Gejala Campak pada Anak Wajib Anda Tahu Sebelum Terlambat

Gejala Campak Pada Anak Wajib Anda Tahu Sebelum Terlambat
Ilustrasi gejala campak pada anak. Foto: Ist/Net

Gejala campak pada anak sebaiknya jangan disepelekan. Sebab, anak-anak memiliki daya tahan yang masih lemah, berbeda dengan orang dewasa. Ada beberapa gejala yang bisa terlihat ketika terserang sakit campak.

Hampir semua orang tahu yang namanya jenis penyakit yang satu ini. Campak mampu menyerang siapa saja, terutama anak-anak yang lebih rentan beresiko tinggi terserang.

Penyakit yang satu ini merupakan infeksi virus yang mampu menular dengan cepat. Bahkan gejalanya pun cukup serius, mulai dari demam, batuk, dan ruam pada kulit.

Bagi siapa saja yang terserang campak, salah satu faktor penyebabnya yaitu karena menghirup udara percikan ludah penderita. Gejala ini akan timbul 2-4 hari sebelum muncul ruam di kulit.

Seseorang yang sudah pernah menderita sakit ini, tentu tidak akan terkena lagi. Sebab, tubuh sudah kebal dan bisa mengatasi virus yang menyerang.

Anak-anak memang rentan terhadap berbagai macam penyakit, termasuk campak. Sebab, kekebalan tubuh yang ada pada anak-anak lebih sedikit daripada orang dewasa.

Baca Juga : Penyakit Kulit pada Anak, Gejala, Cara Mencegah dan Mengobatinya

Jika anak anda terserang sakit yang satu ini, sebaiknya segera berikan pengobatan. Gejala campak pada anak bisa timbul setelah 1-2 minggu.

Setelah itu, akan muncul bintik merah pada kulit atau biasa disebut dengan bercak koplik. Sebagai orang tua, anda perlu tahu apa saja gejala yang akan timbul jika anak-anak terkena campak.

Dengan mengetahuinya, tentu lebih memudahkan anda dalam melakukan pencegahan dan pengobatan. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Macam-Macam Gejala Campak pada Anak

Campak atau rubeola adalah infeksi akibat virus yang menular melalui kontak langsung. Bahkan karena termasuk penyakit yang cukup berbahaya, anda perlu tahu gejala yang bisa timbul.

Pada saat terserang sakit yang satu ini, infeksi akan terjadi pada saluran pernafasan dan menyebar ke seluruh tubuh. Cara ampuh untuk pengobatan penyakit ini yaitu dengan memberikan imunisasi mumps–measles-rubella (MMR).

Sayangnya, penyakit yang satu ini banyak menyerang anak-anak. Sebab, resikonya cukup besar karena ketahanan tubuhnya masih kurang.

Bagi anda orang tua mengetahui gejala sakit ini, bisa memberikan pengetahuan lebih. Apalagi ketika anak terserang campak, anda bisa mengatasinya dengan tepat.

Baca Juga : Warga Ciamis Ini Idap Penyakit Kulit Langka

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda ketahui ketika penyakit menyerang, antara lain:

Demam

Gejala campak pada anak yang sering terjadi yaitu demam. Anak-anak yang terserang campak akan mengalami kenaikan suhu tubuh hingga 40 derajat Celcius.

Karena inilah mengapa banyak kasus kematian yang terjadi karena terserang campak. Jika tidak mendapatkan penanganan dengan serius, akan mengakibatkan komplikasi.

Maka dari itu, ketika gejala ini timbul pada anak, sebaiknya segera periksa ke dokter. Sehingga bisa diberikan penanganan lebih serius.

Lemas

Gejala lain yang bisa terjadi yaitu anak merasa lemas. Gejala campak pada anak biasanya sudah ada sejak 3-5 hari sebelum munculnya ruam pada kulit.

Namun, setelah itu, gejala tersebut akan hilang secara perlahan. Pada umumnya, penderita campak akan sembuh dalam waktu 7-10 hari.

Tubuh akan merasa lemas dan pegal linu. Jika terjadi hal ini, sebaiknya anak harus tetap beristirahat, konsumsi makanan sehat, dan minum vitamin penguat sistem imun.

Baca Juga : Manfaat Mahkota Dewa, Beracun Tapi Ampuh Atasi Diabetes, Tumor dan Penyakit Kulit 

Pilek dan Hidung Tersumbat

Gejala campak pada anak tidak hanya itu saja. Namun, hidung tersumbat dan pilek juga termasuk dalam gejala yang bisa terjadi. Hal ini sering disalahartikan sebagian besar orang tua jika hal ini hanyalah sakit flu.

Padahal gejalanya berbeda, karena alasan inilah mengapa penanganannya sering terlambat. Sebaiknya segera bawa ke dokter jika anak-anak memiliki gejala sakit.

Muncul Bercak Merah di Wajah

Gejala yang sering timbul saat campak menyerang yaitu adanya bercak merah pada wajah. Selain itu, adanya bercak putih dalam mulut. Hal ini terjadi 7-14 hari setelah paparan dan bertahan 4-10 hari.

Gejala ini umum terjadi dengan ditandai munculnya ruam pada kulit seluruh tubuh. Ruam yang terjadi mulanya memiliki bentuk kecil. Namun, lama-kelamaan akan menjadi besar dan menyatu.

Saat muncul gejala campak pada anak, sebaiknya anda segera beri penanganan serius. Ada beberapa yang wajib anda tahu untuk bisa memberikan penanganan serius. Pastikan anda memperhatikan kesehatan anak. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah