Game Punakawan Z Terdapat Gareng dan Petruk Sebagai Karakter

Game Punakawan Z Terdapat Gareng Dan Petruk Sebagai Karakter
Ilustrasi Game Punakawan Z. Foto Istimewa

Game Punakawan Z termasuk salah satu game edukatif yang kreatif untuk anak-anak pada generasi Z. Salah satu game lokal ini bisa menjadi bukti kemajuan pengembang dalam negeri. Game yang satu ini asli buatan Indonesia dengan kearifan lokal, baik dari Gareng maupun Petruk.

Hasil pengembangan dosen UI bersama dengan enam orang mahasiswa yang mengulas kembali mengenai cerita Gareng dan Petruk.

Permainan yang diperuntukkan untuk Gen Z hasil pengembangan dari Tim Pengabdi Masyarakat (Pengmas) Multidisiplin Ilmu bersama dengan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya atau FIB, Fakultas Ilmu Komputer atau Fasilkom, dan Universitas Indonesia.

Game Punakawan Z

Tim yang menghasilkan game ini diketuai oleh Dr. Ike Iswary Lawanda sekaligus dengan membuat komik yang berjudul Punakawan Z: Gareng & Petruk Berlaga.

Permainan ini mengulas Gareng Petruk untuk mendukung pembentukan karakter sesuai dengan nilai Pancasila serta kebudayaan Indonesia. Namun permainan ini tetap menyesuaikan dengan selera dan minat yang anak muda masa kini inginkan.

Baca Juga : Tips Jadi Pro Player Game Agar Bisa Menjadi Atlet Esport

Sudah dijelaskan sebelumnya jika game ini juga merilis komik yang melibatkan banyak anak Sekolah Dasar Negeri Pondok Cina 1 Depok. Ada pula anak dari sekolah dasar swasta internasional dengan guru kelas masing-masingnya.

Dari para siswa ini akan memberikan masukkan kepada para tim pengembang agar menghasilkan game dan komik yang menarik untuk anak muda generasi Z.

Anak-anak ini memberikan masukan selama 3 kali untuk hasil yang maksimal. Game Punakawan Z akan menghadirkan untuk permainan yang khusus bagi generasi Z yang memiliki beragam kebutuhan.

Game Generasi Z

Permainan ini menjadi jalan untuk membentuk karakter secara penuh dengan pembelajaran serta menanamkan karakter dalam media kreatif dan inovatif. Dalam permainan ini, pemain bisa memilih sendiri perannya dengan mengetahui beragam dari resikonya.

Anak generasi Z adalah anak yang dekat dengan pemakaian gadget yang bisa menyentuh berbagai aspek dalam kegiatan keseharian anak-anak. Namun gadget juga memberikan dampak yang kurang baik karena bisa menyebabkan ketergantungan.

Baca Juga : A3 Still Alive Rilis Untuk iOS dan Android Secara Global

Sehingga bisa membuat anak terhambat untuk melakukan sosialisasi, baik bersama dengan keluarga maupun lingkungan. Namun perlu anda perhatikan adanya permainan ini tidak akan mengganggu perkembangan karakter anak.

Game Pembentukan Karakter

Menurut Dr Ike, game Punakawan Z menjadi sarana untuk melibatkan anak dalam membuat game. Karena dengan adanya pendapat anak-anak yang masuk, tentu akan menjadikan game ini memiliki tampilan yang sesuai dengan gaya hidup, selera, dan pikiran.

Para pengembang melakukan berbagai upaya untuk menghasilkan sebuah game yang bisa memberikan kesenangan. Game ini memang untuk membentuk karakter dari masing-masing yang memainkan game. Karena game ini mengandung pembentukan karakter yang bisa membantu perkembangan anak.

Dalam berbagai karakter yang ada dalam game Punakawan Z ini akan memberikan banyak pelajaran dengan memilih beragam karakter.  Banyaknya karakter yang ada, tentu pemain harus memahami dengan baik resiko dari masing-masing karakter yang akan pemain pilih.

Namun dengan terlibatnya anak-anak ini dalam pembuatan game dan komik, tentu akan menghasilkan game dan komik yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak generasi Z. Keterlibatan anak-anak ini tentu membantu pengembangan yang lebih baik dengan adanya masukan-masukan yang bermanfaat.

Tentu saja membuat pengembang semakin paham dan mengerti keinginan maupun kebutuhan game yang akan mengisi  waktu luang dengan memberikan kesenangan. Bukan hanya memberikan game yang tidak bermanfaat sehingga kesenangan bermain game dan membaca komik.

Game Dengan Kesenangan

Game Punakawan Z akan menjadi permainan yang menyuguhkan keasyikan dan kesenangan yang sekaligus memberikan manfaat yang terbaik untuk pembentukan karakter dari anak-anak yang semakin hari semakin terhambat dengan gadget.

Baca Juga : Game PvP Battle Arena Master 2 Sudah Bisa Diunduh

Baik untuk bermain game dan membaca komik, tentu akan memberikan hal yang menyenangkan. Oleh karena itu, pembuatan game ini tentu sangat berharap akan memberikan manfaat yang lebih baik untuk membentuk karakter dari masing-masing pemain.

Banyaknya manfaat yang didapat dari game dan komik karena melibatkan masukan dari banyak anak sehingga menghasilkan game yang terbaik dan berkualitas. Game Punakawan Z akan mewarnai dunia game yang memberikan kebahagian karena terlalu senang untuk bermain game. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang

Aegis Boost Pro