Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita TerbaruGejala Terinfeksi Ebola Penting Anda Ketahui, Ini Penjelasannya!

Gejala Terinfeksi Ebola Penting Anda Ketahui, Ini Penjelasannya!

Gejala terinfeksi ebola penting untuk Anda ketahui supaya bisa menghindarinya. Ebola merupakan salah satu penyakit infeksi virus yang sangat langka, namun mematikan.

Virus ebola ini mampu menginfeksi sel dinding pada pembuluh darah, sehingga mampu memicu pendarahan yang sangat hebat. Gejala penyakit tersebut juga sama dengan gejala virus lainnya, yaitu flu biasa.

Penyakit ebola bisa menyerang manusia maupun hewan, dan virus ini dapat menular melalui kontak fisik secara langsung. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa saja gejala-gejala yang ditimbulkannya.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa gejala terinfeksi virus atau penyakit ebola yang penting untuk Anda ketahui.

Gejala Terinfeksi Ebola Berikut Penjelasannya

Badan Terasa Demam

Baca Juga : Virus Paling Mematikan Sepanjang Sejarah Manusia

Diantara gejala terinfeksi virus ebola pertama yang perlu Anda ketahui adalah tubuh Anda akan merasa menggigil hingga menjadi demam.

Hal tersebut akibat cairan pada tubuh tidak tersalurkan dengan sempurna, sehingga daya tahan tubuh menjadi terganggu. Kemudian, banyak virus-virus yang mudah tertempel pada tubuh.

Oleh karena itu, jika Anda merasakan gejala seperti demam segera periksakan ke dokter agar segera mendapat pengobatan, sehingga efek demam tidak fatal.

Batuk dan Tenggorokan Kering

Selain merasakan demam, gejala terinfeksi ebola lain yang perlu Anda ketahui dan waspadai adalah batuk yang tidak kunjung sembuh. Batuk seperti itu bisa sampai mengakibatkan sakit kepala dan badan terasa lemah.

Hal itu karena virus-virus mulai menyerang ke bagian tenggorokan, sehingga batuk pun mulai menyerang tubuh. Namun, batuk tersebut tidak mengeluarkan dahak sama sekali.

Baca Juga : Fakta Obat Remdesivir, Benarkah Bisa Sembuhkan Pasien Corona?

Kondisi ini akan menyebabkan bagian tenggorokan kering dan terinfeksi, jika tidak segera mendapat pengobatan maka akan mengakibatkan kematian.

Berat Badan Menurun Secara Drastis

Orang yang memiliki gejala terinfeksi ebola dapat terlihat dari berat badannya. Jika terinfeksi virus tersebut, Anda akan mengalami berat badan yang menurun secara drastis dalam kurun waktu yang singkat.

Penyebabnya, tubuh yang tidak sehat akan mengalami penurunan nafsu makan, mulut akan terasa pahit dan mual. Hal tersebut tentunya berdampak pada penurunan berat badan secara drastis.

Apabila Anda mengalami kondisi seperti itu, alangkah baiknya jika Anda konsultasikan dengan dokter. Terpenting, Anda juga harus selalu menjaga kesehatan jasmani agar terhindar dari segala penyakit.

Diare yang Disertai Darah

Baca Juga : Terapi Plasma Darah untuk Corona Membutuhkan Syarat Khusus

Gejala terinfeksi ebola selanjutnya yang perlu Anda ketahui dan waspadai adalah diare disertai darah. Ini menandakan kalau virus yang menyerang sudah menempel pada bagian perut, sehingga makanan yang masuk tidak dapat tergiling dan tersaring dengan baik.

Kondisi tersebut menyebabkan diare yang disertai dengan darah. Selain itu, hal lain yang dapat menjadi penyebabnya karena, Anda tidak bisa menjaga kebersihan makanan sebelum mengonsumsinya.

Sama seperti halnya dengan cara mencuci tangan sebelum makan, tujuannya agar bakteri dan kuman tidak menempel. Oleh karena itu, kesehatan sangatlah perlu Anda jaga.

Dengan tubuh yang sehat, maka aktivitas seluruh kegiatan dapat terkendali secara baik. Apalagi jika berkaitan dengan penyakit ebola yang sangat berbahaya dan dapat mengancam nyawa penderitanya.

Itulah beberapa gejala terinfeksi ebola yang penting untuk Anda ketahui dan pelajari guna mengantisipasi hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Sebab, menjaga kesehatan tubuh tidak hanya cukup dengan makanan saja, tapi kebersihan juga sangat penting Anda perhatikan. Kemudian, Anda juga harus rajin dalam berolahraga agar tubuh tetap sehat dan selalu segar. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -