Jenis Sasis Mobil, Kenali 4 Varian dengan Keunggulan Masing-Masing

Jenis Sasis Mobil, Kenali 4 Varian dengan Keunggulan Masing-Masing
Ilustrasi jenis sasis mobil. Foto: electrive

Jenis sasis mobil ada beberapa dan memiliki peranan yang cukup penting. Sebab, salah satu fungsinya yaitu untuk menopang bagian mesin, bodi, dan penumpang dalam mobil.

Pada umumnya, komponen tersebut terbuat dari besi yang kokoh. Jika tidak, ada juga yang terbuat dari baja dengan komposit tertentu. Hadirnya berbagai jenis dan merk mobil di Indonesia membuat pemilihan komponen ini juga bervariasi.

Sebagian besar kendaraan roda empat ini menggunakan sasis monokok. Dimana jenis kerangka yang menjadi satu dengan bodi. Sasis pada mobil itu sendiri hadir dengan beberapa macam.

Kerangka internal mobil yang satu ini menjadi dasar untuk suatu produksi dimana disatukan dengan mesin atau elektronik. Khususnya pada kendaraan roda empat yang memiliki fungsi cukup vital.

Sebab, semua komponen kendaraan bertumpu pada sasis mobil. Tidak hanya itu saja, komponen ini juga berperan penting dalam mempertahankan bentuk mobil.

Sehingga kendaraan tetap kaku, rigid, dan tidak mengalami deformasi saat digunakan. Karena fungsinya yang banyak, membuat komponen tersebut harus dalam kondisi bagus.

Lalu pembuatannya juga harus dari material berkualitas seperti besi/baja. Dengan material ini, sasis akan mampu menopang semua beban.

Maka dari itu, sebagai pemilik kendaraan, bisa memilih jenis sasis mobil yang sesuai dan berkualitas. Sehingga kebutuhan terpenuhi dari segi ketahanan, keamanan, hingga kemampuannya untuk berkendara dalam kondisi apapun.

Beberapa Jenis Sasis Mobil

Dunia otomotif pun ikut berkembang ketika dunia teknologi maju. Maka dari itu, kepemilikan kendaraan roda empat ini pun kian banyak.

Mungkin bagi pecinta otomotif sudah tahu akan berbagai komponen dan hal penting dalam kendaraan. Semua komponen mobil tentu memiliki peranannya masing-masing.

Sasis (chassis) menjadi salah satu komponen yang ada pada mobil dan peranannya cukup penting. Karena fungsi utamanya untuk menopang yang ada pada mobil, maka tentu bahannya berkualitas.

Selain itu, jenisnya pun beragam. Sebab, setiap tipe kendaraan pun memiliki jenis yang berbeda. Bagi anda yang masih belum tahu apa saja jenis dari komponen tersebut, sebaiknya cari tahu.

Berikut ini ada penjelasan tentang jenis sasis pada mobil yang perlu anda tahu. Komponen tersebut antara lain:

1. Monocoque Chassis

Jenis sasis mobil yang pertama yaitu monocoque chassis. Jenis yang satu ini merupakan komponen yang sering ada pada mobil. Pertama kali digunakan pada tahun 1923 pada jenis mobil Lancia Lambda.

Jika dulu bentuknya batangan, kini berubah menjadi satuan dengan body mobil. Sehingga mampu menopang semua komponen mobil dan penumpangnya.

Sasis yang satu ini banyak terdapat pada kendaraan jenis ringan. Alasannya karena lebih efisiensi pada proses produksi. Sebab, tidak perlu lagi membuat body mobil lagi.

Baca Juga : Umur Pakai Aki Mobil, Bisa Dipengaruhi Oleh Beberapa Faktor

Adapun kelebihan menggunakan monocoque chassis yaitu ruang kabin tetap stabil meski berada pada medan yang sulit. Namun, ada juga kekurangannya yaitu tidak bisa didesain ulang.

2. Ladder Frame Chassis

Jenis sasis mobil yang kedua ini merupakan tipe yang paling tua pada dunia otomotif. Jenis yang satu ini cocok untuk kendaraan yang memiliki bobot berat.

Baca Juga : Jenis Klakson Mobil, Beragam Pilihan dengan Suara yang Khas

Misalnya truk, bus, dan kendaraan pengangkut lainnya. Bentuknya mirip dengan tangga dan terbuat dari material baja simetris atau model balok.

Dengan diperkokoh cross members, membuatnya menjadi lebih kokoh. Kelebihan sasis jenis yang satu ini bisa didesain ulang, Namun, sayangnya tidak cocok untuk kendaraan berpenumpang.

3. Tubular Space Frame Chassis

Sasis tubular adalah material campuran besi balok atau jenis pipa yang terakit menjadi satu. Bentuknya sama persis dengan konstruksi kendaraan.

Jenis yang satu ini terdapat pada semua jenis mobil balap. Adapun keunggulan dari sasis yang satu ini yaitu mudah dalam desain dan juga penambahan komponen.

Baca Juga : Beberapa Fungsi Roof Box Mobil yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Namun, dalam perakitannya juga mengalami kesulitan. Sebab, semua komponen harus tersusun dan sambungan berbentuk segitiga. Jenis sasis mobil yang satu ini khusus untuk mobil balap.

4. Aluminium Space Frame Chassis

Sasis yang satu ini mulai terkenal sejak perusahaan otomotif bekerjasama dengan perusahaan alumunium alcoa. Jenis yang satu ini mampu menggantikan jenis monokok dari segi keunggulannya.

Salah satunya karena bobotnya yang ringan 40% dengan material lebih rigid 40% dari jenis lainnya. Ada beberapa jenis sasis mobil dengan keunggulannya masing-masing. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto