Fungsi Tulang Rahang Bawah Bantu Aktivitas Manusia

Fungsi Tulang Rahang Bawah Bantu Aktivitas Manusia
Ilustrasi Fungsi Tulang Rahang Bawah. Foto: Ist/Net

Fungsi tulang rahang bawah sangat membantu dalam melakukan aktivitas manusia. Khususnya membantu manusia untuk makan. Tulang yang letaknya berada pada bagian bawah tulang rahang atas tepat.

Menggerakkan tulang rahang bawah ini sangat mudah. Selain itu, juga termasuk dalam rangka kepala. Tulang ini memiliki bagian-bagian tertentu sama seperti tulang lainnya.

Secara garis besar ada empat otot yang menghubungkan dan membantu tulang ini untuk bergerak. Otot ini mampu bekerja sama sehingga tulang bisa bergerak ke atas dan bawah.

Fungsi Tulang Rahang Bawah

Sebagai tulang penyusun kepala, tentu saja memiliki fungsi yang sangat penting. Berikut adalah fungsinya:

Untuk Berbicara

Sebagai seorang manusia, berbicara adalah kebutuhan pokok. Dengan berbicara, bisa memudahkan seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, bisa mempererat hubungan dengan orang lain.

Sehingga berbicara adalah suatu rutinitas bagi setiap manusia. Nah, dengan adanya tulang rahang bagian bawah ini, bisa membantu manusia untuk berbicara. Sebab tulang ini mengeluarkan penggalan saat seseorang membuka mulut.

Jika tulang ini tidak berfungsi dengan baik, kemungkinan manusia tidak bisa membuka dan menutup mulutnya. Ini adalah keanehan yang menghambat aktivitas manusia. Menjaga agar tulang rahang bisa berfungsi dengan baik adalah sebuah kewajiban.

Baca Juga: Fungsi Tulang Pengumpil Berkaitan dengan Alat Gerak Manusia

Untuk Mengunyah

Fungsi tulang rahang berikutnya adalah untuk mengunyah makanan. Setiap manusia pasti membutuhkan makan dan minum. Ketika makan, pasti manusia akan mengunyahnya.

Dengan bantuan rahang bawah, seseorang bisa mengunyah makanan dengan baik dan benar. Kebutuhan manusia juga akan terpenuhi ketika mereka bisa makan. Sebab makan adalah memenuhi kebutuhan energi pada manusia.

Rahang bawah menggunakan bantuan dari air liur untuk mempermudah proses mengunyah. Sehingga makanan akan lebih lunak ketika seseorang mengunyahnya. Dengan begitu, proses makan bisa berjalan dengan baik.

Mengunyah merupakan kegiatan yang melelahkan. Sebab mulut selalu bergerak secara terus-menerus dan tidak berhenti. Tak heran jika kebanyakan mengunyah bisa mengakibatkan rahang bawah terasa sakit.

Estetika

Fungsi tulang rahang bawah berikutnya adalah sebagai estetika. Pasalnya, bentuk rahang bawah setiap manusia itu berbeda-beda. Hal ini tergantung dengan postur tubuh dan keturunan masing-masing.

Mengetahui karakter dari setiap orang bisa dengan melihat bentuk rahang bawahnya. Rahang yang sempurna akan terlihat cantik. Hal ini karena rahang memberikan bentuk pada wajah.

Saat seseorang berbicara, pasti rahang bawah juga ikut bergerak. Dengan melihat pergerakan rahang tersebut, bisa membantu mulut untuk mengekspresikan diri seseorang. Tak heran jika hanya melihat wajah seseorang sudah bisa menentukan karakternya.

Baca Juga: Fungsi Tulang Betis yang Sangat Penting Bagi Manusia Secara Lengkap

Tempat Melekatnya Gigi Bagian Bawah

Fungsi tulang rahang bawah yang selanjutnya adalah untuk merekatkan gigi bagian bawah. Terlihat dengan jelas bahwa gigi seseorang tersusun atas dan bawah. Gigi bagian atas menempel pada rahang atas, sedangkan gigi bagian bawah menempel pada rahang bawah.

Tak hanya itu, tulang rahang bawah juga bisa melindungi gigi bawah dari benturan. Tetapi jika rahang bagian bawah ini mengalami cidera, sulit untuk sembuh. Bahkan bisa mengubah bentuk wajah seseorang.

Melindungi Saraf dan Otot

Selain fungsi diatas, rahang bawah juga berfungsi sebagai pelindung saraf dan otot. Rahang atas dan bawah secara bersamaan mampu melindungi saraf dan otot manusia. Tentunya dalam hal ini adalah otot sekitar mulut dan tengkorak.

Gangguan Tulang Rahang Bawah

Biasanya tulang rahang juga mengalami masalah. Hal ini umumnya sangat mengganggu aktivitas manusia. Terutama mereka akan kesulitan mengunyah makanan.

Gangguan fungsi tulang rahang bawah ini biasanya karena adanya keretakan akibat jatuh atau kecelakaan. Biasanya rahang bawah ini akan terdorong ke belakang. Sehingga tidak bisa menutup dan mengalami pergeseran posisi.

Selain cidera, ada juga gangguan berupa tendinitis, infeksi gigi, gangguan sendi rahang, dan lain sebagainya. Infeksi pada rahang bisa memicu adanya pembengkakan. Lalu juga menimbulkan rasa sakit pada tulang rahang bawah dan tulang pipi.

Ada juga gangguan pada rahang bawah yang jarang sekali orang mengalaminya, yaitu osteomielitis. Gangguan ini bisa menghalangi kerja rahang bawah. Nantinya bisa mengakibatkan infeksi pada tulang dan bisa menghancurkan tulang rahang bawah.

Itulah fungsi tulang rahang bawah yang sangat membantu aktivitas manusia. Lakukan segala aktivitas dengan hati-hati agar tidak menimbulkan gangguan pada tulang rahang bawah. (R10/HR Online)

Editor: Jujang