FUI Ciamis Mengadu ke DPRD, Soroti Kasus HRS

FUI Ciamis DPRD
Ulama dan tokoh pesantren dari Forum Umat Islam (FUI) Ciamis, Jawa Barat saat mendatangi DPRD Ciamis, Kamis (17/12/2020). Foto: Humas Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Puluhan ulama dan tokoh pesantren dari Forum Umat Islam (FUI) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mendatangi DPRD Kabupaten Ciamis, Kamis (17/12/2020). Kedatangan mereka untuk menyalurkan aspirasi terkait kasus yang menimpa kasus Habib Rizieq Shihab (HRS).

KH Nonop Hanafi, Juru Bicara FUI Ciamis, mengatakan, pihaknya silaturahmi ke DPRD untuk menyampaikan aspirasi ulama Ciamis terkait isu yang meresahkan.

Isu tersebut adalah penahanan HRS dan penembakan 6 orang laskar FPI.

Menurutnya, peraturan penanganan Covid-19 dari pemerintah tebang pilih. FUI Ciamis menuntut dibentuk tim pencari fakta yang dindependen.

“Kami mempertanyakan adanya disintegrasi, polarisasi pasca Pilkada yang teasa aman di media sosial. Kaitannya dengan ulama dan Islam, dirasa ada diskriminasi pada satu komunitas,” ujar Nonop di hadapan Bupati Ciamis, Ketua DPRD Ciamis, dan Forkopimda.

Hal sama juga diungkapkan, M Syarif Hidayat, jubir FUI lainnya. Ia menyinggung perlakuan aparat keamanan yang dianggapnya semena-mena terhadap HRS.

“Kita geram, melihat sosok ulama Habib Rizieq yang diperlakukan berbeda oleh aparat. Sampai diborgol dan berpakaian rompi oranye. Sementara pada kasus besar lainnya tidak seperti itu,” katanya.

Syarif berharap apa yang disampaikan para ulama Ciamis bisa diteruskan kepada pemerintah pusat.

“Kita resah dengan perlakuan terhadap ulama oleh aparat. Karena itu, kita menuntut keadilan dan kebenaran,” katanya.

Tanggapan Bupati Ciamis Terhadap FUI Ciamis di DPRD

Sementara itu, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya yang hadir pada kesempatan tersebut, berjanji akan menyampaikan aspirasi dari FUI Ciamis.

“Aspirasi dari tokoh kiai dan ulama akan kami sampaikan secepatnya kepada pimpinan yang lebih tinggi,” ujarnya.

Bupati Herdiat juga mengucapkan bela sungkawa terhadap kematian 6 orang laskar FPI.

Hal itu juga diamini oleh Ketua DPRD Ciamis, Nanang Permana. Ia mengatakan, aspirasi FUI Ciamis akan segera ia sampaikan. 

“Kita tampung aspirasi yang telah disampaikan, akan kita teruskan kepada pihak yang berwenang terkait perkara ini,” katanya.

Bahkan, Kapolres Ciamis, AKBP Donny Eka Putra, berjanji akan langsung meneruskan aspirasi FUI Ciamis usai pertemuan dengan para ulama dari FUI Ciamis tersebut.

“Kita teruskan secara langsung satu jam setelah audiensi ini,” tegasnya. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu