Ini Syarat Bagi Sekolah di Ciamis yang Ingin Laksanakan KBM Tatap Muka

Ini Syarat Bagi Sekolah di Ciamis yang Ingin Laksanakan KBM Tatap Muka
Ilustrasi KBM tatap muka. Foto:Ist/Net

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Untuk mengecek kesiapan KBM tatap muka, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis mulai hari ini sudah bergerak melaksanakan verifikasi ke setiap sekolah baik itu sekolah dasar (SD) maupun SMP.

Pengecekan tersebut untuk melihat kesiapan tentang penerapan protokol kesehatan Covid-19 di setiap sekolah.

Ada beberapa indikator atau persyaratan yang nanti di lihat oleh tim verifikasi, jadi setiap sekolah harus menyiapkannya agar lolos dan terverifikasi.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Dr. H. Asep Saeful Rahmat menjelaskan, indikator atau persyaratan yang harus sekolah siapkan agar bisa menggelar KBM tatap muka yaitu, kesiapan sekolah dalam kurikulum darurat kondisi khusus.

“Jadi, apakah sekolah tersebut sudah siap dalam kurikulum darurat kondisi khususnya atau belum? Kemudian SK mengajarnya sudah ada apa belum? Jadwal pelajaran sudah disiapkan, jadwal piket petugas disiapkan atau belum,” ujar Asep, Senin (28/12/2020).

Asep mengatakan, selain itu di sekolah juga apakah ada posko satuan tugas (Satgas) Covid-19 atau tidak.

Jadi jika ada posko tersebut, bisa menangani ketika ada informasi tentang adanya Covid-19.

Kemudian, lanjutnya, harus ada tempat cuci tangan atau hand sanitizer, alat pengecekan suhu tubuh.

Selain itu sekolah juga harus menyiapkan spanduk slogan Covid-19, rambu-rambu jaga jarak, masker, ruang UKS dan toilet bersih, dan jadwal penyemprotan desinfektan secara berkala.

“Itu semua sebagai indikator, dan nanti tim verifikasi melihat sebagai bukti sekolah tersebut sudah siap melaksanakan KBM tatap muka,” katanya.

Selain itu juga, kata Asep, tim verifikasi juga akan melihat rekomendasi dari komite tentang pernyataan dari orang tua.

Karena ini penting menyangkut dalam proses pembelajaran atau KBM tatap muka nanti.

“Itu beberapa indikator atau persyaratan yang harus disiapkan oleh setiap sekolah jika ingin sekolahnya bisa melaksanakan KBM tatap muka tahun 2021,” pungkasnya. (DSW/R8/HR Online)

Editor: Jujang