapat mengikis nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Sebaiknya konsumsi secara cukup agar kondisi tetap sehat dan terjaga. Selain itu, sebaiknya tanyakan pada dokter kandungan sebelum anda mengkonsumsinya.

Baca Juga : Cara Ampuh Bersihkan Racun dalam Tubuh dengan 5 Jenis Buah Ini

Lambung Bermasalah

Efek samping semangka untuk ibu hamil selanjutnya yaitu terjadinya gangguan pada lambung. Sebaiknya konsumsi buah ini secara langsung agar tidak memicu mual atau muntah.

Sebab, biasanya makan semangka yang sudah terkupas lama justru memicu gangguan lambung. Agar anda tidak meragukan untuk mengkonsumsinya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Karena buah semangka minim serat dan kaya fruktosa, maka bisa memberikan dampak pada pencernaan anda. Sehingga bisa timbul masalah pada pencernaan ibu hamil.

Diabetes Kehamilan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika konsumsi terlalu berlebih, ada dampak buruk yang terjadi. Rasa manis yang ada pada buah ini menandakan adanya kandungan gula yang banyak.

Maka, ketika ibu hamil mengkonsumsi secara berlebihan, otomatis kadar gula dalam darah bisa naik cepat. Resiko yang bisa terjadi yaitu memicu timbulnya diabetes kehamilan.

Sebagian ibu hamil tentu ada banyak makanan yang anjurannya untuk konsumsi. Buah-buahan termasuk yang wajib ibu hamil makan, misalnya semangka.

Namun, sebaiknya anda konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memakannya. Sebab, jika berlebihan justru bisa memberikan efek samping semangka untuk ibu hamil yang berpengaruh pada kesehatan. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah