Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruJenis Klakson Mobil, Beragam Pilihan dengan Suara yang Khas

Jenis Klakson Mobil, Beragam Pilihan dengan Suara yang Khas

Jenis klakson mobil cukup banyak dengan suara khas masing-masing. Sebagai pemilik kendaraan, sebelum membeli sebaiknya tahu dulu apa saja jenis dan spesifikasinya.

Klakson mobil merupakan komponen penting yang wajib ada. Dengan adanya komponen ini, anda bisa memberi peringatan pada kendaraan lain.

Apalagi saat mobil yang anda kendarai akan menyalip, tentu klakson berperan penting. Hal ini bertujuan agar kendaraan yang ada pada bagian depan tahu.

Mungkin di Indonesia ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memberi peringatan pada kendaraan lain, yaitu dengan lampu dim atau klakson.

Namun, cara yang paling efektif untuk melakukan hal tersebut, yaitu dengan klakson. Komponen tersebut memang sudah menjadi barang bawaan dari kendaraan itu sendiri.

Baik untuk kendaraan mobil, sepeda motor, bus, truk, dan jenis kendaraan lainnya. Semua sudah memiliki kelengkapan dengan adanya komponen tersebut.

Klakson mampu menghasilkan bunyi dari sebuah getaran hasil dari penyusunnya. Bunyinya pun tidak sama. Hampir setiap tipe kendaraan memiliki suara khasnya masing-masing.

Baca Juga : Pasang Relay Klakson dari Dua Sistem yang Berbeda

Sebagian besar pemilik kendaraan seperti mobil masih kurang puas dengan bunyi klakson bawaan. Sehingga tidak jarang dari mereka untuk melakukan modifikasi atau ganti klakson.

Sebaiknya sebelum menentukan, anda perlu tahu jenis klakson mobil. Mengingat bunyinya yang beragam, anda bisa memilih sesuai selera.

Ada banyak jenis klakson dengan suara yang khas. Dengan mengganti komponen tersebut, mungkin anda bisa merasa lebih puas. Sehingga suaranya pun bisa lebih keras seperti yang anda harapkan.

Beberapa Jenis Klakson Mobil

Ada banyak jenis suara peringatan pada kendaraan. Karena fungsinya yang cukup penting, sebagai pemilik mobil, anda harus bisa memilih yang tepat. Komponen ini juga mampu menjaga keselamatan pengendara. Adanya komponen tersebut, anda bisa berkendara dengan aman.

Sebab, pengendara lain pun bisa mengetahui keberadaan anda, bahkan saat ingin menyalip sekalipun. Ada dua macam jenis sumber daya yang digunakan oleh komponen tersebut, yaitu udara dan listrik.

Baca Juga : Klakson Keong Terbaik, Suara Khas dengan Volume yang Keras

Mungkin sebagian besar pemilik mobil masih kurang faham dengan komponen tersebut. Pada umumnya, pemilik mobil hanya menggunakan klakson bawaan dari pabrik. Berbeda dengan orang yang suka terhadap otomotif.

Karena kurang merasa puas, banyak sekali yang melakukan penggantian klakson standar dengan yang lain. Jika anda masih belum tahu apa saja jenis klakson mobil, berikut ini ulasan lengkapnya:

Arus Bolak-Balik

Jenis klakson mobil yang pertama yaitu arus bolak-balik. Jenis yang satu ini menggunakan magnet listrik untuk dapat menghasilkan suara.

Pada bagian dalam komponen tersebut terdiri dari berbagai jenis kutub. Dimana kutub-kutub tersebutlah yang akan bergantian dari utara menjadi selatan dan seterusnya.

Frekuensi yang terjadi inilah mampu menghasilkan getaran pada membran. Sehingga akan menghasilkan suara. Namun, menggunakan jenis yang satu ini, ada juga kekurangannya. Saat putaran mesin turun, maka frekuensinya pun akan melemah.

Arus Searah (DC)

Pada jenis klakson mobil yang kedua ini juga menggunakan daya listrik. Namun, jauh berbeda dengan komponen jenis sebelumnya. Perbedaan terlihat pada perubahan frekuensinya.

Jenis yang satu ini tidak terjadi perubahan frekuensi, sebab arusnya searah. Sehingga butuh adanya kontak pemutus pada membrane sehingga klakson tidak terus berbunyi.

Cara kerjanya yaitu saat kontak pemutus tertutup, maka arus listrik mengalir ke magnet listrik. Sehingga plunger dan membrane akan tertarik ke arah magnet listrik.

Baca Juga : Penyebab Klakson Mobil Bunyi Terus, Segera Cabut Sekringnya

Saat terjadi seperti ini, pemutus akan membuka sehingga gaya magnet pun menghilang. Hal ini akan terus terjadi sehingga mampu menghasilkan bunyi. Ada dua jenisnya, yaitu model rumah siput dan piringan. Anda bisa sesuaikan dengan selera masing-masing.

Udara

Klakson udara pada umumnya digunakan untuk kendaraan berkapasitas besar, seperti truk, bus, dan kereta. Jenis yang satu ini memanfaatkan tenaga udara untuk menghasilkan bunyi.

Udara tekan tersebut merupakan hasil kompresor listrik atau rem angin. Agar suara lebih cepat dihasilkan, maka komponen tersebut harus berdekatan dengan kompresor.

Bagi anda yang ingin mengganti klakson, tentu bisa saja dilakukan dengan mudah. Namun, sebaiknya ketahui jenis klakson mobil agar bisa menentukan yang tepat dan sesuai kendaraan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img