Ide Desain Ruang Baca di Dalam Rumah yang Super Nyaman

Ide Desain Ruang Baca di Dalam Rumah yang Super Nyaman
Ilustrasi ide desain ruang baca. Foto : Ist/Net

Ide desain ruang baca kini menjadi tren setelah adanya pandemi Covid-19 ini. Pasalnya, pemerintah menganjurkan kita untuk tetap berada #dirumahaja. Sehingga, salah satu untuk mengusir kejenuhan saat berada di rumah adalah dengan membaca.

Akan tetapi, jika memakai ruangan tamu atau kamar untuk menjadi tempat membaca buku atau lainnya, tentu tidak akan menarik. Bahkan, lama kelamaan akan terasa jenuh, karena tidak ada daya tarik dari ruangan itu sendiri.

Sehingga, tidak sedikit yang memanfaatkan ruangan kosong menjadi ruang baca, terutama bagi si kutu buku. Sebab, memiliki ruang baca atau perpustakaan pribadi di rumah, adalah salah satu keinginan yang ingin diwujudkan.

Ide Desain Ruang Baca

Ruang baca pribadi dapat membantu menambah konsentrasi belajar menjadi lebih fokus. Bagi anda yang berencana membuat ruang baca pribadi yang menarik berikut saran yang bisa Anda coba.

Sederhana dan Nyaman

Ide desain untuk ruang baca yang pertama ini cukup sederhana dan mudah untuk Anda tiru. Dengan memadukan rak buku, kasur, dan bantal menjadi satu kesatuan tempat yang nyaman banget untuk menjadi ruangan membaca.

Baca Juga : Desain Cat Kamar Berikan Kesan Luas pada Kamar Sempit

Istimewanya lagi, desain ini tidak membutuhkan tempat dengan space yang luas. Cukup gunakan space yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu luas, untuk membentuk cozy place seperti ini.

Biasanya, rumah dengan model minimalis sering menggunakan desain seperti ini untuk ruang bacanya.

Model Kubik

Jika ide desain untuk ruang baca model pertama Anda rasa kurang menarik dan masih memerlukan lebih banyak space, maka model yang kedua ini bisa menjadi pilihan selanjutnya.

Ruangan membaca mungil dengan model berbentuk kubik, tidak akan memakan banyak tempat dalam rumah Anda.

Berbeda dengan model pertama yang dapat Anda gunakan untuk membaca buku sembari rebahan, tipe kedua ini tidak dapat anda gunakan untuk tidur layaknya tipe pertama.

Karena, space dan modelnya yang cukup sempit dan mungil. Meski begitu, model kubik tetap nyaman untuk jadikan sebagai ruang baca pribadi.

Ruang Baca dengan Dinding Kaca

Ide desain ruang baca yang selanjutnya adalah ruangan dengan kaca sebagai dindingnya. Model yang satu ini cocok bagi anda yang lebih suka menghabiskan waktu membaca pada tempat yang luas dengan suasana alam yang segar.

Penempatan dinding kaca pada ruangan ini, maksudnya agar anda tidak merasa bosan saat membaca buku.

Baca Juga : Desain Aquascape Sederhana Tampilkan Akuarium yang Mempesona

Sehingga, Anda bisa membaca buku dengan nyaman sembari menikmati alam luar tanpa harus keluar rumah. Cozy place banget untuk si introvert yang lebih nyaman berada dalam rumah.

Ide Desain Ruang Baca dengan Furniture Unik sebagai Alas Duduk

Anda dapat menempatkan furniture unik pada ruang baca yang sederhana, agar tidak terkesan terlalu polos. Saat ini, furniture unik seperti bongkahan batang kayu sedang menjadi trend.

Dengan adanya furniture yang unik ini, membaca menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Sedangkan untuk mendapatkan referensi dari ide seperti itu, bisa mengakses atau mencarinya via internet. Saat ini, sudah banyak mebel yang menjual furniture dengan bentuk yang unik dan antimainstream.

Menyulap Loteng menjadi Ruang Baca Idaman

Ide desain ruang baca yang selanjutnya adalah loteng. Seperti kita ketahui, tidak sedikit pemilik rumah yang mengabaikan ruangan loteng.

Padahal, jika sedikit saja mengakalinya, maka loteng bisa menjadi ruangan tambahan yang serbaguna. Salah satunya adalah ruang baca.

Menyulap loteng dengan interior serba kayu dan menjadikannya sebagai ruang baca yang nyaman akan memberikan kesan rustic dan vintage.

Baca Juga : Kamar Mandi Konsep Alam yang Memukau dan Terlihat Segar

Selain itu, keberadaan loteng yang tersembunyi akan membuat suasana membaca menjadi lebih menyenangkan. Karena, tidak harus terganggu oleh suara-suara dari luar rumah.

Referensi ide desain ruang baca tersebut bisa Anda coba sewaktu-waktu, jika sudah merasa bosan dengan ruangan yang itu-itu saja. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto