Jabar Explore 2020, Cara Kembangkan Pariwisata dan Ekonomi di Jabar

Jabar Explore 2020
Ridwan Kamil saat melepas Jabar Explore 2020 dari Gedung Pakuan, Bandung, Sabtu (5/12/2020). Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Pemprov Jabar terus mengembangkan potensi wisata. Terutama banyak tempat yang berpotensi jadi destinasi wisata yang belum terekspos. Melalui Jabar Explore 2020, Pemprov Jabar melakukan penjelajahan untuk mengeksplorasi keindahan alam yang masih tersembunyi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan dengan eksplorasi Jabar ini bisa mengembangkan potensi pariwisata. Peserta kegiatan pun dapat mempromosikan seni dan budaya Jabar.

“Jabar memiliki keindahan yang kurang promosi karena ketidaktahuan. Sehingga tidak ada pergerakan. Banyak air terjun, danau, pantai dan gunung, dengan keindahannya tersendiri,” ujar Ridwan Kamil saat melepas Jabar Explore 2020 dari Gedung Pakuan, Bandung, Sabtu (5/12/2020).

Program explore ini sangat tepat untuk pengembangan pariwisata. Karena terdapat program promosi seni dan budaya, eksplorasi desa wisata, bakti sosial, penanaman pohon, penyaluran UMKM hingga dokumentasi perjalanan.

Ridwan Kamil optimis pariwisata Jabar akan pulih dengan cepat setelah terpuruk akibat Pandemi Covid-19. Destinasi wisata Jabar selain mempunyai keindahan alam juga memiliki akses yang mudah. Sektor Pariwisata ini bisa mempercepat pemulihan ekonomi Jawa Barat.

“Saya titip ke Tim Jabar Explore 2020 agar memberikan testimoni lokasi, untuk rute-rute wisata baru di Jabar. Supaya masyarakat pun kebahagiaannya meningkat. Tapi dengan menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya.

Ridwan Kamil pun menitipkan kepada Bank BJB agar memfokuskan wisata dengan regional tourism. Seperti dengan dukungan Bank BJB untuk membuat perahu dan membangun cafe-cafe di desa.

Sementara itu, Yuddy Renaldi, Direktur Utama Bank BJB menuturkan Jabar Explore 2020 ini bisa memberdayakan para pelaku UMKM. Selain bertujuan untuk mengembangkan potensi pariwisata Jabar.

“Wisata di Jabar sangat begitu indah. Dengan adanya pemberdayaan UMKM yang  juga menjadi bagian dari kegiatan kami, untuk meningkatkan potensi ekonomi Jabar,” ujar Yuddy.

“Kami mohon dukungan dari kegiatan Jabar Explore ini. Kegiatan ini juga berkaitan dengan peningkatan perekonomian Jabar, UMKM dan Pariwisata. Bank BJB jadi fasilitatornya,” pungkasnya. (Dang/R9/HR-Online)

Editor : Dadang

Aegis Boost Pro