Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruGejala Rabies pada Manusia, Mencegah Timbulnya Kematian

Gejala Rabies pada Manusia, Mencegah Timbulnya Kematian

Gejala rabies pada manusia akan muncul ketika virus melewati sistem saraf pusat sehingga mengenai bagian otak. Agar dapat mengatasi penyakit tersebut, maka anda perlu tahu apa saja gejala yang bisa timbul.

Rabies adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena infeksi virus pada otak dan sistem saraf. Pada umumnya, penyakit yang satu ini juga dikenal dengan nama anjing gila.

Rabies menjadi penyakit berbahaya karena resiko terbesarnya yaitu mengakibatkan kematian. Penyebab penyakit ini bisa menyerang manusia, yaitu karena terkena gigitan, cakaran, atau bahkan air liur anjing.

Tidak hanya anjing yang bisa menimbulkan sakit rabies pada manusia. Namun, ada hewan lain seperti kucing, musang, kera, kelelawar, sapi, kuda, kambing, bahkan kelinci.

Cakaran yang dilakukan oleh hewan ini menyebabkan luka dan terkontaminasi oleh virus. Sehingga virus rabies akan mudah menyebar melalui pembuluh darah.

Jika sudah semakin parah, rabies mampu menyebabkan peradangan otak dan saraf tulang belakang. Peradangan yang terjadi akibat penyakit ini berpotensi menyebabkan kematian pada orang yang terinfeksi.

Baca Juga : Tanda dan Gejala Penyakit DBD, Penyebab serta Cara Mengobatinya

Sebab, setelah mendapat gigitan atau cakaran, gejala rabies pada manusia pun tidak langsung muncul. Gejala akan timbul setelah virus menyebar mengenai saraf otak.

Maka dari itu, dengan mengetahuinya sejak awal, tentu mempercepat penanganan. Jika tidak anda tangani dan obati dengan tepat, justru mengakibatkan kematian.

Gejala Rabies pada Manusia Secara Umum

Penyakit mematikan yang terjadi pada manusia akibat binatang ini wajib anda waspadai. Sebaiknya untuk dapat mencegahnya, anda harus tahu apa penyakit tersebut dan gejala yang timbul.

Penularan penyakit karena binatang ini memang jarang sekali terjadi. Namun, jika terkena penyakit ini, sebaiknya segera berikan pengobatan yang tepat.

Sebab, jika tidak segera memperoleh penanganan, tentu mengakibatkan penyakit tambah parah. Bahkan tidak sedikit kasus kematian akibat terkena sakit rabies.

Penyakit ini menyerang sistem saraf pusat. Selain terkena karena gigitan atau cakaran bersentuhan dengan hewan yang terkena infeksi rabies pun bisa saja menular.

Baca Juga : Tanda Gejala Penyakit Liver yang Harus Diwaspadai, Jangan Abaikan!

Ada beberapa faktor yang bisa timbul ketika penyakit menyerang anda. Bagi anda yang belum paham tentang apa saja gejala yang akan terjadi jika terserang rabies, berikut penjelasannya. Faktor umum yang sering muncul ketika manusia terserang rabies, yaitu:

Menyerupai Flu

Gejala rabies pada manusia yang umumnya terjadi yaitu seperti terserang flu. Gejala awal ini sering disalahartikan, hanya terserang flu biasa. Padahal ini menjadi gejala awal timbulnya virus pada tubuh.

Saat terserang rabies, akan timbul rasa demam tinggi, menggigil, mudah merasa lelah, kesulitan menelan, dan nyeri otot. Bahkan pada umumnya, jika terserang sakit ini, juga mengakibatkan penderita susah tidur.

Gejala tersebut masih termasuk ringan, namun jika anda biarkan, justru kondisinya akan semakin parah. Maka dari itu, segeralah pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Linu

Gejala rabies pada manusia yang kedua, timbul rasa linu seperti kesemutan. Hal ini tidak akan timbul setelah tergigit atau kena cakar hewan tersebut.

Akan tetapi, rasa ini akan muncul setelah beberapa hari. Awalnya seperti rasa linu pada bagian yang tergigit. Setelah itu, akan timbul rasa gatal, bahkan perih pada bagian yang terluka.

Baca Juga : Gejala Penyakit Kolera, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebaiknya jika anda terkena gigitan atau cakaran hewan, segera bawa ke dokter untuk memastikannya. Pastikan apakah anda terkena rabies atau tidak.

Gelisah

Gelisah dan merasa cemas saat terkena sakit rabies bisa saja terjadi. Masalah ini menjadi salah satu gejala rabies pada manusia yang mengalami halusinasi. Infeksi virus rabies mampu menimbulkan kecemasan tertentu.

Jika penderita sudah benar-benar terinfeksi, akan muncul rasa gelisah. Bahkan mudah merasa kebingungan. Dengan adanya infeksi virus ini, tentu membahayakan penderita jika tidak segera memperoleh penanganan.

Kelumpuhan Ringan

Virus rabies yang menyerang manusia memang cukup berbahaya. Meski penderita tidak langsung mengalami gejala, namun virus akan terus menyebar degan cepat.

Gejala yang bisa timbul mengakibatkan lumpuh ringan. Penderita yang terinfeksi secara perlahan akan lumpuh. Bahkan jika kondisinya semakin parah, bisa mengakibatkan koma hingga kematian.

Banyak gejala rabies pada manusia yang wajib anda tahu. Dengan mengetahuinya, anda pun bisa memberikan penanganan dan pengobatan dengan tepat. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -