Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita TerbaruFakta Tumbuhan Lumut yang Menarik dan Belum Banyak Diketahui

Fakta Tumbuhan Lumut yang Menarik dan Belum Banyak Diketahui

Fakta tumbuhan lumut belum banyak diketahui orang. Lumut merupakan tumbuhan kecil yang terdapat pada permukaan lembab, sehingga tampak seperti tanaman pengganggu.

Ini adalah fakta yang menarik untuk Anda ketahui. Karena selain banyak bermanfaat bagi kesehatan, ternyata tumbuhan lumut juga bisa menjadi media dekorasi rumah.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasan mengenai beberapa fakta yang menarik dari tumbuhan lumut.

Baca Juga : Manggis untuk Ibu Hamil, Kaya Manfaat Dukung Pertumbuhan Janin

Fakta Tumbuhan Lumut Mulai dari Ciri, Habitat Hingga Manfaat

Ciri-ciri Tumbuhan Lumut

Tumbuhan lumut mempunyai ciri-ciri spesifik yang tidak ditemukan pada tumbuhan lain. Ciri-ciri fisiknya meliputi bentuknya yang kecil dan memiliki talus. Talus ini merupakan bagian dari tubuh lumut sebagai pengganti fungsi akar, batang dan daun.

Pada umumnya tumbuhan lumut ini memiliki tinggi kurang dari 15 centimeter. Ada beberapa jenis lumut yang mengeluarkan bagian seperti daun pipih.

Namun, ada juga beberapa jenis lumut yang mempunyai akar rizoid untuk melekatkan diri pada benda. Rizoid sendiri bukan seperti akar pada umumnya, ia hanya selebar satu sel dan tidak mempunyai pembuluh angkut xilem dan floem.

Habitat Lumut

Fakta tumbuhan lumut berikutnya yaitu, lumut mampu hidup pada berbagai tempat, namun habitat khususnya berada pada daerah yang menerima minim cahaya.

Media pertumbuhan lumut bisa berupa batu, dedaunan, pohon-pohonan, dan berada tepi arus. Beberapa jenis lumut juga ada yang hidup di air dan menghuni rawa.

Baca Juga : Mengenal Manfaat Teh Hojicha dari Jepang, Baik untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Lumut Bagi Kesehatan

Kemudian, fakta tumbuhan lumut lainnya yaitu sebagai ragam obat untuk kesehatan. Banyak penelitian yang telah mengungkap manfaat lumut bagi kesehatan, antara lain untuk Antiseptik.

Masyarakat memang belum banyak mengetahui fakta bahwa ternyata lumut mengandung antibiotik. Sehingga dapat digunakan antara lain;

Sebagai Antibiotik

Antiseptik dari lumut ini mampu mencegah menyebarnya kuman dan bakteri. Lumut telah digunakan dalam produksi obat kumur dan sabun kesehatan antiseptik. Sedangkan, jenis lumut untuk bahan antiseptik ini adalah Frullania Tamarisci.

Anti Oksidan

Fakta tumbuhan lumut memiliki antioksidan sehingga tenaga medis memanfaatkannya sebagai obat penyembuh penyakit mata. Mata merupakan organ rawan dan penting karena termasuk indera penerima rangsangan dari luar.

Semua informasi dari indera ini akan langsung diteruskan ke otak untuk diproses. Proses ini akan bermasalah jika mata mengalami masalah. Oleh karena itu, kesehatan mata harus Anda jaga dengan baik.

Baca Juga : Daftar Manfaat Daun Kelor untuk Diabetes, Penting Anda Ketahui!

Untuk Obat Luka

Di negara China, tumbuhan lumut telah populer sebagai ramuan tradisional untuk menyembuhkan cedera. Bahkan warga China sering menggunakannya untuk mengobati luka bakar.

Jenis tumbuhan lumut untuk obat luka adalah dari jenis Canocphalum. Saat ini dalam proses pengolahannya untuk obat luka dan luka bakar sudah secara steril.

Mencegah Risiko Kanker

Selanjutnya, fakta tumbuhan lumut yang menarik untuk Anda ketahui yaitu bisa membantu mencegah risiko terkena penyakit kanker.

Sel kanker yang sedang berkembang diklaim dapat berhenti pertumbuhannya dengan cara mengonsumsi obat antibakteri.

Dalam hal ini, lumut berguna sebagai bahan baku untuk obat antibakteri. Obat antibakteri mengandung antibiotik dan antiseptik yang ada pada tumbuhan lumut.

Lumut Sebagai Media Dekorasi

Fakta tumbuhan lumut lainnya yang tak kalah menarik yaitu sebagai media dekorasi. Tumbuhan lumut spesies Bryophyta dapat Anda gunakan untuk dekorasi rumah.

Segmen market substansial mengumpulkan lumut spesies ini agar tetap utuh. Jenis lumut ini dijual di florist trade untuk dekorasi rumah. Sedangkan, lumut jenis Sphagnum yang sudah kering bisa Anda gunakan untuk hiasan kamar.

Beberapa fakta tumbuhan lumut tersebut membuka mata kita tentang manfaatnya yang baik bagi kehidupan manusia. Selain untuk kesehatan, ternyata hidup parasitnya bisa Anda gunakan untuk hiasan dan dekorasi rumah. Tentunya fakta ini sangat menarik. (Eva/R3/HR-Online)