Hewan Penghuni Dasar Laut Paling Dalam yang Jarang Diketahui

Hewan penghuni dasar laut paling dalam memang jarang diketahui. Foto: Net/Ist.
Hewan penghuni dasar laut paling dalam memang jarang diketahui. Foto: Net/Ist.

Hewan penghuni dasar laut paling dalam memang jarang kita ketahui. Terlebih Samudera mempunyai jutaan kehidupan di dalamnya. Dasar laut menjadi tempat yang jarang bisa terjangkau oleh manusia. Karena itulah informasi yang bisa didapatkan juga menjadi cukup sulit.

Dasar laut dihuni oleh beberapa makhluk yang sekilas terlihat menyeramkan hingga predator pemangsa. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa hewan laut yang menghuni dasar Samudera.

Hewan Penghuni Dasar Laut Terdalam

Cumi-cumi Vampir

Mendengar kata vampir tentu membuat kita merinding. Akan tetapi, hewan yang berada di dasar laut itu tidak seram seperti namanya. Cumi-cumi ini mempunyai panjang hanya sekitar 15 centimeter saja.

Baca Juga : Fosil Hewan Laut Gnathomortis Stadtmani, Predator Penguasa Lautan

Nama vampir sendiri berasal dari tubuhnya yang berwarna merah menyala, dan bentuk tubuhnya yang seakan mengenakan jubah menempel pada seluruh tubuh. Cumi-cumi vampir juga terkenal dengan sebutan cumi vampir dari neraka.

Kutu Laut Raksasa

Hewan penghuni dasar laut berikutnya yaitu kutu laut yang memiliki panjang 40 centimeter, atau sebesar kucing dewasa. Makhluk laut yang satu ini mampu bertahan hidup dalam dasar samudera hingga pada kedalaman 6.000 meter.

Kutu laut raksasa merupakan penghuni gelap Laut Pasifik, Hindia, dan Atlantik. Tidak ada manusia tanpa peralatan menyelam khusus yang mampu menjangkau tempat tinggal makhluk raksasa ini.

Hiu Berjumbai

Hiu berjumbai pertama kali ditemukan di perairan Jepang pada awal tahun 2007. Hewan penghuni dasar laut ini tersebar secara merata pada perairan Atlantik dan Samudera Pasific.

Hiu berjumbai menelan mangsa tanpa mengunyah. Hewan ini akan membengkokkan tubuhnya agar mangsa dapat masuk dengan leluasa ke dalam perut. Meski tanpa dikunyah dengan sempurna.

Baca Juga : Fakta Hewan Bintang Rapuh, Binatang Laut yang Tak Memiliki Otak

Kepiting Laba-laba

Penghuni dasar laut yang selanjutnya ada kepiting laba-laba. Hewan laut ini merupakan spesies kepiting kaki panjang yang menyerupai laba-laba. Panjang kakinya mencapai 3,8 meter dengan berat sekitar 19 kilogram.

Spesies kepiting laba-laba kini sudah menurun drastis karena nelayan Jepang berhasil menangkapnya untuk kebutuhan konsumsi dalam skala besar. Usia makhluk raksasa ini bisa mencapai 100 tahun.

Ikan Blobfish

Ikan blobfish memiliki panjang 30 centimeter dan biasanya hidup pada kedalaman 600-1.200 meter di bawah perairan Australia hingga Selandia baru.

Bentuk tubuh yang mirip agar-agar membuatnya seringkali terjebak dalam pukat yang nelayan gunakan untuk menangkap ikan.

Ikan blobfish ini merupakan hewan penghuni dasar laut paling dalam yang memiliki wajah paling aneh dan menyeramkan.

Baca Juga : Contoh Hewan Ovovivipar Beserta Penjelasan Lengkapnya

Hiu Goblin

Hiu goblin merupakan hiu dengan penampilan yang paling menyeramkan. Penghuni dasar laut yang satu ini mempunyai panjang tubuhnya mencapai 3,8 meter.

Ikan hiu paling menyeramkan ini berada pada kedalaman 1.200 meter di bawah perairan Samudera Pasific dan Atlantik. Predator laut ini bisa memangsa sesame hiu dan memiliki tubuh yang tidak mengalami perubahan selama jutaan tahun.

Naga Hitam Pasifik

Naga hitam pasifik berada pada kedalaman 1.000 meter dalam perairan Pasifik. Terkadang predator laut ini berada pada permukaan Samudera untuk mencari mangsa.

Itulah sebabnya kini populasinya terancam punah karena kondisi lingkungan yang berubah. Penghuni dasar laut tersebut mempunyai warna tubuh yang hitam pekat. Sebagian besar mangsa sang naga merupakan hewan bawah laut yang bercahaya.

Itulah tujuh hewan penghuni dasar laut paling dalam yang jarang diketahui. Keberadaan sebagian dari hewan-hewan laut tersebut kini terancam punah. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah