Fungsi Cairan Empedu Untuk Membantu Pencernaan dan Cegah Penyakit

Fungsi Cairan Empedu Untuk Membantu Pencernaan dan Cegah Penyakit
Ilustrasi Fungsi Cairan Empedu. Foto: Ist/Net

Fungsi cairan empedu sangat banyak bagi tubuh manusia. Tentunya hal ini erat kaitannya dengan aktivitas manusia. Misalnya saat mengonsumsi makanan berlemak, pasti penguraiannya dengan bantuan cairan empedu.

Tak heran jika cairan ini memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh. Cairan ini terdapat pada kantung empedu. Berasal dari sel hati yang membentuk garam empedu dari kolesterol.

Garam ini bercampur dengan air, kolesterol, dan mineral tembaga sehingga membentuk cairan empedu. Lalu, memicu reaksi sekretin yang akan mengeluarkan bikarbonat dan air. Kemudian kolesistokinin yang merangsang pergerakan otot kantung dan saluran empedu.

Fungsi Cairan Empedu

Sudah jelas bahwa empedu berasal dari hati. Tujuan akhir dari perjalanan empedu adalah ke usus halus pada manusia. Setelah itu, akan lanjut ke organ pencernaan dan membantu berjalannya proses tersebut.

Memecah Lemak Menjadi Emulsi

Cairan empedu memiliki peran untuk sistem pencernaan. Salah satunya adalah membantu melembutkan atau mencerna lemak dari makanan yang sudah masuk ke perut. Lalu cairan empedu akan mengolah lemak sehingga muncul butiran halus atau emulsi.

Baca Juga: Struktur Ginjal dan Fungsinya Sebagai Penyaring Darah

Membantu Pergerakan Peristaltik Makanan

Cairan ini juga berfungsi sebagai pemantau pergerakan peristaltik. Makanan yang masuk melalui mulut akan mengalami gerakan peristaltik. Gerakan ini membantu menurunkan makanan menuju ke kerongkongan.

Zat ini berguna meremas makanan yang sudah terdapat pada usus manusia. Setelah itu, makanan akan turun lagi ke bagian usus besar. Lalu, berakhir pada organ anus.

Penetral Asam Klorida

Fungsi cairan empedu berikutnya adalah untuk membantu menetralkan asam klorida. Makanan yang ada berasal dari lambung tidak akan langsung mengalami proses pencernaan dalam usus. Nah, sebelumnya akan ada penetralan oleh cairan empedu.

Sebab pada lambung memiliki konsentrasi dan derajat keasaman yang tinggi. Sehingga untuk mencegah adanya penyakit lambung perlu penetralan terlebih dahulu.

Menghentikan Aktivitas Protein

Proses pencernaan pada lambung juga akan ada proses pengolahan protein. Enzim pepsin yang akan melakukan pengolahan terhadap aktivitas ini. Saat makanan sudah masuk ke usus, sudah tidak ada penyerapan protein oleh pepsin.

Perannya sudah tergantikan oleh enzim enterokinase. Fungsi cairan empedu dalam hal ini membantu menghentikan enzim pepsin yang mengubah protein ke pepton.

Baca Juga: Struktur Rambut Manusia Beserta Fase Pertumbuhan dan Fungsinya

Menetralkan Usus dari Racun

Usus merupakan organ yang berfungsi untuk menyerap sari makanan. Sebelum ke pembuangan akhir, makanan akan masuk dan melewati serangkaian dari usus. Tak heran jika usus sering terkontaminasi oleh racun.

Dengan adanya cairan empedu ini, mampu menetralkan racun yang singgah pada usus. Sehingga racun yang ada pada usus akan hilang dan tidak mengganggu kerja usus dalam mencerna makanan.

Melarutkan Makanan

Cairan pada empedu juga berfungsi sebagai pelarut makanan. Dalam hal ini, terdapat air pada komposisinya. Zat ini berguna melarutkan makanan dalam usus dan melancarkan makanan masuk ke dalam usus.

Pencegah Iritasi

Tidak semua makanan yang masuk ke usus itu lembut dan halus. Ada juga makanan yang masih kasar. Dengan adanya fungsi cairan empedu ini, mampu mencegah iritasi pada usus.

Maka, kemungkinan risiko makanan akan menggesek usus hanya kecil. Makanan tidak akan bisa memberikan luka pada usus karena sudah ada cairan yang membasahinya. Sebab jika gesekan makanan itu sangat kuat, bisa menimbulkan luka dan penyakit serius pada usus.

Baca Juga: Fungsi Hormon Sitokinin pada Perkembangan Tanaman

Mencerna Vitamin

Cairan yang ada pada empedu juga membantu dalam proses pencernaan lemak. Tetapi tak hanya itu saja, cairan empedu juga bisa membantu dalam proses pencernaan vitamin. Zat ini akan membantu proses metabolisme pada tubuh.

Fungsi cairan empedu ini bisa menggunakan lemak dan air. Ada beberapa karakteristik vitamin yang bisa larut pada lemak atau air. Zat ini akan melarutkan vitamin, nutrisi, dan gizi yang terkandung.

Menurunkan Kolesterol Jahat

Adanya cairan ini mampu membantu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh manusia. Hal ini karena kolesterol jahat mampu memicu timbulnya berbagai penyakit yang berbahaya. Sehingga risiko terserang penyakit degeneratif sangat kecil.

Itulah fungsi cairan empedu pada tubuh manusia yang penting bagi proses pencernaan. Cairan empedu mampu melindungi organ pencernaan dari serangan berbagai penyakit yang berbahaya. Tentu akan memberikan hasil pencernaan yang alami dan lancar. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

Aegis Boost Pro