Fungsi OTG HP yang Beragam, Ketahui Juga Cara Menggunakannya

Fungsi OTG HP yang Beragam, Ketahui Juga Cara Menggunakannya!
Ilustrasi Fungsi OTG HP. Foto : Istimewa

Fungsi OTG HP sendiri bermacam-macam atau dengan kata lain sangat multifungsi. OTG adalah singkatan dari On-The-Go dan ini memungkinkan ponsel terhubung dengan kabel USB.

Ponsel anda dapat membaca flash drive USB dan bahkan kartu SD ukuran penuh dengan alat yang tepat. Berkat sifat open-source-nya, anda dapat melakukan berbagai hal yang luar biasa dengan ponsel.

Ponsel memiliki banyak fitur yang meningkatkan produktivitas, tetapi USB OTG termasuk paling berguna dari fitur lainnya. Sederhananya, USB OTG memungkinkan perangkat bertindak sebagai “host USB“.

Hal ini memungkinkannya untuk memberi daya dan mengontrol periferal USB lainnya. Ada banyak cara yang membuat anda dapat menggunakan USB OTG untuk meningkatkan fungsionalitas ponsel.

Fungsi OTG HP dan Cara Menggunakannya

Berbagai fungsi dari OTG akan sangat membantu dan memudahkan anda dalam melakukan beberapa hal setiap harinya. Penjelasan fungsi secara lebih lengkap dan jelas dapat anda simak pada uraian berikut ini.

Berbagi Data

Apabila anda ingin melakukan transfer data berbagi file kepada orang lain bisa menggunakan OTG. Karena mungkin berbagai data dengan menggunakan Bluetooth sudah cukup biasa.

Dengan menggunakan cara ini, file yang anda kirimkan tidak akan berkurang kualitasnya. Lain halnya jika anda menggunakan email ataupun perantara ketiga lainnya untuk berbagi data.

Menghubungkan Keyboard dan Kamera DSLR

Fungsi OTG HP juga dapat anda gunakan untuk menghubungkan ponsel dengan alat periferal seperti keyboard dan mouse. Namun, hanya keyboard dan mouse tanpa kabel yang bisa anda sambungkan ke ponsel.

Baca Juga : Solusi Kesalahan Parse, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini!

Selain itu, anda juga bisa menggunakan USB OTG untuk menghubungkan kamera DSLR dengan ponsel Android anda. Hal ini bisa membuat anda lebih mudah dalam mengontrol kamera sehingga menghasilkan foto lebih bagus.

Hal ini sangat cocok untuk anda yang suka mengirim postingan keren pada sosial media. Namun, sebelumnya anda harus mengunduh aplikasi DSLR Controller melalui Google Play Store.

Menambah Memori HP

Anda bisa menambah penyimpanan memori HP dengan menghubungkan flashdisk ke port USB OTG. Sehingga anda bisa memindahkan berbagai file pada HP ke dalam flashdisk dengan menerapkan fungsi OTG HP tersebut.

Mencetak Dokumen

Selain dapat menambah memori HP, USB OTG dapat anda gunakan untuk mencetak dokumen langsung dari printer. Karena anda tak perlu menyambungkannya ke PC, tentu ini akan lebih menghemat waktu yang anda miliki.

Menjadikan HP Sebagai Powerbank

Anda tak perlu khawatir ketika kehabisan daya baterai HP karena bisa mengandalkan USB OTG. Anda hanya perlu menghubungkan HP anda ke HP lain dengan menggunakan USB OTG untuk mengisi daya baterai.

Menghubungkan Hardisk Eksternal

Anda tak perlu repot untuk mengakses hardisk eksternal yang anda miliki ke dalam laptop atau PC. Karena salah satu fungsi OTG HP adalah untuk menghubungkan ponsel ke hardisk eksternal.

Baca Juga : Fungsi Infrared pada HP, Ketahui Bagaimana Cara untuk Mengeceknya

Sehingga dengan begitu, anda bisa mengakses berbagai file yang ada dalam hardisk kapanpun saja. Selain itu, anda juga bisa melakukan backup file pada ponsel ke dalam hardisk tanpa bantuan laptop atau PC.

Menyambungkan Game Controller

Bagi anda para gamers, sekarang sudah bisa bermain game pada ponsel dengan bantuan USB OTG. Bermain game melalui HP dengan menggunakan game controller atau joystick pasti akan lebih mengasyikkan dan akurat.

Cara Menggunakan USB OTG pada HP

Setelah anda mengetahui berbagai fungsi OTG HP ini sendiri, saatnya untuk tahu bagaimana cara menggunakannya. Langkah-langkahnya dapat anda ketahui pada uraian berikut ini.

  1. Hubungkan flashdisk ke port USB OTG terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, hubungkan kabel OTG ke ponsel anda.
  3. Geser layar ke bawah untuk menampilkan panel samping pemberitahuan. Namun, tidak perlu melakukan ini jika pengelola file anda muncul secara otomatis.
  4. Ketuk Drive USB dan anda dapat menelusuri file pada flashdisk drive lantas menyalinnya ke penyimpanan telepon.
  5. Jika ingin menyalin dari penyimpanan telepon ke flashdisk, silakan ketuk Penyimpanan Internal.
  6. Temukan file yang ingin anda bagikan dan tahan untuk memilih.
  7. Pilih Salin dan arahkan ke penyimpanan flashdisk. Ketuk Selesai untuk menyalin file.

Itulah beberapa informasi mengenai fungsi OTG HP dan cara menggunakannya untuk mentransfer data. Dengan mengetahui kedua hal tersebut, anda bisa tepat dalam menggunakannya. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Fungsi GPU pada HP, Ketahui Juga Cara untuk Mengecek Jenisnya