Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita CiamisFacebook Palsu Bupati Ciamis, Hati-hati! Pelaku Minta OTP sampai Pulsa

Facebook Palsu Bupati Ciamis, Hati-hati! Pelaku Minta OTP sampai Pulsa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Facebook palsu, Herdiat Sunarya, Bupati Ciamis, Jawa Barat, membuat resah. Pasalnya akun tersebut digunakan pelaku untuk menipu korban.

Awalnya pelaku menggunakan akun Facebook bernama Herdiat Sunarya berusaha menghubungi calon korbannya melalui pesan messenger Facebook.

Pelaku meminta nomor kontak WhatsApp, selanjutnya pelaku juga meminta korban untuk memberikan kode OTP (One Time Password) yang di-SMS ke handphone korban. 

Ketika kode OTP sudah diberikan, pelaku dengan leluasa mengambil alih WhatsApp korban dan melakukan pemerasan juga penipuan. Selain meminta kode OTP, beberapa warga Ciamis juga dimintai pulsa oleh korban lewat Facebook palsu Bupati Ciamims tersebut. 

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Ciamis, Ani Supiani, mengatakan, ia menerima kabar tersebut dari ajudan Bupati Ciamis.

“Pelaku berusaha mengambil alih WhatsApp korban, lalu pelaku meminta tebusan untuk mengembalikan akun WhatsApp tersebut,” katanya, Minggu (20/12/2020).

Ani mengimbau kepada warga Ciamis agar tidak menanggapi pesan dari akun Facebook palsu yang mengatasnamakan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya. 

“Tidak ada kamusnya pejabat minta kode OTP, apalagi minta uang lewat Facebook,” katanya.

Sementara Hendri, Kepala Bidang Persandian dan Telematika Dinas Kominfo Ciamis, mengatakan, pemalsuan akun Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menggunakan SIM SWAP dengan teknik Social Engineering.

“Pelaku membuat akun palsu public figure, korban yang merasa tersanjung karena dikirimi pesan oleh akun tersebut, tidak sadar memberikan OTP kepada penipu,” katanya.

Hendri menambahkan, Dinas Kominfo Ciamis sudah melaporkan akun palsu tersebut ke Kemeninfo pada tanggal 18 Desember kemarin. 

“Saat ini akun Facebook palsu Bupati Ciamis tersebut sudah di-takedown,” pungkasnya. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -