Jenis Sol Sepatu, Mampu Mempengaruhi Kenyamanan Penggunanya

Jenis Sol Sepatu, Mampu Mempengaruhi Kenyamanan Penggunanya
Ilustrasi jenis sol sepatu. Foto istimewa

Jenis sol sepatu cukup beragam. Tidak ada salahnya untuk mengetaahui apa saja jenisnya agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Sepatu menjadi aksesoris yang penting untuk menunjang penampilan. Selain mampu membuat anda terlihat trendi item fashion yang satu ini juga dapat membuat ketenaran seseorang lebih tinggi.

Tidak hanya untuk melindungi kaki namun, alas kaki yang satu ini juga membuat penampilan terlihat lebih maksimal. Pada dasarnya sepatu memang terdiri dari dua bagian yaitu atas (upper) dan bawah (sole).

Kedua bagian sepatu ini yang mengalami perkembangan hingga saat ini. Salah satu bagian yang penting pada alas kaki yang satu ini yaitu bagian sol.

Sebab, bagian inilah yang menerima bebnan tubuh yang tersaurkan melalui telapak kaki. Padahal jenis sol sepatu cukup banyak. Jika anda salah memilihnya akan berdampak langsung pada kenyamanan saat beraktivitas.

Baca Juga : Tren Model Sepatu Sneakers Wanita Tahun 2020

Jika anda paksa gunakan justru berdampak pada cidera kaki. Maka dari itu penting bagi siapa saja mengetahui berbagai macam jenis sole pada sepatu.

Tidak sedikit orang yang membeli sepatu hanya memeningkan bagian luarnya saja. Padahal itu tidak memberikan kemungkinan untuk kenyamanan.

Sebaiknya perhatikan berbagai macam hal agar anda bisa mendapatkan alas kaki yang tepat untuk dikenakan. Salah satunya yang perlu anda perhatikan yaitui sol yang ada pada alas kaki tersebut.

Setiap jenis alas kaki memiliki sol masing-masing. Semua bisa dilihat dari jenis materialnya masing-masing.

Setiap perbedaan yang ada bukan karena untuk penampilannya saja namun, juga berpengaruh pada fungsinya. Sebaiknya jika anda pengemar sepatu tidak ada salahnya untuk mengetahuinya secara detail.

Baca Juga : Sepatu Slip On Model Terbaru, Keunggulan Beragam Desain Menarik

Jenis-Jenis Sol Sepatu Secara Umum

Sepaatu menjadi salah satu aksesoris penampilan yang hadir dengan berbagai macam varian. Jenisnya yang banyak membuat memilihnya cukup sulit.

Padahal ada banyak perbedaan masing-masing. Ada juga jenisnya yang banyak digunakan sebagai pelengkap produksi saja.

Bagian ini menjadi cukup penting maka dari itu sebelum membelinya sebaiknya anda tahu beberapa jenis sol. Berikut ini ada beberapa macam pada umumnya antara lain:

1. Rubber

Pada jenis sol sepatu yang pertama yaitu rubber. Jenis yang satu ini terbuat dari karet yang lentur, kuat dan pastinya tahan lama. Pada umumnya jenis yang satu ini terdapat pada desain sepatu olahraga, boots,safety dan yang lainnya.

Alas kaki yang sering anda gunakan di lapangnan biasanya menggunakan jenis rubber. Tidak hanya itu saja, jenis yang satu ini juga bisa tambah jahitan pada sisi yang melekat pada kap sepatu. Jika tidak cukup dengan lem saja.

Keunggulan dari jenis rubber yaitu kuat, lentur, dan awet.Namun, sayangnya lebih berat dan lebih licin dari sol lainnya.

Baca Juga : Sepatu Anak Perempuan Hadir dengan Berbagai Model dan Warna Pilihan

2. TPR Outsole (Thermo Plastic Rubber)

Pilihan jenis sol sepatu yang kedua ini terbuat dari kombinasi plastik dan karet. Sepatu yang tahan airlah biasa menggunakannya karena tidak licin.

TPR Outsole (Thermo Plastic Rubber) lebih ringan dan keset jika terlena air. Tidak hanya itu saja sol ini juga lebih fleksibel dan lembut.Akan tetapi, sayangnya jenis yang satu ini kurang elastis.

3. Ethyl Vinyl Acetate (EVA)

Jenis yang ketiga yaitu Ethyl Vinyl Acetate (EVA). Materialnya cukup fleksibel dan lembut, sehingga tidak hanya untuk bagian luar sepatu. EVA hasil dar PU yang dipadatkan membentuk busa lembut melalui pencetakan.

Bahkan karena materialnya sangat bagus hingga memiliki julukan penbahan guncangan terbaik. Pada umumnya jenis sol ini biasa ada pada model sepatu basket, lari, dan olahraga lainnya.

4. PU Outsole (Polyrethine)

Ada juga jenis yang banyak untuk sepatu anti slip dan ringan. Selain itu, tahan terhadap minyak(oil resistance). Namun, jenis yang satu ini memiliki harga cukup tinggi karena memiliki masa kadaluarsa.

Sebab, jika sudah expired sol akan hancur dengan sendirinya. Itulah yang membedakan antara sol yang ini dengan lainnya. Setiap sepatu memiliki jenisnya masing-masing.

Bagi anda yang ingin membeli alas kaki untuk menunjang kenyamanan sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Sebaiknya ketahui dulu jenis sol sepatu untuk mendapatkan yang terbaik dari segi fungsinya. (R10/HR-Online)

Aegis Boost Pro