Jejak Kaki Nabi Adam, Berada di Puncak Gunung Srilanka

Jejak Kaki Nabi Adam, Berada di Puncak Gunung Srilanka
Ilustrasi jejak kaki nabi adam. Foto: islamiclandmarks.com

Jejak kaki nabi Adam diyakini terletak pada puncak gunung setinggi 2243 m pada permukaan laut. Bahkan para warga Budha dan Hindu Srilanka sudah menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat sakral.

Bahkan pada tempat tersebut juga kerap sekali melakukan ritual. Ukuran dari jejak kaki tersebut dengan panjang 1,8 m dan lebar 1m. Dalam ajaran islam sudah banyak diketahui jika nabi Adam merupakan manusia pertama yang turun ke bumi.

Nabi Adam as menjadi manusia pertama yang turun ke bumi dari surga. Hal ini terjadi karena beliau telah melanggar perintah Allah SWT.

Kabarnya beliau telaah turun dari surga tepat berada pada puncak gunung yang berada pada wilayah Srilanka. Hal ini terjadi karena nabi Adam as telah melanggar larangan Allah SWT yang memakan buah khuldi.

Meski kepercayaan ini benar adanya namun, masih banyak orang yang belum tahu akan jejaknya yang sebenarnya. Ukuran jejak tersebut memiliki ukuran 7000+kaki lebih tinggi dari puncak gunung tersebut.

Jejak kaki nabi Adam as menjalar tajam kearah langit. Bahkan tidak hanya itu saja, puncak gunung tersebut juga menjadi jejak kaki suci. Ada 4 agama yang menganggapnya yaitu budha, kristen, islam, dan hindu.

Namun, justru sebagian besar orang lebih mengenalnya dengan sebutan puncak Adams. Belum bisa anda ketahui akan fakta yang terjadi apakah hal tersebut memang benar adanya atau tidak.

Baca juga: Amalan Penghapus Dosa, Lakukan untuk Mengurangi Kesalahan

Fakta Menarik Jejak Kaki Nabi Adam AS

Akhir-akhir ini hadir kabar adanya foto telapak kaki dengan ukuran raksasa pada puncak sebuah gunung. Kabar yang beredar tersebut juga bertuliskan narasi.

Isi dari narasi tersebut mengatakan jejak telapak nabi Adam as, barang siapa yang melihatnya akan dilimpahkan rejeki hingga 7 turunan. Namun, faktanya berbeda dengan yang ada pada tulisan tersebut.

Setelah melakukan penelusuran lebih jauh jika hal tersebut hanyalah berita bohong atau hoaks. Gambar telapak kaki yang ada pada gambar tersebut sebenarnya berada pada kaki gunung Lampu, Tapaktuan, Aceh Selatan.

Telapak tersebut tepat berada pada sebuah batu karang yang menghadap lautan lepas. Namun, semua ini tergantung dari yang melihat dan menyikapinya.

Awal Mula Nabi Adam Turun Ke Bumi

Jika melihat akan adanya jejak kaki nabi Adam as mungkin semua orang islam sudah tahu jalan ceritanya. Bahkan dalam Al-Qur’an sendiri sudah jelaskan jika nabi Adam as telah melanggar larangan Allah SWT. 

Akhirnya beliau turun atas perintah Allah SWT ke bumi bersama istrinya. Seperti yang sudah banyak umat islam ketahui jika nabi Adam turun ke bumi pada tempat yang berbeda dengan istrinya. 

Nabi Adam as turun pada puncak sebuah gunung di Srilanka. Sedangkan Hawa istrinya turun pada tempat yang memiliki jarak ribuan kilometer. Akan tetapi setelah lama berpisah keduanya bertemu saat berada lokasi Jabal Arham, Arafah, Arab Saudi.

Baca juga: Pembagian Ahli Waris dan Syarat Ketentuan Menurut Ajaran Islam

Beberapa Anggapan Jejak Kaki Nabi Adam AS

Tidak hanya umat islam yang beranggapan jika gambar telapak kaki tersebut merupakan salah satu hal ajaib. Karena berbagai alasan sebagian besar orang memperoleh anggapan yang berbeda-beda menurut kepercayaannya masing-masing.

Pada kepercayaan umat Budha menganggap jika telapak kaki tersebut merupakan milik raksasa yang terbesar. Telapak tersebut tercetak pada bagiaan atas batu safir oleh budha saat kunjungan terakhir di Srilanka.

Sedangkan dari anggapan dari umat Kristiani bahwa jejak tersebut merupakan milik St. Thomas. Cetakan kaki terbuat ada ketika dirinya menyebarkan agama kristen.

Berbeda dengan umat islam yang menganggapnya merupakan jejak kaki nabi Adam as yang turun ke bumi. Dari adanya anggapan berbagai opini dari seluruh umat yang berbeda kini justru menjadi lokasi wisata.

Banyak orang yang berkunjung untuk melihatnya. Bahkan lokasi tersebut ramai dan tidak pernah sepi pengunjung. Sampai saat ini pun tempat tersebut masih memiliki daya tarik tersendiri.

Puncak Adams berada pada wilayah Taman Nasional Horton Plains. Puncak tersebut terletak pada sekeliling hutan dan barisan pegunungan yang menawarkan pemandangan menarik.

Bahkan orang Arab terdahulu sempat kagum dan menyebutnya sebagai gunung tertinggi Srilanka, padahal tidak.

Setiap hari puncak Adams yang memiliki jejak kaki tersebut menjadi tempat berziarah . Sayangnya jejak kaki nabi Adam as tersebut hanya bisa dikunjungi pada bulan Desember hingga April. (R6/HR-Online)

Editor: Muhafid