Fungsi Tulang Kering dan Resiko Gangguan yang Perlu Kita Ketahui

Fungsi Tulang Kering
Ilustrasi Fungsi Tulang Kering. Foto: windowofworld.com

Fungsi tulang kering sangat penting untuk kita ketahui bersama. Karena, tubuh kita terdiri atas susunan otot dan juga rangka. Rangka sendiri terdiri atas tulang serta sendi.

Yang mana keduanya mempunyai fungsi yang cukup banyak dalam tubuh kita atau juga berfungsi untuk kesehatan. Salah satu kegunaannya adalah untuk melindungi organ tubuh kita, tempat menempelnya jaringan serta otot dalam tubuh.

Fungsi Tulang Kering

Mengutip Wikipedia, tulang kering dapat kita sebut juga dengan tibia. Yang mana merupakan satu dari dua jenis tulang yang ukurannya lebih besar serta lebih kuat yang letaknya ada di bawah lutut kita, tulang satunya disebut dengan fibula.

Tulang kering ini menghubungkan tulang pergelangan pada kaki dengan lutut. Biasanya, tulang kering kita kenal sebagai tulang yang kuat untuk memikul beban yang cukup berat. Letak tulang kering biasanya dapat kita temukan bersebelahan dengan fibula.

Selanjutnya, tibia ini merupakan tulang besar kedua setelah femur yang manusia miliki. Selain mengetahui letak dan jenis tulang ini, kita juga dapat mengetahui sejumlah fungsi tulang kering sebagai rangka tubuh manusia. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Tulang Penyambung Lutut dan Kaki

Fungsi yang pertama yakni sebagai penyambung antara pergelangan kaki dengan lutut. Yang mana merupakan fungsi yang utama yang tulang kering ini sandang.

Dengan adanya tulang kering, maka pergerakan pada pergelangan kaki akan terbantu sehingga lebih baik dan juga optimal.

Baca Juga: Fungsi Tulang Leher yang Penting Bagi Aktivitas Manusia

Tulang Penyangga Otot Tungkai pada Kaki

Bukan hanya sebagai penyambung bagian pergelangan kaki dengan bagian lutut saja, akan tetapi fungsi tulang ini juga sebagai penyangga otot yang ada pada wilayah tungkai kaki. Otot ini menopang dengan sangat baik dan bisa membuat gerakan kaki menjadi lebih maksimal.

Sebagai Penjaga Keseimbangan Tubuh

Fungsi tulang kering selanjutnya dari tulang kering adalah sebagai penyeimbang tubuh. Karena tubuh senantiasa mempunyai aktivitas yang beragam dan ditunjang oleh jenis tulang kering.

Kondisi dari tulang ini yang optimal dan juga sehat akan menjaga tubuh lebih seimbang saat melakukan kegiatan, seperti berjalan, melompat, berlari, sehingga akan menjaga anda agar tidak mudah jatuh.

Menyangga Berat Badan

Fungsi berikutnya adalah sebagai penyangga berat tubuh kita. Dengan adanya tulang kering yang terjaga kesehatannya, maka kaki juga akan menjadi kuat. Sehingga, kaki akan menjadi lebih kokoh dalam menyangga berat tubuh yang kita miliki.

Baca Juga: Fungsi Tulang Rahang Bawah Bantu Aktivitas Manusia

Sebagai Penggerak Pergelangan Kaki

Kondisi tulang kering yang sehat tentu sangat berpengaruh pada pergerakan dan kelincahan pergelangan kaki. Kondisi tulang yang sehat serta optimal akan menjadikan fungsi tulang kering dalam melakukan pergerakan menjadi lebih leluasa dan bebas.

Resiko Gangguan Peran dari Tulang Kering

Ada baiknya jika anda berhati-hati saat melakukan aktivitas sehari-hari. Karena pasti akan ada resiko gangguan kesehatan tulang akibat cedera dari aktivitas yang cukup berat. Berikut ini adalah beberapa gangguan yang terjadi pada tulang kering yang patut anda waspadai.

Cedera Tulang Kering

Jika anda mengalami cedera pada tulang kering, maka hal tersebut akan menjadikan peran tulang tersebut mengalami gangguan. Biasanya, keadaan tersebut terjadi karena peningkatan aktivitas yang membuat sendi, otot, serta jaringan pada tulang bekerja dengan cukup keras.

Baca Juga: Fungsi Tulang Pengumpil Berkaitan dengan Alat Gerak Manusia

Osteoporosis

Kondisi berikutnya merupakan gangguan fungsi tulang kering akibat kurangnya kalsium dan menjadikan tulang rapuh. Tulang ini dapat mengalami osteoporosis dan menjadikannya mudah patah.

Patah Tulang Kering

Tulang kering patah merupakan kondisi yang mana terjadi benturan yang keras. Maka, anda wajib berhati-hati saat melakukan aktivitas supaya terhindar dari benturan pada tulang kering anda.

Menjaga kesehatan tulang kering sama halnya dengan menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan, yakni sangat penting untuk kita lakukan. Maka dari itu, jangan anda anggap sepele dalam menjaga kesehatan tulang kering.

Terdapat beberapa tips yang bisa kita lakukan agar terhindar dari resiko gangguan terhadap fungsi tulang kering. Misalkan, melakukan olahraga dengan hati-hati. Selalu melakukan peregangan terlebih dahulu dan juga pemanasan sebelum berolahraga. Karena, tidak ada salahnya untuk berhati-hati untuk meminimalkan resiko cedera yang mungkin dapat terjadi. (R10/HR Online)

Editor: Jujang