Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBerita BanjarHujan Deras, Rumah Warga di Kota Banjar Hancur Ditimpa Longsor

Hujan Deras, Rumah Warga di Kota Banjar Hancur Ditimpa Longsor

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Kota Banjar, Jawa Barat, menyebabkan rumah milik Asih Sukaesih warga lingkungan Parungsari RT 5/2 Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja jebol tertimpa longsoran tanah, Senin (14/12/2020) sore.

Rumah milik Asih yang tertimpa longsoran tanah tersebut jebol pada bagian ruang tamu dan tempat kamar tidur sehingga tidak bisa lagi ia tempati.

Asih menuturkan, longsoran tanah tersebut terjadi sekitar pukul 15:30 Wib ketika hujan turun sangat deras.

Saat itu, kata Asih, ia tengah berada di rungan kamar sedang beristirahat hendak menyetrika pakaian yang telah dicuci. Namun, sebelum menyetrika pakaian dia ingin pergi ke dapur menyalakan kompor untuk memasak.

“Saya baru mau nyampai pintu dapur. Tiba-tiba terdengar ada suara runtuhan tanah,” kata Asih kepada wartawan, Senin (14/20/20).

Setelah itu, lanjut Asih menceritakan, ia langsung berlari melihat kondisi bagian depan rumah tempat suara reruntuhan tersebut berasal.

Kemudian, sesampainya di bagian depan rumah ia mendapati tembok ruangan kamar dan bagian ruang tamu rumahnya sudah dalam keadaan jebol tertimpa longsoran tanah.

“Semua barang-barang di ruangan ikut hancur tertimpa material longsoran tanah,” kata Asih.

Namun demikian, ia mengaku bersyukur saat kejadian anggota keluarganya sedang tidak berada di ruangan itu sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

“Alhamdulillah, semuanya selamat. Sementara ini rumah saya kosongkan. Takut ada longsor susulan,” ujarnya.

Orang tua korban, Saup Supardi menambahkan, ada dua kepala keluarga (KK) dengan jumlah 7 jiwa yang menempati rumah ini.

Semua anggota yang menempati rumah tersebut selamat. Hanya ada kerusakan materi karena tembok rumah jebol sehingga tidak bisa ditempati.

“Saya tahunya tadi waktu habis pulang kerja. Alhamdulillah, semua anggota keluarga selamat,” ucapnya.

Longsor Kota Banjar, 2 Rumah Terdampak

Terpisah, Kasie Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Kuslan Parman, mengatakan, berdasarkan laporan yang masuk, sampai saat ini baru ada satu kejadian musibah bencana alam yang terjadi akibat guyuran hujan deras dan angin kencang.

Bencana alam tersebut yakni berupa longsoran tanah menimpa rumah warga di lingkungan Parungsari, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja.

“Sementara ini baru ada satu laporan yang masuk. Ada dua rumah terdampak longsoran tanah,” kata Kuslan.

Atas musibah tersebut, lanjutnya, rumah korban mengalami rusak parah. Kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Untuk mengantisipasi kemungkinan adanya musibah longsor susulan, pihak BPBD bersama sejumlah relawan dibantu TNI-Polri langsung melakukan pendataan dan melakukan peninjauan ke lokasi kejadian.

“Kami sudah meninjau ke lokasi. Kemungkinan besok baru dilakukan proses evakuasi mengingat saat ini kondisi belum memungkinkan,” ujarnya. (Muhlisin/R7/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -

Berita Terbaru