Hujan Meteor Ursid Tahun 2020, Fenomena Cantik Akhir Tahun

Hujan Meteor Ursid Tahun 2020 Fenomena Cantik Akhir Tahun
Ilustrasi Hujan Meteor Ursid. Foto: Ist/Net

Hujan meteor Ursid merupakan fenomena yang ada sejak tahun 2017. Fenomena ini ada dua macam, yaitu hujan meteor Geminid dan Ursid. Tetapi hujan ini sangat sulit diamati dari Indonesia.

Hal ini karena rasi Ursa Minor yang memiliki arah pandang meteor baru terbit hampir berbarengan dengan terbitnya matahari saat pagi. Sehingga meteor yang jatuh akan terhalang oleh sinar matahari.

Untuk hujan Geminid, seluruh masyarakat Indonesia bisa mengamatinya dengan jelas. Bahkan hujan ini merupakan yang terbaik setiap tahunnya. Karena manusia bumi bisa dengan mudah melihatnya jika cuaca bersahabat.

Hujan Meteor Ursid Bulan Desember

Fenomena yang sangat unik ini berupa hujan meteor kecil. Hanya bisa terlihat oleh belahan bumi utara dengan lima hingga sepuluh meteor per jamnya. Puncak Ursid ini berada pada tanggal 21 Desember dan menjelang pagi hari pada tanggal 22 Desember.

Pada saat ini bulan akan mengalami 50 persen purnama. Biasanya pada malam menjelang adanya hujan meteor ini langit selalu berawan. Hal inilah yang mengaburkan pandangan seseorang untuk melihat meteor kecil.

Hujan ini terbilang lebih indah dari fenomena yang lainnya. Sudut yang begitu dingin dan gerak meteor yang lambat terasa lebih hangat. Bahkan jika terlihat oleh pandangan mata akan terlihat lebih indah.

Hujan meteor Ursid tahun 2020 ini banyak astronom yang mengharapkan bisa melihat hingga sepuluh bintang jatuh. Bumi akan bergerak pada orbit galaksi Bima Sakti.

Ursid memiliki nama lain dengan sebutan Little Dipper. Karena bentuknya yang kecil dan cantik saat bergerak jatuh. Akan sangat rugi jika tidak menyaksikan fenomena yang satu ini.

Ya, memang wilayah Indonesia sulit untuk bisa menjangkau pandangan menuju ke arah meteor ini jatuh. Tetapi meteor ini akan melesat ke seluruh penjuru langit. Paling tidak bisa menyaksikan percikan demi percikan hujan meteor.

Tak heran sejak adanya berita mengenai Ursid ini banyak yang menantinya. Ini juga merupakan fenomena tahunan yang pasti adanya. Dengan begitu, akan melihat atraksi langit yang luar biasa sebagai penutup tahun.

Baca Juga: Hujan Meteor Taurid Selatan Bisa Menghasilkan Bola Api Menakjubkan

Ursid Fenomena Baru

Hujan meteor Ursid merupakan fenomena yang relatif baru. Memang sudah banyak sekali hujan meteor yang bisa dilihat sepanjang tahunnya. Tetapi fenomena Ursid ini baru muncul sekitar abad ke-20.

Hujan ini terjadi ketika bumi melewati wilayah dekat dengan orbit komet 8P atau Tuttle tahun 2020. Hal ini mencakup jejak puing yang juga mengikuti komet. Sehingga mampu menyebabkan lebih banyak aktivitas selama adanya hujan meteor.

Memang fenomena pada bulan Desember ini sangat banyak sekali. Hujan ini hanya salah satu fenomena cantik pada bulan ini. Masih ada bintang Natal yang juga akan muncul. Padahal itu adalah bersatunya Jupiter dan Saturnus yang menunjukkan kemolekannya.

Baca Juga: Fenomena Hujan Meteor Camelopardalid, Lambat dan Berkilauan

Melihat Bintang Jatuh atau Hujan Meteor

Untuk bisa melihat hujan meteor Ursid, sebaiknya harus melihat arah utara magnet. Bintang ini akan tampak oleh mata seperti formasi yang membentuk layang-layang tegak. Dalam hal ini, juga termasuk ekor panjang.

Bintang Biduk ini terdapat pada bagian timur dan bentuknya seperti layang-layang terbalik. Untuk mengidentifikasi dari Ursid bisa dengan melihat bagian ekornya. Sebab bagian ekor dari Ursid ini membentuk sebuah polaris.

Ursid juga dikenal dengan sebutan bintang utara. Merupakan salah satu yang paling terang saat malam hari. Letaknya hampir lurus ke arah utara tepat.

Pastikan saat akan melihat hujan meteor Ursid ini pada tempat yang memiliki udara segar. Usahakan menjauhi tempat yang kaya akan polusi cahaya. Tetapi tenang, bulan Desember ini kebanyakan akan berkurang jumlah polusi udaranya.

Jangan nekat melihat hujan ini saat langit masih kelabu. Sebab langit yang kelabu akan menutupi sebagian besar wilayah. Walaupun masih ada celah langit yang terang, tapi hasilnya tidak akan maksimal.

Ingat bahwa hujan meteor ini tidak diperuntukkan oleh masyarakat Indonesia. Sebab sudah pasti tidak akan terlihat oleh mata telanjang. Tetapi, hujan meteor ini akan terlihat dari Inggris dan sekitarnya.

Itulah beberapa informasi mengenai hujan meteor Ursid. Nantikan fenomena bulan Desember yang menarik lainnya sebagai penutup tahun 2020. Pastikan bisa melihat fenomena yang bisa terlihat oleh mata telanjang pada sebagian besar wilayah Indonesia. (R10/HR Online)

Editor: Jujang