Hari AIDS Sedunia, PKM Cigayam Ciamis Ajak Warga Hidup Sehat

Hari AIDS sedunia
PKM Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, saat memperingati Hari AIDS Sedunia, Selasa (1/12/2020). Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember, UPTD Puskesmas Cigayam, bekerjasama dengan Muspika Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, melaksanakan beberapa kegiatan, seperti test eliminasi HIV terhadap masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Desa Banjaranyar tersebut bertema tingkatkan kepedulian dan kuatkan solidaritas dengan melakukan tes terhadap 32 orang. Sebelumnya ke-32 orang tersebut menyatakan bersedia melakukan tes dan telah mengisi lembar persetujuan.

“Dalam kegiatan ini, sebagian besar yang ikut adalah ibu-ibu hamil, yang merupakan salah satu sasaran prioritas dalam kegiatan ini. Ibu hamil merupakan sasaran yang memang sangat memerlukan upaya deteksi dini status kesehatannya,” terang Kepala UPTD Puskesmas Cigayam, Ari Angga Rianto, Selasa (01/12/2020).

Ari mengatakan, untuk menyiapkan generasi unggul harus diawali dengan tes kesehatan sejak dini, yaitu sejak dalam usia kandungan. 

“Makanya sasarannya adalah para ibu hamil,” terangnya.

Pada peringatan Hari AIDS Sedunia tersebut, kepala UPTD Puskesmas Cigayam melakukan edukasi kepada peserta yang datang. 

Menurutnya, HIV/AIDS merupakan penyakit yang bisa terkena kepada siapa saja. Namun tidak perlu khawatir, yang penting masyarakat memahami cara pencegahannya, cara penularan dan cara pengobatan serta cara untuk menjaga daya tahan tubuh.

“Kegiatan ini merupakan sebuah kesempatan bagi kami untuk mengajak seluruh elemen agar lebih giat lagi serta meningkatkan kepedulian dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS di lingkungan masyarakat. Hal ini juga sebagai upaya kami  dalam memutus mata rantai penularan HIV/AIDS. Sehingga pada tahun 2030 Indonesia bebas dari HIV/AIDS,” harapnya. (Suherman/R7/HR-Online)

Editor: Ndu

Aegis Boost Pro