Ikan Hias Aquarium Untuk Usaha Ternak Rumahan yang Menjanjikan

ikan hias aquarium
Usaha budidaya ikan hias aquarium. Foto: Ist/Net

Ikan hias aquarium merupakan jenis hiasan yang banyak orang menyukainya. Banyak keluarga modern yang memiliki aquarium dalam rumahnya. Ikan hias air tawar yang indah ini bisa menjadi media melepas lelah setelah bekerja seharian.

Tingginya permintaan pasar terhadap jenis ikan hias ini tentunya merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Apalagi banyak orang yang lebih senang berada dalam rumah saat pandemi Covid-19, memelihara ikan hias bisa menjadi hobi yang mengasyikkan.

Bahkan Anda bisa mengembangkan hobi menjadi lahan usaha baru yang menghasilkan. Tanpa perlu modal besar, usaha rumahan ini hanya membutuhkan modal kecil.

Namun dalam menjalankan usaha ini tentunya Anda harus menguasai tentang dunia ikan. Baik tentang sifat dan habitatnya, cara pemijahan, pendederan, hingga penanganan terhadap penyakit.

Usaha Budidaya Ikan Hias Aquarium

Cara budidaya ikan hias aquarium menjadi salah satu keterampilan yang penting. Bahkan belakangan ini banyak orang yang tertarik mempelajarinya, terutama mereka yang mau buka usaha ternak ikan hias.

Mereka melihat potensi yang menguntungkan dari bisnis ini. Bisnis ikan hias termasuk sangat menjanjikan dan banyak menjadi kegemaran masyarakat. Apalagi jumlah penggemar ikan hias sangat besar di Indonesia. Dari anak-anak sampai orang dewasa.

Nah, untuk Anda yang tertarik menjalankan usaha rumahan dengan berternak ikan hias, berikut ini beberapa faktor penting dalam budidaya ikan hias aquarium yang perlu Anda kuasai.

Baca Juga: Langkah Mudah Usaha Ternak Belut yang Dijamin Menguntungkan

Memilih Indukan Berkualitas

Dalam usaha budidaya ikan hias, memilih indukan sangat penting. Indukan yang berkualitas akan menentukan benih atau anakan yang unggul pula. Dengan benih unggul Anda bisa mengembangkannya menjadi ikan hias dalam jumlah yang banyak.

Anda bisa mendapatkan indukan ikan hias yang bagus dari peternak yang telah berpengalaman. Bisa Anda menghubungi komunitas ikan hias yang menyediakan atau menjual indukan ikan yang bagus.

Mengawinkan Indukan

Dalam usaha budidaya ikan hias aquarium Anda juga perlu memahami cara pemijahan untuk menghasilkan benih ikan yang unggul. Salah satu tahapannya adalah dengan melakukan perkawinan antara indukan jantan dengan betina dewasa.

Untuk melakukan pemijahan dapat kita awali dengan memilih indukan ikan hias yang berkualitas unggul. Ini penting supaya kita bisa dapatkan anakan ikan hias yang unggul pula.

Indukan ikan yang bagus untuk pemijahan mempunyai tanda yang jelas. Seperti tidak terserang penyakit, tubuhnya tak mengalami cacat, mempunyai kelamin yang matang dan telah dewasa.

Baca Juga: Usaha Ternak yang Menjanjikan di Masa Depan dengan Modal Kecil

Meneteskan Telur Ikan

Perkawinan atau pemijahan ikan hias aquarium betina dewasa dengan indukan jantan akan menghasilkan banyak telur. Telor ikan akan menempel pada dinding kolam akuarium.

Anda juga bisa menyiapkan media seperti karang untuk tempat telurnya. Selain itu juga bisa menggunakan teknik lain seperti dengan memindahkan indukan ikan jantan dan betina ke kolam lain.

Dalam beberapa hari telur-telur ikan hias akan menetas menjadi larva.  Selang tujuh hari, larva perlu Anda beri pakan alami berupa cacing sutera, infusoria atau kutu air. Lakukan secara bertahap agar tidak mengotori air kolam.

Namun seiring berjalan waktu, larva akan jadi anakan atau benih ikan. Karena itu pemberian pakan tentunya ikut berubah. Anda dapat memberikan pakan pada benih ikan berupa pelet, ikan kecil, atau serangga.

Tahap Penjualan

Tahap yang penting dalam bisnis budidaya ikan hias aquarium adalah masalah penjualan. Cara menjual ikan hias perlu Anda kuasai dengan baik supaya mendapatkan keuntungan atau laba. Sebenarnya tidak sulit untuk menjual ikan hias.

Berikut ini beberapa cara memasarkan ikan hias air tawar, antara lain:

  • Anda dapat memakai jasa bandar ikan hias yang mempunyai relasi banyak ke berbagai toko ikan hias.
  • Gaung dan tawarkan ikan hias melalui marketplace dan group Facebook
  • Anda juga bisa berjualan ikan ke sekolah-sekolah.
  • Berjualan ikan hias juga bisa dengan membuat kios kaki lima pinggir jalan yang strategis.

Bisnis sebagai Hobi

Untuk kesuksesan usaha ikan hias aquarium tak mudah. Karena bisnis ini membutuhkan sikap rajin, kerja keras, kreatif, inovatif dan telaten merawat ikan hias agar sukses.

Karena itu akan sangat bagus hasilnya apabila usaha semacam ini Anda lakukan karena memang sudah mencintai dunia ikan hias. Menjalankan pekerjaan budidaya ikan hias sebagai hobi akan lebih menyenangkan dan berhasil.

Demikianlah cara budidaya ikan hias aquarium yang menjanjikan keuntungan besar. Ada banyak potensi keuntungan bisnis ini. Seperti penghasilan yang besar, fleksibel dalam jam kerja, dan dapat Anda kerjakan secara sampingan. (R11/HR Online)

Editor: Jujang