Fungsi Jakun pada Pria yang Berkaitan Erat dengan Pita Suara

Fungsi Jakun Pada Pria yang Berkaitan Erat dengan Pita Suara
Ilustrasi Fungsi Jakun Pada Pria. Foto: Ist/Net

Fungsi jakun pada pria yang utama adalah sebagai penanda antara pria dan wanita. Tetapi jangan salah, fungsi jakun masih banyak lagi yang berkaitan dengan kesehatan. Sebenarnya wanita pun juga bisa memiliki jakun karena suatu hal tertentu.

Jakun memiliki nama lain yaitu Prominentia Laryngea. Munculnya jakun ini sebagai penanda seorang pria yang sudah menginjak masa pendewasaan. Bahasa Inggris dari jakun ini adalah adam’s apple.

Penamaan tersebut berasal dari kisah turunnya Adam dari surga ketika memakan buah terlarang. Walaupun terlihat menonjol pada bagian leher, jakun ini memiliki fungsi yang sangat hebat. Salah satunya adalah menjaga pita suara pada pria.

Fungsi Jakun pada Pria Bagi Kesehatan

Jakun merupakan sebuah tulang rawan yang terlihat menonjol pada leher seorang pria. Biasanya disebut dengan kartilago tiroid karena letaknya pada bagian bawah kelenjar tiroid. Jakun akan mulai membesar seiring dengan membesarnya pita suara pada masa pubertas.

Berikut adalah kegunaan jakun pada seorang pria:

Jakun Melindungi Pita Suara Pria

Ukuran jakun pada pria pasti berbeda-beda. Semakin besarnya jakun biasanya karena memiliki kartilago yang berbeda. Jika jumlah kartilago semakin banyak, maka ukurannya juga akan semakin besar.

Fungsi utamanya adalah melindungi pita suara dan laring. Pria yang memiliki jakun besar pasti memiliki suara yang lebih dalam dan berat. Secara alami memang seorang pria memiliki pita suara yang semakin dalam dan berbeda dengan wanita.

Fungsi jakun pada pria ini bisa membantu mereka untuk berbicara, berteriak, tertawa, dan bernyanyi. Memiliki jakun yang berukuran besar menandakan seorang pria bisa melakukan fungsinya dengan maksimal. Selain itu, juga menandakan bahwa laring semakin besar.

Baca Juga: Pengertian Sistem Saraf Tepi dan Fungsinya dalam Pergerakan Tubuh

Jakun Bisa Mencegah Masuknya Benda Asing ke Saluran Pernapasan

Selain sebagai pelindung dari pita suara, jakun juga berfungsi sebagai penjaga saluran pernapasan. Saluran napas manusia terdapat pada bagian tenggorokan. Bagian tersebut memiliki jalur yang sangat rumit karena membagi antara saluran pencernaan dan saluran pernapasan.

Nah, inilah fungsi jakun sebagai penjaga masuknya benda-benda asing ke saluran pernapasan. Sehingga kerja pita suara bisa lebih maksimal dan tidak terhalang oleh benda-benda asing. Pasalnya, benda-benda ini bisa menyebabkan serak, gatal-gatal, dan lain sebagainya.

Memberikan Efek Berat pada Suara Pria

Fungsi jakun pada pria berikutnya adalah terkait dengan suara. Terdengar jelas bahwa suara antara pria dan wanita sangatlah berbeda. Suara wanita lebih melengking daripada suara pria.

Perbedaan suara ini karena adanya pengaruh pada jakun. Secara umum pembentukan jakun berkaitan dengan produksi hormon testosteron. Produksi hormon ini mengakibatkan jakun pada pria terlihat menonjol dan besar.

Dalam hal ini, ukuran jakun akan berpengaruh pada berat dan tidaknya suara seorang pria. Jakun yang lebih besar akan memberikan efek suara yang lebih berat. Sedangkan jakun yang lebih kecil suaranya tidak terlalu berat.

Baca Juga: Fungsi Tulang Leher yang Penting Bagi Aktivitas Manusia

Pertumbuhan Jakun

Setelah mengetahui fungsi jakun pada pria, kini wajib mengetahui bagaimana cara pertumbuhan jakun. Sebenarnya pria dengan wanita memiliki ukuran laring yang sama. Pada masa pubertas ini laring akan tumbuh dan mendapatkan tulang rawan yang melindungi pita suara.

Perkembangan tumbuh kembang laring ini akan jauh lebih besar seorang pria. Sehingga menimbulkan suara yang berbeda, yaitu berat dan melengking. Jakun tidak semata-mata tumbuh dalam semalaman saja.

Tetapi, jakun tumbuh secara bertahap. Lebih tepatnya, jakun mulai berkembang ketika seorang pria sudah mulai berubah suaranya. Dalam hal ini, sangat menyesuaikan dengan proses pertumbuhan pada pria.

Memang beberapa pria merasa risih ketika memiliki jakun yang berukuran besar. Tetapi jakun tidak dapat diubah sesuai kemauan hati. Karena hal ini erat kaitannya dengan fungsi jakun pada pria.

Jakun memang berperan penting pada keberlangsungan hidup seorang pria. Pernah ada pernyataan bahwa kemampuan seks seorang pria bergantung pada besar kecilnya jakun. Hal ini karena produksi hormon testosteron yang tidak maksimal.

Padahal belum tentu jakun yang kecil memiliki hormon testosteron yang rendah. Untuk memastikan hal ini, perlu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Tidak hanya seputar jakun saja yang diperiksa.

Itulah beberapa fungsi jakun pada pria bagi kelangsungan hidupnya. Jaga kesehatan dengan baik agar tidak terserang penyakit yang mengganggu kelenjar tiroid. Sebab akan berpengaruh pada kualitas jakun dan pita suara. (R10/HR Online)

Editor: Jujang