Fungsi Tulang Leher yang Penting Bagi Aktivitas Manusia

Fungsi Tulang Leher yang Penting Bagi Aktivitas Manusia
Ilustrasi Fungsi Tulang Leher. Foto: Ist/Net

Fungsi tulang leher sangatlah penting bagi tubuh manusia. Hal ini tak bisa dipungkiri, sebab leher membantu segala aktivitas manusia. Jika melakukan aktivitas pasti ada saja gerakan menengok, menengadah, dan lain sebagainya.

Niscaya manusia tidak akan bisa hidup tanpa adanya leher. Walaupun tulangnya hanya kecil, tetapi memegang peran yang sangat besar. Salah satunya adalah sebagai penghubung antara badan dengan kepala.

Tetapi leher masih memiliki struktur yang lebih kompleks. Selain itu, tugas leher juga lebih luas bukan hanya sebagai penghubung saja.

Fungsi Tulang Leher Bagi Manusia

Proses pencernaan makanan pasti akan membutuhkan leher sebagai jalan utamanya. Tak hanya seputar makanan saja, tetapi tulang leher juga berperan aktif pada kinerja pembuluh darah dan sistem pernapasan. Hal ini terbukti pada otot leher yang mampu menggerakkan kepala dan rahang manusia.

Tulang leher pada manusia terletak pada bagian cranium dan thorax. Tulang ini berongga yang mana memiliki pembuluh darah dan berbagai macam otot. Tekstur dari tulang ini memang agak lentur.

Tulang leher bekerjasama dengan sendi untuk menjalankan aktivitas dengan sempurna. Selain itu, juga bekerjasama dengan otot dan tendon. Sehingga mampu menjaga struktur leher pada manusia.

Adapun fungsi tulang leher untuk tubuh manusia yang mendukung segala aktivitas harian yaitu:

Penopang Kepala

Tulang leher memiliki fungsi utama untuk menopang kepala. Pada dasarnya, kepala memiliki banyak organ yang sangat penting bagi tubuh. Sehingga merupakan salah satu organ yang wajib dilindungi.

Dengan adanya tulang leher, kepala mampu berfungsi dengan baik. Kepala bisa tegak karena adanya leher yang menopang beban pada kepala. Sehingga akan menjadi satu kesatuan yang serasi.

Pada dasarnya, kepala dan leher saling bekerjasama dalam menjalankan fungsinya. Leher juga bisa menopang kepala yang mampu membuatnya menggeleng. Lalu mampu membuat kepala berputar dan mengangguk.

Baca Juga: Fungsi Tulang Rahang Bawah Bantu Aktivitas Manusia

Melindungi Organ Lain

Fungsi tulang leher berikutnya adalah untuk menjaga keberadaan organ lain. Hal ini mampu menjaga keberlangsungan sistem anggota tubuh. Misalnya pada bagian tenggorokan dan kerongkongan hingga pada bagian pita suara manusia.

Tenggorokan adalah organ manusia yang cukup penting. Pasalnya, organ ini erat kaitannya dengan keberlangsungan hidup manusia. Dengan adanya tenggorokan, manusia bisa menelan makanan yang masuk melalui mulut.

Kerongkongan merupakan bagian yang sama pentingnya dengan tenggorokan. Selain itu, kerongkongan juga membantu sistem pernapasan pada manusia. Sehingga oksigen bisa sampai ke dalam paru-paru.

Selain kedua organ tersebut, ada juga pita suara. Organ yang satu ini berfungsi untuk mengeluarkan suara manusia. Ketiga organ tersebut akan terlindungi dengan adanya tulang leher.

Penghubung Sistem Kerja Tubuh

Fungsi tulang leher juga sebagai penghubung sistem kerja pada tubuh. Pasalnya, sistem kerja tubuh ini akan berjalan dengan lancar karena adanya organ-organ penting. Tulang leher berfungsi untuk menghubungkan kepala dengan organ lainnya.

Hal ini berarti tulang leher juga sebagai penghubung antar sistem kerja organ tersebut. Sistem saraf dikendalikan oleh otak yang mana semua pergerakan tubuh berasal dari otak. Sehingga semua perintah bisa sampai ke masing-masing organ karena adanya leher sebagai penghubung.

Perintah dari otak akan melewati tulang leher yang mana membuat leher sangat berperan pada sistem kerja tubuh manusia. Misalnya otak memerintahkan tangan untuk melambai, kepala untuk menengok, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Fungsi Tulang Pengumpil Berkaitan dengan Alat Gerak Manusia

Organ Vital Manusia

Fungsi tulang leher mampu menyeimbangkan tubuh manusia. Sehingga tubuh mampu beraktivitas dengan baik. Manusia yang tanpa leher mungkin tidak bisa menerima perintah otak dengan baik yang menghambat segala aktivitas.

Seluruh kegiatan manusia ini bergantung pada kerja tulang leher. Hal ini merupakan petunjuk bahwa leher adalah organ yang sangat vital bagi manusia. Dengan begitu, sangat penting menjaga kesehatan tulang leher.

Pasalnya, salah posisi tidur saja bisa menyebabkan adanya gangguan pada leher. Biasanya otot akan tegang dan sulit untuk beraktivitas. Sehingga akan mengurangi aktivitas manusia yang begitu penting.

Itulah penjelasan mengenai fungsi tulang leher yang ternyata banyak sekali perannya pada tubuh manusia. Memiliki organ tubuh yang lengkap memang sangat berguna dalam mendukung segala aktivitas. Tak heran apabila menjaga kesehatan adalah suatu hal yang sangat penting. (R10/HR Online)

Editor: Jujang