Filter Cahaya Biru Samsung, Ini Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkannya

Filter Cahaya Biru Samsung, Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkannya
Ilustrasi filter cahaya biru Samsung. Foto : Ist/Net

Filter cahaya biru Samsung memiliki efek yang buruk pada mata. Sebaiknya anda tidak menggunakan secara terus-menerus. Sebab, ada cara mengaktifkan dan mematikannya.

Adanya kemajuan dunia teknologi membuat perubahan fitur pada setiap smartphone. Namun, kemajuan teknologi yang ada juga membahayakan bagi penggunanya.

Layar yang tajam memang sudah menjadi hal baru pada berbagai ponsel, termasuk pada smartphone Samsung. Sayangnya, radiasi layar tajam tersebut jika anda gunakan terus-menerus justru menimbulkan resiko.

Samsung menjadi salah satu brand papan atas yang memiliki fitur tersebut. Kenyamanan memang akan terasa jika ponsel digunakan pada malam hari.

Agar hal ini tidak merusak mata, tersedia juga penyaring cahaya biru atau filter cahaya biru Samsung yang bisa anda manfaatkan. Fitur tersebut mampu membuat anda lebih mudah mengatur cahaya biru pada layar smartphone.

Baca Juga : Fungsi Infrared pada HP, Ketahui Bagaimana Cara untuk Mengeceknya

Jika tidak anda atur, tentu bisa merusak kesehatan mata. Bahkan sudah banyak yang terjadi pada seseorang yang terkena sakit mata hanya karena terlalu sering menatap layar ponsel.

Filter Cahaya Biru Samsung

Mungkin sudah banyak fitur canggih yang diterapkan oleh sebagian besar vendor smartphone. Begitu juga dengan vendor terkenal Samsung yang berusaha memberikan banyak sekali fitur terbaru yang membuat penggunanya merasa nyaman.

Salah satu yang saat ini sudah bisa anda manfaatkan yaitu filter layar biru. Pada dasarnya, fitur yang satu ini untuk diaktifkan sebagai mode malam.

Baca Juga : Fungsi GPU pada HP, Ketahui Juga Cara untuk Mengecek Jenisnya

Hal ini bertujuan untuk mengurangi paparan radiasi sinar biru dari layar smartphone. Sebab, jika tidak anda atur, justru dapat merusak retina mata apabila sering menggunakannya.

Maka dari itu, gunakan filter sinar biru Samsung sebagai penyaring serta mengurangi paparan cahaya di layar ponsel. Sebab, cahaya biru yang satu ini mampu memberikan resiko yang cukup berbahaya jika anda gunakan saat malam hari.

Agar bisa mengurangi resiko yang berbahaya ini, maka sebaiknya anda tahu bagaimana cara mengaturnya. Sebab, ada cara mengaktifkan dan mematikan filter pada hp Samsung.

Cara Mengaktifkan Filter Biru HP Samsung

Jika anda pengguna ponsel Samsung dan sudah dibekali dengan fitur layar yang satu ini, coba untuk mengaturnya. Caranya cukup mudah.

  1. Pertama, masuk pada pengaturan smartphone.
  2. Selanjutnya pilih option tampilan, disinilah anda bisa mengatur kecerahan layar. Pada pilihan ini anda bisa mengatur sendiri kecerahan layar, layar depan, hingga filter cahaya biru.
  3. Langkah berikutnya anda bisa masuk ke pengaturan fitur tersebut pada perangkat yang anda gunakan. Jika anda aktifkan, tinggal geser layar ke bagian kanan.
  4. Tekan titik putih hingga berubah biru serta adanya keterangan hidup pada bagian bawah filter tersebut. Anda bisa langsung klik fitur filter cahaya biru Samsung tersebut.

Dari sinilah anda bisa atur keburaman layar ponsel dengan cara menggesernya ke kanan. Tidak sampai disitu, anda juga mengatur aktifkan sekarang sesuai jadwal yang diinginkan.

Baca Juga : Fungsi OTG HP yang Beragam, Ketahui Juga Cara Menggunakannya

Cara Menonaktifkan Filter Cahaya Biru Samsung

Setelah anda tahu bagaimana cara mengaktifkannya, jangan lupa untuk cari tahu bagaimana mematikan fitur tersebut. Caranya juga mudah, seperti anda mengaktifkan fitur tersebut.

  1. Anda tinggal buka pengaturan pada smartphone Samsung dan klik menu tampilan. Geser kebawah hingga anda menemukan fitur tersebut.
  2. Setelah anda temukan filter cahaya biru Samsung yang anda cari, baru ketuk opsi pada bagian samping untuk menonaktifkan. Dengan begitu, layar pada Samsung akan berubah menjadi cerah kembali.

Layar ponsel anda tidak akan berwarna kuning. Anda juga bisa mengaktifkanya kembali untuk membedakan warna layar jika kurang memuaskan. Jika anda ingin lebih simpel, bisa gunakan pengaturan melalui panel notifikasi.

Bila anda menggunakan panel notifikasi, ada beragam fitur yang tersemat. Anda bisa mengaktifkan dan menonaktifkan fitur ini pada ikon pelindung layar.

Jadi, untuk mengontrol fitur tersebut, anda hanya perlu mengetuk pada ikon tersebut. Tidak membutuhkan waktu lama, fitur tersebut bisa aktif dan nonaktif.

Jika anda mengaturnya, fitur tersebut akan aktif secara otomatis pada malam hari. Sedangkan untuk menonaktifkan, anda bisa mengatur waktunya sesuai yang anda inginkan.

Dengan menggunakan cara ini, anda bisa mengaktifkan dan menonaktifkan filter cahaya biru Samsung dengan mudah. Jika anda terus-menerus menggunakannya, bisa menimbulkan resiko yang berbahaya pada retina mata. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

Baca Juga : Mengaktifkan Fitur NFC, Berikut Ini Cara Mudahnya!
Aegis Boost Pro