Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Panorama di Kamera HP untuk Foto Pemandangan, Ini Tipsnya!

Fungsi Panorama di Kamera HP untuk Foto Pemandangan, Ini Tipsnya!

Fungsi panorama di kamera HP dan cara menggunakannya penting untuk diketahui bagi anda penggemar fotografi. Fitur panorama merupakan salah satu fitur yang terdapat pada sebuah kamera smartphone.

Fitur ini memiliki fungsi sebagai mode yang dapat mendukung aktivitas fotografi outdoor. Dalam konteks fitur ini, para pengguna dapat memaksimalkan hasil fotografi outdoor yang telah dipadukan dengan beberapa aspek penunjang lain seperti pencahayaan, sudut pandang, dan lain sebagainya.

Saat ini banyak brand smartphone terkenal yang telah menyematkan fitur panorama pada masing-masing kameranya untuk memaksimalkan hasil fotografinya.

Fungsi Panorama di Kamera HP

Dengan seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini, kemajuan dunia fotografi pun juga mengalami perkembangan yang kian meningkat.

Terdapat banyak jenis serta gaya foto yang muncul dengan adanya teknologi baru yang hadir, salah satunya adalah foto panorama.

Sesuai dengan namanya, fitur panorama adalah salah satu fitur kamera yang mempunyai fungsi untuk mode pemotretan pemandangan alam. Melalui mode ini, anda dapat memperoleh hasil foto yang terbaik dan memuaskan.

Sebagai contoh saat kegiatan traveling, memotret panorama merupakan kegiatan yang tidak ketinggalan. Dalam hal ini, anda tidak perlu menggunakan kamera profesional.

Dengan menjepret menggunakan kamera smartphone pun, akan memperoleh hasil yang lebih estetik asalkan dilakukan dengan benar.

Baca Juga : HP Xiaomi Kamera 64MP, Kualitas Gambar Lebih Tajam dan Jernih

Selain itu, dengan kamera ponsel, para pengguna dapat mengambil foto secara lebih mudah dengan hasil yang tepat maksimal dan memuaskan.

Pasalnya, kualitas kamera smartphone saat ini cukup mumpuni. Dengan kehadiran berbagai fitur pendukung, salah satunya fitur panorama yang dapat mendukung pengambilan gambar di luar ruangan dengan hasil yang memuaskan.

Berikut ini fungsi panorama di kamera HP dan berbagai tips memotret, antara lain:

Teknik Dasar Fotografi Panorama

Dalam melakukan kegiatan memotret panorama dengan memanfaatkan fungsi panorama di kamera HP, maka anda akan memperoleh foto dengan detail serta ketajaman gambar yang bagus.

Hal terpenting lain dalam fotografi panorama adalah memastikan setiap foto yang akan anda gabungkan dapat menjadi satu bagian tanpa mempunyai celah dengan adanya proses penggabungan.

Tips menggabungkan foto panorama yang baik adalah pastikan foto yang anda gabungkan merupakan foto yang tajam. Dalam hal ini, anda dapat mengkombinasikan exposure dengan tujuan memperoleh depth of field secara lebih merata.

Baca Juga : Tips Foto Malam Hari dengan Smartphone, Hasil Ciamik dan Keren

Selanjutnya, setelah memperoleh pengaturan exposure yang tepat, maka anda dapat menguncinya dengan menggunakan mode manual.

Hal penting lain yang perlu anda perhatikan adalah anda perlu mengunci fokus dengan tujuan memperoleh keragaman titik fokus.

Sebab foto panorama merupakan gabungan dari sejumlah foto, maka seluruh pengaturan kameranya harus tetap sama pada semua pengambilan lini foto tersebut.

Utamakan Objek Tak Bergerak

Dalam menerapkan fungsi panorama di kamera HP, maka anda dapat mengutamakan objek tidak bergerak untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Mengambil foto bergerak adalah sah-sah saja. Akan tetapi, apabila objek tersebut merupakan objek tidak bergerak cepat serta menjadi objek utama yang berada pada tengah gambar, maka sebaiknya hal tersebut anda hindari.

Karena hal tersebut justru akan mengakibatkan objek menjadi distorsi. Maka untuk mengambil objek bergerak, pastikan anda berada jauh dari objek serta pergerakannya tidak selaras dengan pergerakan horizon dari kamera ponsel anda.

Hindari Cahaya Kontras

Tips menggunakan fungsi panorama di kamera HP berikutnya adalah dalam mengambil objek gambar sebaiknya anda menghindari adanya cahaya kontras.

Baca Juga : HP Oppo dengan Kamera Ultra Wide, Gambar Tajam dan Jangkauan Luas

Sebelum membidik gambar, hal terpenting yang harus anda perhatikan adalah mengenai arah datang cahaya. Pastikan cahaya pada area yang akan anda foto tidak kontras. Dengan demikian, foto panorama yang anda hasilkan tidak belang.

Trik yang paling sederhana yang dapat anda lakukan adalah mengambil gambar dengan arah cahaya yang datang dari arah belakang kamera.

Dengan demikian, persebaran dalam tangkapan kamera menjadi lebih merata. Selain itu, anda juga harus menghindari sumber cahaya dari samping, karena hal ini justru dapat mengakibatkan penyatuan foto yang tidak mulus.

Hal lain yang perlu anda perhatikan dalam pemanfaatan fungsi panorama di kamera HP adalah adanya gerakan konsisten dan perlahan kamera smartphone. Saat mengarahkan bidikan kamera, maka anda dapat bergerak dengan kecepatan yang pelan serta konsisten. Dengan demikian, panorama yang anda hasilkan akan jauh lebih mulus dan alami. (R10/HR-Online)

- Advertisment -