Fungsi Kepala Silinder, Cukup Penting pada Mesin Kendaraan

Fungsi Kepala Silinder, Cukup Penting Pada Mesin Kendaraan
Ilustrasi fungsi kepala silinder. Foto: Ist/Net

Fungsi kepala silinder pada kendaraan cukup penting. Tidak hanya satu manfaat saja yang bisa anda dapatkan dari komponen tersebut. Namun, fungsinya memang cukup banyak pada kinerja mesin.

Mobil memang terdiri dari beberapa bagian penting yang memiliki fungsi berbeda-beda. Namun, jika dipadukan akan menjadi kinerja yang maksimal sehingga kendaraan bisa bergerak dengan baik.

Mesin menjadi kunci utama yang mampu menghasilkan kinerja pada mobil. Setiap komponen kendaraan pun perlu perawatan secara rutin. Jika tidak dirawat, tentu akan mengurangi hasil kerjanya.

Baca Juga : Tie Rod Mobil, Kenali Fungsi dan Cara Kerjanya pada Kendaraan

Semua komponen kendaraan memiliki bagian dan fungsinya masing-masing. Cara perawatan setiap komponen pun berbeda. Salah satu yang memiliki peranan cukup penting yaitu kepala silinder atau cylinder head.

Posisi komponen ini terletak di dalam blok silinder yang terikat dengan baut. Tidak hanya itu saja, cilinder head juga harus tahan terhadap tekanan tinggi dan panas ketika mesin bekerja.

Alasan inilah yang membuat tingkat ketahanannya harus terus optimal. Bahan pembuatan komponen ini ada dua macam, yaitu dari aluminium dan besi.

Dari keduanya yang memiliki kelebihan lebih baik yaitu dari material alumunium. Sebab material tersebut mampu melakukan pendinginan yang lebih baik.

Hal ini mampu membuat kondisi mesin untuk tidak dalam keadaan panas secara terus-menerus. Komponen ini menjadi benda yang utama dalam pembentukan mesin.

Maka dari itu, fungsi kepala silinder cukup penting adanya. Sebab, dalam cylinder head ini terdapat ruang bakar mesin sebagai tempat terjadinya proses pembakaran untuk menghasilkan tenaga.

Fungsi Kepala Silinder pada Mobil

Cylinder head merupakan salah satu komponen mesin yang paling inti. Namanya juga silinder berarti komponen yang terletak diatas blok silinder berfungsi sebagai tubuh.

Sehingga disebut dengan kepala silinder. Fungsinya memang cukup penting sehingga harus mampu menahan setiap tekanan dan temperatur tinggi.

Baca Juga : Umur Kampas Kopling Mobil, Berpengaruh pada Transmisi Kendaraan

Selain itu, masih banyak fungsi lainnya yang bisa anda dapatkan dari komponen tersebut. Bagi pemilik kendaraan wajib tahu apa saja komponen yang ada dan bagaimana cara memperbaiki ketika bermasalah.

Selain itu, anda juga harus tahu fungsi dari setiap komponen yang bisa membantu kinerja mesin. Ada beberapa fungsi yang bisa anda tahu dari komponen tersebut. Beberapa fungsi kepala silinder sebagai berikut:

1. Tempat Terjadinya Pembakaran Mesin

Fungsi dari cylinder head yang pertama yaitu sebagai ruang pembakaran mesin. Dalam ruang komponen tersebut terdapat tempat ruang bakar yang berfungsi sebagai tempat pembakaran serta meledaknya campuran udara dan bahan bakar.

Sehingga mesin dapat menghasilkan tenaga. Model dan jenisnya berbeda-beda sesuai yang ada pada setiap kendaraan. Namun, biasanya ada 3 bentuk ruang bakar yaitu mode wedge (segitiga siku-siku), pentroof (segitiga sama kaki), dan hemispheric (parabola).

2. Tempat Kelengkapan Mekanisme Katup

Fungsi kepala silinder selanjutnya yaitu tempat kelengkapan mekanisme katup (valve train mechanism). Mekanisme katup itu sendiri merupakan mekanisme pengaturan kapan katup terbuka atau tertutup.

Hal ini juga terpengaruh dengan langkah kerja dari mesin. Terdapat 4 langkah yaitu hisap, pembakaran, kompresi, dan langkah buang. Ada banyak komponen katup yang berbeda-beda. Semua tergantung dari model kepala silindernya.

3. Saluran Intake dan Exhaust

Tempat saluran intake dan exhaus juga menjadi fungsi kepala silinder berikutnya. Saluran intake merupakan masuknya udara ke ruang bakar dimana waktu masuknya diatur oleh valve intake.

Sedangkan saluran exhause merupakan saluran pembuangan asap hasil sisa pembakaran dari ruang bakar. Waktu keluarnya asap sisa pembakaran yang telah valve exhaust atur.

4. Tempat Pemasangan Busi

Busi atau spark plug memiliki fungsi sebagai pematik api dari ruang bahan bakar. Sehingga dapat terjadi proses pembakaran dan menghasilkan tenaga mesin.

Disinilah busi terpasang sehingga pematik api terpasang langsung di dalam ruang bahan bakar. Sedangkan dari sisi lainnya mengarah keluar dari cylinder head.

Baca Juga : Cara Kerja AC Mobil, Lengkap dengan Komponen dan Fungsinya

Setiap komponen kendaraan tentu memiliki peranannya masing-masing. Begitu juga dengan kepala silinder yang dapat berpengaruh pada kinerja mesin.

Selain itu, masih banyak komponen lain dalam mesin kendaraan dan memiliki fungsi yang berkesinambungan. Fungsi kepala silinder itu sendiri cukup banyak dan beragam. Pastikan anda memahami apa saja fungsinya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto