Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita TerbaruJenis Ikan Hias Cantik dengan Corak dan Warna Unik

Jenis Ikan Hias Cantik dengan Corak dan Warna Unik

Jenis ikan hias cantik sangat bermacam-macam. Ada yang berasal dari ikan air tawar dan ada juga yang berasal dari lautan. Jenis ikan ini tergantung dari peminatnya.

Biasanya orang memelihara ikan hias ini dengan akuarium yang bentuknya bervariasi. Lampunya yang menarik akan memberikan kesan indah pada akuarium ini. Suasana rumah akan lebih asri dengan adanya ikan hias dalam akuarium.

Jenis Ikan Hias Cantik

Ikan hias kebanyakan berasal dari air tawar. Sebab ikan-ikan ini mudah dalam perawatannya. Jika tekun dalam mengoleksi ikan hias, lama-kelamaan bisa menjadi bisnis yang menguntungkan.

Tentu hal ini adalah incaran banyak orang. Dengan memperoleh keuntungan akan membuat mereka lebih bersemangat dalam merawat ikan hias. Jika sudah menjalankan bisnis, pasti kualitas ikan hias akan semakin baik.

Inilah jenis-jenis ikan hias:

Ikan Manfish

Jenis Ikan Hias Cantik dengan Corak dan Warna Unik

Jenis ikan hias yang pertama merupakan ikan air tawar yang memiliki bentuk unik dan cantik. Ikan manfish ini memiliki bentuk pipih dan tipis. Manfish memiliki ciri-ciri sirip yang panjang.

Baca juga: Ingin Ternak Ikan Hias Air Tawar? Kenali Jenis yang Terpopuler

Karena bentuknya yang cantik, terkadang banyak orang yang menyebut ikan ini berasal dari laut. Ikan ini memiliki harga yang murah dengan warna yang sangat cantik. Untungnya, ikan ini mudah beradaptasi dengan lingkungan sehingga tidak akan stres.

Ikan Cupang

Jenis ikan hias cantik berikutnya adalah cupang. Ikan yang satu ini sudah sangat legendaris dan banyak orang yang hobi memelihara ikan ini. Tak hanya itu, cupang juga memiliki harga yang murah.

Tentu dengan harga yang murah semakin banyak peminat dari ikan ini. Cupang memiliki warna yang sangat unik. Terlebih bentuk dari ikan ini juga bermacam-macam, jadi membuat orang terpesona.

Ikan cupang memiliki sifat yang agresif. Hal ini membuat ikan cupang tidak cocok satu tempat dengan jenis ikan lainnya. Sebab bisa saja ikan cupang ini memberikan dampak buruk bagi ikan yang lain.

Ikan Pedang atau Swordfish

Berikutnya ada ikan pedang atau swordfish yang memiliki bentuk sangat indah. Ikan ini memiliki warna merah terang. Tak hanya itu, ikan pedang ini juga memiliki sirip yang lancip dan memanjang seperti pedang pejantan.

Memelihara jenis ikan hias cantik ini tidak susah atau repot. Cukup menggunakan akuarium dan pelet ikan saja. Ikan ini mampu bertahan tanpa adanya alat oksigen.

Ikan Molly

Jenis Ikan Hias Cantik dengan Corak dan Warna Unik

Lalu, ada ikan molly yang bisa memperindah akuarium. Ikan ini memiliki warna yang sangat indah. Jenis ikan ini berbeda dengan ikan cupang karena memiliki sifat yang tidak agresif alias jinak.

Dalam urusan perawatan ikan ini sangat mudah sehingga tak heran apabila banyak orang yang menyukainya. Ukuran dari ikan molly ini sangat kecil dan gempal. Memiliki warna yang bervariasi dan unik.

Ikan ini memiliki daya tahan yang kuat karena mampu bertahan hidup walau tidak ada alat oksigen. Ini adalah keunggulan dari ikan ini yang jarang ada pada jenis ikan hias lainnya. Sehingga lebih menghemat biaya perawatan.

Ikan Oscar

Jenis Ikan Hias Cantik dengan Corak dan Warna Unik

Jenis ikan hias cantik berikutnya adalah ikan oscar. Ikan ini sebelas dua belas dengan ikan cupang. Sebab ikan juga sangat ganas dengan tampilan fisik yang indah.

Bentuknya sepintas mirip dengan ikan nila. Yang membedakan adalah warna dan kombinasi sisik yang bervariasi. Tentu perbedaan ini sangat mencolok dan terlihat jelas.

Ikan Komet

Jenis ikan yang satu ini memiliki nama Carrasius auratus. Termasuk dalam jenis ikan hias air tawar yang sangat cantik. Ikan ini pas jika peletakannya bersama jenis ikan lainnya.

Baca juga: Potensi Bisnis Budidaya Ikan Hias yang Sangat Menjanjikan

Sebab ikan ini tidak agresif dan sangat bersahabat dengan jenis ikan yang lain. Memiliki kombinasi warna yang sangat indah sehingga akan indah jika sudah dalam akuarium. Hal ini sangat memanjakan mata pemilik ikan komet.

Ikan Lemon

Jenis Ikan Hias Cantik dengan Corak dan Warna Unik

Jenis ikan hias cantik berikutnya masih berasal dari air tawar, yaitu ikan lemon. Ciri khas dari ikan ini adalah memiliki warna kuning seperti lemon. Perawatan ikan ini sangat mudah dan tidak perlu ribet.

Memiliki nama latin Neolamprologus leleupi. Ikan ini memiliki daya tahan yang cukup luas jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Sehingga tidak akan mudah mati karena kurang asupan makanan.

Jenis ikan yang satu ini cocok bagi kolektor ikan pemula yang ingin memelihara ikan hias. Sebab daya tahan ikan yang kuat mampu beradaptasi dengan situasi apapun. Asalkan tetap memeliharanya dengan baik dan sesuai prosedur.

Ikan lemon merupakan jenis ikan hias yang agresif. Alangkah baiknya tidak mencampurkan jenis ikan ini dengan ikan lainnya. Hal ini demi keberlangsungan hidup ikan lemon dan lainnya.

Ikan Arwana

Jenis Ikan Hias Cantik dengan Corak dan Warna Unik

Berikutnya ada ikan arwana yang merupakan jenis ikan hias cantik. Ikan arwana adalah jenis ikan yang populer oleh kalangan kolektor. Hal ini karena memiliki corak sisik yang cantik dan unik.

Ikan ini juga memiliki ciri khas yang unik yaitu memiliki dua buah sungut bawah bibir. Sungut ini bukan sebatas hiasan semata. Tetapi sebagai sensor getar untuk mengetahui posisi mangsanya.

Ikan arwana memiliki gerakan yang meliuk-liuk. Bagi pecinta ikan hias, ini adalah poin penting dalam pemilihan ikan arwana. Tak hanya itu, warnanya yang mengkilap menambah kesan elegan.

Ikan Mas Koki

Akuarium juga akan cantik bila berisi ikan mas koki. Ikan ini sangat legendaris dan sudah tidak asing lagi. Banyak orang yang memelihara ikan ini karena perawatannya mudah.

Jika berniat memelihara ikan ini, sebaiknya menggunakan akuarium berukuran sedang atau besar. Jenis ikan hias cantik ini membutuhkan ruang yang luas untuk hidup karena demi mencukupi kebutuhan oksigen.

Ikan mas koki mempunyai nama lain Goldfish. Ada 130 macam jenis ikan mas koki yang sering sebagai koleksi. Tentu memiliki warna dan corak yang sangat menarik.

Ikan Louhan

Ada lagi ikan hias yang juga legendaris, yaitu ikan louhan. Ikan ini merupakan koleksi sejak zaman dahulu. Memiliki bentuk yang unik dengan benjolan pada kepalanya.

Baca juga: Bisnis Aquascape dan Ikan Hias di Banjar Menjanjikan

Ciri ini sangat khas dan tidak ada pada jenis ikan lainnya. Tak heran apabila ikan louhan memiliki harga yang terbilang mahal. Apalagi jika corak dan warnanya unik dan berbeda atau memiliki makna.

Jenis ikan hias cantik ini memakan ikan-ikan kecil. Jika memelihara ikan ini, berarti harus mempunyai stok makanan. Ketika sudah besar dan dewasa, ukuran ikan ini mencapai satu meter.

Ikan Discus

Jenis ikan ini termasuk golongan ikan air tawar yang hidup di alam liar. Namun, sudah banyak orang yang mengoleksi ikan ini. Sebab memiliki bentuk yang cantik.

Ikan discus memiliki ukuran yang besar dengan warna-warna cerah. Terkadang ikan ini sebagai raja akuarium karena keindahan warnanya. Ikan ini berasal dari lembah Amazon dan beberapa anak sungai seperti Rio Negro.

Jika memelihara jenis ikan hias cantik ini, sebaiknya selalu memastikan suhu kisaran 27 derajat Celcius. Selalu memperhatikan pH air 6 sampai 7. Jenis ikan ini cocok untuk pemula yang akan memelihara ikan hias.

Jika memelihara ikan discus bisa menambahkan aksesoris berupa daun yang lebar dan besar. Sebab jenis ikan hias ini sangat menyukai daun yang seperti itu. Bisa juga menambahkan kayu yang sudah lapuk dengan susunan vertikal.

Ikan Zebra Pleco

Jenis Ikan Hias Cantik dengan Corak dan Warna Unik

Yang terakhir ada ikan hias bernama Zebra pleco. Ikan ini kini sulit perolehannya, sebab sering sebagai perburuan karena coraknya yang unik. Keberadaan ikan ini sudah mulai menurun dari populasinya.

Merupakan jenis ikan hias cantik yang berukuran kerdil. Sehingga cocok untuk ukuran akuarium yang kecil dan menengah. Bisa memberikan hiasan berupa batu batuan dan lain sebagainya.

Baca juga: Jadi Sentra Ikan Hias, Karta Mekarjadi Ciamis Minta Pemerintah Bangun Saluran Air

Makanan ikan ini tidak ribet, hanya perlu daging beku seperti pelet dan binatang hidup. Jangan memelihara ikan Zebra pleco satu tempat dengan ikan lainnya. Karena bisa saja berebut makanan sehingga kebutuhan makannya tidak terpenuhi dengan baik.

Ikan Guppy

Merupakan jenis ikan hias yang sudah tidak asing lagi. Memiliki bentuk tubuh yang mirip seperti wanita yang sedang memakai rok. Ikan ini berukuran kecil sehingga tidak membutuhkan akuarium yang besar. Ikan ini mampu beradaptasi pada lingkungan apapun. Sehingga perawatannya tidak terlalu susah.

Itulah jenis ikan hias cantik yang banyak peminatnya. Bisa menjadi bisnis besar jika tekun mengoleksinya. Jangan lupa untuk terus merawat ikan-ikan dengan penuh kejelian. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

- Advertisment -