Jabar dan NTB Jalin Kerja Sama Berbagai Sektor

Jabar dan NTB Jalin Kerja Sama Berbagai Sektor
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat berada di Kota Mataram, NTB Kamis (17/12/2020). Foto:Istimewa

Berita Jabar (harapanrakyat.com).- Pemprov Jabar dan Pemprov NTB (Nusa Tenggara Barat) jalin kerja sama berbagai sektor, mulai dari pariwisata, ekonomi kreatif, pariwisata, perdagangan, UMKM hingga pendidikan.

Kesungguhan kerja sama tersebut nampak dalam acara penandatanganan MoU atau Memorandum of Understanding antara Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah di Kota Mataram, Kamis (17/12/2020).

Kerja sama tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan masing-masing SDA atau Sumber Daya Alam dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Jangka waktu kerja sama tersebut dari tahun 2020-2023.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, kerja sama Jabar dan NTB ini sangat erat.

Momentum MotoGP tahun 2021 yang penyelenggaraannya di Mandalika, Lombok Tengah, bukan hanya menjadi kebanggaan NTB, tapi seluruh Indonesia.

“Maka semua wajib mencintai dan mendukung kesuksesan NTB,” ujar Emil.

Baca Juga: Gubernur Jabar Minta Bank BPD Bantu Pelaku UMKM Pulihkan Ekonomi

MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika sendiri masuk dalam daftar cadangan draf kalender MotoGP 2021 yang dirilis penyelenggara MotoGP, Dorna Sports.

Kang Emil melanjutkan, Provinsi Jawa Barat dan NTB sudah punya kedekatan sejak lama.

Gubernur NTB tahun 1968-1979, Alm. Wasita Kusumah, adalah orang Tasikmalaya.

“Pembangunan Indonesia tak perlu dikotak-kotakan, kurangi kata kompetisi dam perbanyak berkolaborasi karena kita sama-sama NKRI,” jelas Emil.

Pihaknya lanjut Emil, akan ikut serta mengembangkan ekonomi kreatif sebagai bentuk kerjasama Jabar dan NTB.

“Produk Jabar dan NTB akan kita pasarkan selama MotoGP Mandalika berlangsung, ini akan jadi daya tarik wisatawan dalam dan luar negeri,” katanya.

Emil pun mengapresiasi pembangunan NTB di bawah kepemimpinan Zulkieflimansyah, karena  mampu menghadirkan inovasi-inovasi dengan memanfaatkan tekonologi bidang ekraf dan pariwisata.

Sementara itu, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah bangga karena kerja sama Jabar dan NTB bisa terwujud.

Ia mengaku mendapat masukan dari Kang Emil soaal peningkatan sektor ekraf dan UMKM di NTB jelang MotoGP Mandalika berlangsung

“Saya berharap kerja sama Jabar dan NTB bisa menghasilkan inovasi yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Jujang/R8/HR Online)

Editor: Jujang