International Mountain Day, LPLHI Tanam Pohon di Gunung Galunggung

International Mountain Day, LPLHI tanam pohon di Galunggung Tasikmalaya. Foto: Apip Wilianto/HR.
International Mountain Day, LPLHI tanam pohon di Galunggung Tasikmalaya. Foto: Apip Wilianto/HR.

Berita Tasikmalaya (harapanrakyat.com),- International Mountain Day 2020, LPLHI (Lembaga Penyelamat Lingkungan Hidup Indonesia, melakukan penanaman 100 pohon barringtonia di lereng Gunung Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kegiatan penanaman 100 pohon tersebut dibuka oleh Cluster Manager (CM) Wisata Gunung Galunggung, Dudung Suhaeri, Sabtu (12/12/2020).

Ketua Umum LPLHI, Mugni Anwari, mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini dalam rangka memperingati Hari Gunung Internasional atau International Mountain Day 2020.

“Kami menanam 100 pohon jenis baringtonia. Fungsinya pohon ini kalau sudah besar bisa menjadikan Gunung Galunggung lebih banyak pohon pelindungnya,” kata Mugni.

Tak hanya menanam pohon, lanjut Mugni, LPLHI Tasikmalaya juga membersihkan sampah plastik yang berserakan sekitar kawah Gunung Galunggung.

Baca Juga : Kedai Senjakala, Rekomendasi Tempat Ngopi di Galunggung Tasikmalaya

Karena, dalam momen peringatan International Mountain Day ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pegunungan bagi kehidupan. Sekaligus juga menyadarkan masyarakat tentang segala isu yang berpotensi membahayakan eksistensi gunung.

Pihaknya pun berpesan kepada wisatawan agar jangan membuang sampah plastik sembarangan, sebab akan mencemari kealamian Gunung Galunggung.

“Jaga Gunung Galunggung ini oleh kita bersama karena sangat indah, dan menjadi primadona wisatawan dari luar kota,” kata Mugni.

LPLHI Tasikmalaya sengaja melakukan penanaman pohon jenis barringtonia yang artinya pohon perdamaian. Kegiatan penanaman pohon tersebut berlangsung di sekitar puncak kawah Wisata Gunung Galunggung.

Wisata Gunung Galunggung dikelola oleh Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Ecotourism Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten.

“Harapan kami dari LPLHI setelah  penanaman pohon ini dapat bermanfaat, dan menambah keindahan kawah Gunung Galunggung yang saat ini sangat kurang pohon pelindungnya,” pungkas Mugni. (Apip/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah