Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Masjid pada Zaman Rasulullah, Untuk Kegiatan Kemasyarakatan

Fungsi Masjid pada Zaman Rasulullah, Untuk Kegiatan Kemasyarakatan

Fungsi masjid pada zaman Rasulullah sama seperti perintah Allah dalam Al-Quran. Masjid merupakan rumah Allah yang bukan hanya sekedar sebagai tempat untuk beribadah.

Seperti yang anda ketahui jika masjid saat ini hanya tempat untuk pengajian dan beribadah bersama. Berbeda dengan zaman dulu jika bangunan umat Islam ini memiliki peranan yang cukup banyak.

Bahkan hampir semua kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan pun bisa terjadi pada satu tempat yang sama. Selain itu, masih banyak fungsi yang bisa umat lakukan dalam masjid.

Pada zaman Rasulullah SAW, masjid juga biasa untuk kemaslahatan umat Islam. Rasulullah SAW sebagai umat yang mencintai masjid. Tidak ada umat lain yang sama dengan Rasul.

Karena sejak kecil sudah akrab dengan baitullah, maka tidak salah jika Rasul mampu memakmurkan masjid. Seperti harapan sang kakek, Abdul Mutholib.

Rasulullah menggunakan masjid sebagai tempat pembinaan dan pusat berbagai kegiatan. Ada dua aspek yang berjalan sejak zaman Rasulullah untuk umatnya.

Pertama untuk aspek ritual keagamaan dan yang kedua untuk kemasyarakatan. Dari tempat itulah muncul berbagai perkembangan yang terjadi.

Berbeda dengan saat ini jika masjid hanya digunakan untuk kegiatan keagamaan. Seperti pengajian dan shalat berjamaah. Namun, jika zaman dulu masjid memiliki peranan yang cukup penting.

Selain untuk tempat ibadah, masjid juga digunakan sebagai tempat silaturahmi, berdiskusi, pendidikan, bahkan pengembangan perekonomian.

Fungsi masjid pada zaman Rasulullah pun juga mampu menghadirkan berbagai konsep dan strategi dakwah Islam. Selain itu, adanya pengembangan kesejahteraan umat hingga strategi perang.

Baca juga: Mukjizat Nabi Daud AS, Mulai dari Kitab Zabur Hingga Melunakkan Besi

Fungsi Masjid pada Zaman Rasulullah

Masjid tidak hanya sekedar sebuah bangunan yang semata sebagai tempat ibadah saja. Selain itu, bangunan yang satu ini juga berfungsi sebagai fasilitas sosial pada zaman Rasulullah.

Sehingga tidak heran jika masjid sebagai tempat berkumpulnya umat Islam. Sehingga ada dua fungsi yang cukup penting, yaitu keagamaan dan tempat pertemuan umat untuk berdiskusi atau bermasyarakat.

Adanya kolaborasi keduanya memang sudah muncul sejak zaman dulu. Bahkan Al-Quran juga sudah menjelaskan dengan jelas jika rumah suci Allah memang digunakan untuk kegiatan ritual dan pertemuan.

Bahkan ada penjelasan jika masjid menjadi tempat yang aman dan rumah pertama bagi umat Islam. Rasulullah SAW telah menciptakan peranan masjid selain untuk ritual keagamaan.

Namun, juga mencakup fungsi sosial. Artinya masjid juga sebagai pusat ibadah secara luas mencakup kegiatan mu’amalah. Karena fungsi masjid pada zaman Rasulullah cukup banyak, tidak jarang menurun hingga saat ini.

Bangunan ini pun dibuat luas dan multifungsi terpacu dengan fungsi masjid yang cukup beragam. Hal ini memang sengaja dilakukan agar masjid berfungsi secara optimal.

Baca juga: Melihat Bentuk Masjid Agung Ciamis Masa Lalu, Ini Sejarahnya

Masjid Melambangkan Perluasan Agama

Selain fungsi masjid pada zaman Rasulullah sebagai tempat ibadah, namun juga sebagai kemasyarakatan. Hal ini karena adanya alasan tingginya tingkat kesadaran masyarakat Islam untuk memegang teguh ilmu agama.

Selain itu, tempat ibadah umat Islam ini juga berjalan dengan baik melalui pengelolaan yang tepat oleh Rasulullah dan kaum yang lain. Sehingga bisa membantu dengan kebutuhan masyarakat secara luas.

Adanya kesamaan visi antar umat pun juga memperkuat masjid sebagai tempat yang multifungsi. Sehingga kegiatan silaturahmi dapat berjalan dengan lancar.

Hampir semua bidang kehidupan bisa berjalan dalam masjid. Selain itu, fungsi masjid pada zaman Rasulullah juga memiliki peranan penting dari segi bangunannya.

Bangunan ini merupakan salah satu karya budaya umat Islam dalam bidang konstruksi. Bahkan adanya bangunan ini pada berbagai daerah dianggap sebagai perkembangan Islam yang maju.

Berkembangnya Kegiatan Perekonomian

Ada banyak fungsi masjid pada zaman Rasulullah yang bisa terlihat. Salah satunya untuk kegiatan perekonomian sejak zaman Rasulullah SAW. Banyaknya fungsi ini bertujuan demi kemaslahatan umat Islam.

Maka dari itu, bangunan ini sering berada pada bagian tengah-tengah aktivitas sosial. Bahkan masalah masyarakat pun bisa selesai di tempat tersebut.

Adanya masjid zaman dulu juga berguna untuk tempat membangun ekonomi dan kesejahteraan masjid. Sehingga masjid itu sendiri berkembang sebagai kegiatan yang mengarah pada terwujudnya masyarakat madani.

Fungsi masjid pada zaman Rasulullah cukup beragam. Termasuk kegiatan keagamaan hingga sosial bermasyarakat. Bahkan sering gunakan juga sebagai kegiatan perekonomian. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -