Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruFungsi Restart HP Optimalkan Kinerja Smartphone, Ketahui Caranya

Fungsi Restart HP Optimalkan Kinerja Smartphone, Ketahui Caranya

Fungsi restart HP cukup beragam dan sangat penting untuk anda ketahui. Mungkin sebagian besar pengguna HP Android cukup familiar dengan istilah restart.

Akan tetapi, terdapat pula sebagian masyarakat yang masih asing dan jarang mendengar istilah tersebut. Sesuai dengan bahasa software, restart memiliki arti menjalankan, melakukan, atau meloading ulang dari awal sistem operasi yang berjalan pada suatu perangkat elektronik.

Baik yang berupa ponsel atau perangkat komputer. Seperti yang kita ketahui, sebuah sistem operasi Android adanya fungsi dari restart seringkali digunakan oleh para penggunanya.

Memuat ulang sistem pada suatu perangkat, terutama HP tentu memiliki tujuan tertentu. Dengan melakukan restart, menjadikan sistem kembali sehat serta tidak mudah lemot.

Fungsi Restart HP

Restart dalam arti sederhana adalah salah satu proses dalam menghentikan seluruh kerja sistem, aplikasi, hingga komponen yang berjalan dalam sebuah perangkat

Yang selanjutnya secara keseluruhan akan dimulai ulang. Mungkin, sebagian besar pengguna smartphone sering mendengar istilah reboot. Sebenarnya antara restart dan reboot memiliki arti yang sama.

Sama-sama memulai kembali proses loading sistem. Dalam hal ini, restart tidak akan menghapus data-data yang terdapat dalam HP.

Baca Juga : Fungsi Infrared pada HP, Ketahui Bagaimana Cara untuk Mengeceknya

Semua data yang tersimpan dalam perangkat akan tetap ada, tanpa harus anda khawatirkan akan hilang dengan adanya proses restart.

Ketahui Fungsi dari Restart HP

Terdapat beberapa fungsi restart HP serta beragam manfaat yang dapat anda peroleh yang antara lain:

Refresh Sistem

Pada saat anda menekan tombol restart atau reboot pada perangkat HP, maka keseluruhan file temporary serta sampah yang tidak diperlukan secara otomatis akan terhapus. Ketika ponsel kembali menyala, maka sistem akan kembali fresh serta siap untuk anda gunakan kembali secara optimal.

Mengatasi Aplikasi Error

Fungsi restart HP berikutnya adalah untuk mengatasi adanya aplikasi yang error. Jika anda pernah menginstal aplikasi yang selanjutnya tidak dapat berjalan sama sekali, maka sebaiknya anda mencoba melakukan restart pada smartphone anda. Setelah restart berhasil, maka aplikasi tersebut pun dapat berjalan normal kembali.

Mengosongkan RAM

Membuat kapasitas RAM menjadi normal kembali serta tidak dipenuhi dengan file yang tidak anda perlukan merupakan salah satu fungsi dari restart HP.

RAM yang penuh dengan file yang tidak anda perlukan tentu dapat memperlambat kinerja prosesor, membuat sistem berjalan lemot, dan tidak responsif lagi.

Mengatasi Adanya Gagal Sistem

Fungsi restart HP salah satunya adalah dapat mengatasi gagal sistem yang terjadi pada perangkat HP. Seringkali kita mengalami beberapa menu HP yang tidak dapat anda akses atau terdapat beberapa fitur yang tiba-tiba hilang atau lain sebagainya.

Baca Juga : Fungsi GPU pada HP, Ketahui Juga Cara untuk Mengecek Jenisnya 

Maka dengan melakukan restart atau reboot, dapat mengembalikan keadaan tersebut menjadi normal kembali. Dengan melakukan restart, dapat memulihkan sistem yang disebabkan oleh adanya crash pembacaan file.

Akan tetapi, setelah anda melakukan restart, kondisi tetap tidak bisa pulih. Maka kemungkinan terdapat bagian sistem atau aplikasi yang memang corrupt filenya. Untuk mengatasi hal ini, perlu adanya install ulang, bisa factory reset hingga flashing.

Cara Melakukan Restart HP

Setelah mengetahui secara lebih jelas mengenai fungsi restart HP, para pengguna juga perlu mengetahui bagaimana cara melakukan restart pada HP.

Baca Juga : Fungsi OTG HP yang Beragam, Ketahui Juga Cara Menggunakannya

Melakukan restart pada perangkat smartphone tidaklah memerlukan waktu yang lama. Akan tetapi, dampak dari proses restart tersebut cukup besar pada performa perangkat.

Restart HP sebaiknya anda lakukan minimal sekali dalam sehari. Hal ini sudah cukup untuk mengembalikan performa smartphone lebih baik lagi.

  1. Cara melakukan restart HP, anda cukup menekan tombol power HP serta tahan dalam beberapa detik.
  2. Selanjutnya akan muncul jendela baru, maka anda dapat memilih tombol “mulai ulang”, “reboot”, atau “restart” sesuai dengan pilihan yang tampil pada perangkat smartphone anda.

Atau anda bisa menggunakan cara lain yakni mencoba aplikasi tertentu untuk restart HP yang dapat anda temukan pada Google Play Store.

Atau dengan menggunakan cara manual, yakni mematikan HP yang kemudian anda perlu melepas baterai, lalu memasang dan menyalakan kembali HP anda.

Dengan beragamnya fungsi restart HP, maka dapat memperpanjang masa penggunaan smartphone anda. Dengan melakukan proses restart pada perangkat HP, maka anda tidak akan memperoleh masalah ketika menggunakan smartphone tersebut. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img