Helm Tanpa Visior, Banyak Resiko dan Bahaya dalam Penggunaannya

Helm Tanpa Visior, Banyak Resiko dan Bahaya dalam Penggunaannya
Ilustrasi helm tanpa visior. Foto : istimewa

Helm tanpa visior cukup berbahaya bagi penggunanya. Jika helm tidak lengkap, tentu akan memiliki resiko dan bahaya bagi penggunanya.

Padahal komponen keselamatan berkendara yang satu ini cukup penting fungsinya. Helm merupakan perlengkapan berkendara bagi pengendara sepeda motor.

Pelindung kepala yang satu ini akan mengurangi resiko terjadinya hal yang tidak kita inginkan. Misalnya jika jatuh, terjadi benturan pada kepala saat kecelakaan.

Jika menggunakan perlengkapan yang satu ini, resiko tersebut akan berkurang. Ada banyak jenis helm yang beredar di pasaran. Model dan desainnya menarik.

Baca Juga : Tips Merawat Helm Agar Tidak Bau Apek Karena Kehujanan

Sehingga mempermudah penggunanya untuk memilih sesuai selera. Tidak hanya berfungsi sebagai pelindung kepala saja. Akan tetapi, helm juga mampu membuat penampilan pengendara tampak lebih menarik.

Namun, sayangnya masih banyak pengendara sepeda motor yang mengenakan helm tanpa visior. Padahal fungsi pelindung kepala yang satu ini cukup penting.

Ada orang yang mengenakannya hanya asal-asalan. Tidak mau mementingkan standar keselamatan yang benar. Spesifikasi pelengkap kendaraan ini memang tidak sama.

Banyak beredar berbagai jenis helm yang memiliki spesifikasi mulai SNI hingga belum standar. Semua bisa dipilih sesuai selera masing-masing. Salah satu yang sering terlihat yaitu penggunaan helm SNI.

Padahal hal ini bukan hal yang baik untuk anda gunakan. Ada banyak resiko dan bahaya yang bisa timbul jika tidak menggunakannya.

Resiko dan Bahaya Menggunakan Helm Tanpa Visior

Penggunaan helm saat berkendara menjadi hal penting yang harus anda kenakan. Karena fungsinya yang cukup penting, membuat perlengkapan berkendara ini semakin banyak macamnya.

Kini banyak sekali jenis pelindung kepala yang beredar tanpa adanya kaca atau helm tanpa visior. Meski sedang trend, namun terdapat banyak resiko dan bahaya dari balik itu semua.

Baca Juga : Tips Memilih Helm yang Baik dan Nyaman Digunakan

Padahal penggunaan helm yang satu ini kurang baik, bahkan resikonya cukup besar. Helm yang baik untuk anda kenakan saat berkendara yaitu dengan pelengkap kaca.

Ada banyak manfaat visior bagi pengendara sepeda motor. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan helm dengan Standar Nasional Indonesia, yaitu salah satunya lengkap dengan kaca.

Mungkin sebagian besar pengendara menganggap mengenakan pelindung kepala hanya untuk pelengkap saja. Padahal dibalik semua itu terdapat fungsi yang cukup penting.

Agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya, sebaiknya pilih helm yang lengkap dengan kaca pada bagian depan. Jika anda menyepelekannya, maka akan mengalami hal tersebut.

Mudah Kelilipan

Bahaya pertama yang bisa terjadi jika mengenakan helm tanpa visior yaitu membuat mata mudah terkena benda asing. Kaca pelindung memang memiliki fungsi yang sama penting dengan penutup kepala itu sendiri.

Adanya visior atau kaca pada helm akan membantu mengurangi resiko terkena debu. Bahkan bisa terhindar dari hewan-hewan kecil yang beterbangan hingga kotoran.

Baca Juga : Fungsi Pinlock pada Helm, Mengatasi Timbulnya Embun Saat Hujan

Sehingga dengan adanya kaca, semua itu tidak bisa masuk ke area mata. Dengan begitu, saat berkendara pun akan lebih aman dan nyaman.

Itulah alasan mengapa menggunakan helm dengan kaca cukup penting. Jika hal ini tidak anda lakukan, bisa terjadi kemungkinan besar pengendara tidak dapat mengendarai dengan benar.

Sehingga keseimbangan berkurang hingga mengakibatkan pengendara jatuh. Jika tidak anda perhatikan, justru menimbulkan bahaya yang besar.

Penglihatan Terganggu (Silau)

Resiko dan bahaya yang kedua jika anda tidak mengenakan helm tanpa visior yaitu membuat mata merasa terganggu. Terganggu akibat adanya sinar UV.

Dengan adanya kaca tersebut, mata tidak akan terganggu karena adanya sinar matahari. Apalagi jika anda berkendara di siang hari yang terik.

Tanpa adanya perlengkapan helm tersebut, justru dapat merusak mata jika terus anda biarkan begitu saja. Sebab, sinar UV yang masuk ke dalam mata secara berangsur-angsur akan mengakibatkan penglihatan terganggu.

Maka dari itu, penggunaan helm dengan kaca sangat direkomendasikan ketika berkendara pada siang hari. Hal ini untuk menjaga mata agar tetap sehat dan bisa berkendara dengan baik.

Sebenarnya masih banyak resiko dan bahaya yang bisa terjadi jika anda tidak mengenakan helm SNI. Maka dari itu, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, sebaiknya hindari penggunaan helm tanpa visior. Pakai juga helm dengan tepat. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

Baca Juga : Merawat Helm Doff, Cukup Rumit Berbeda dengan Tipe Lainnya
Aegis Boost Pro