Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruJenis Tulang Daun pada Tumbuhan dan Fungsi dari Daun

Jenis Tulang Daun pada Tumbuhan dan Fungsi dari Daun

Jenis tulang daun memang bermacam-macam. Setidaknya ada empat jenis yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Jika diperhatikan, tidak semua bentuk daun itu sama.

Daun merupakan bagian tumbuhan yang memiliki peran sangat penting. Salah satunya adalah untuk membantu mengolah makanan pada tumbuhan. Proses pengolahan makanan itu bernama fotosintesis.

Daun juga merupakan bagian terluar dari tumbuhan. Bagian ini terlihat jelas oleh mata. Tak hanya jenisnya saja yang bermacam-macam, tetapi ukurannya juga bervariasi tergantung dari jenis tanamannya.

Jenis Tulang Daun

Struktur daun ada yang bagian luar dan bagian dalam. Tetapi yang membedakan daun tanaman satu dengan yang lainnya adalah bentuk tulang daunnya. Berikut adalah tulang daun pada tumbuhan:

Tulang Daun Menyirip

Penyebutan untuk jenis yang satu ini adalah penninervis. Memiliki ciri-ciri bentuk yang menyirip layaknya sirip ikan. Daun jenis ini memiliki ibu tulang yang memanjang dari pangkal hingga ujung daun.

Selain itu, daun ini juga memiliki panjang tulang yang memanjang sampai ke tangkai daun. Dari bagian ibu tulang terdapat tulang-tulang cabang. Inilah yang membuat wujud tulang daun ini mirip sirip ikan.

Jenis tulang daun ini memiliki susunan yang rapi mulai dari tangkai hingga ujung helai daun. Contoh dari tumbuhan yang memiliki tulang daun menyirip adalah jambu, mangga, dan rambutan.

Baca Juga: Fungsi Tulang Pengumpil Berkaitan dengan Alat Gerak Manusia

Tulang Daun Menjari

Berikutnya ada tulang daun menjari atau palminervis. Merupakan tipe daun yang bentuknya mirip seperti jari manusia. Tipe ini juga memperlihatkan susunan jari tangan.

Sebab daun ini memperlihatkan dengan jelas susunan daunnya. Mulai dari ujung tangkai yang terlihat jelas hingga pangkalnya. Terlihat bahwa keluar beberapa cabang tulang yang menyerupai jari tangan.

Jenis tulang daun ini memiliki fisik tulang pada tanaman yang berbiji. Tentu maksud dari biji ini yang terbelah atau biji dikotil. Contoh dari tumbuhan daun menjari adalah pohon ubi jalar, pohon pepaya, pohon melon, dan lain sebagainya.

Tulang Daun Melengkung

Ada juga tulang daun yang bentuknya melengkung. Bahasa ilmiahnya adalah cervinervis. Ciri fisik dari daun melengkung adalah memiliki beberapa tulang besar.

Satu tulang besar ini berada pada bagian tengah daun. Sedangkan yang lainnya memanjang mengikuti alur pada tepi daun. Alur dari lengkungan tulang ini akan memisah dan bersatu kembali pada bagian ujung daun.

Jenis tulang daun ini biasanya terdapat pada tanaman yang berbiji tunggal atau monokotil. Contoh dari tanaman tulang daun melengkung adalah pohon gadung, pohon waru, pohon genjer, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Karakteristik Tulang Pipa, Definisi, Hingga Struktur dan Jenis-Jenisnya

Tulang Daun Sejajar

Bentuk daun juga ada yang memiliki tulang sejajar. Bahasa ilmiah dari jenis tulang ini adalah rectinervis. Biasanya tanaman yang memiliki daun ini tersusun atas daun bangun garis atau pita.

Umumnya daun ini memiliki satu tulang besar. Letak dari tulang besar berada pada bagian tengah daun dan membujur sepanjang daun. Sedangkan tulang lainnya memiliki ukuran yang lebih kecil dan searah dengan ibu tulang.

Jenis tulang daun sejajar ini terdapat pada tanaman berbiji tunggal atau monokotil. Biasanya juga merupakan tanaman yang kecil. Contohnya yaitu padi, jagung, kelapa sawit, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Fungsi Tulang Betis yang Sangat Penting Bagi Manusia Secara Lengkap

Fungsi Daun pada Tumbuhan

Permukaan daun memiliki rambut-rambut tipis yang sulit terlihat. Tetapi ini jelas adanya terutama pada pangkal daun atau daun sering dihiasi daun penumpu. Pada daun rumput biasanya memiliki perbatasan helai dan pelepah biasanya memiliki lidah-lidah.

Semua hiasan itu memiliki fungsi masing-masing dari jenis daunnya. Setelah mempelajari jenis tulang daun, alangkah baiknya mengerti fungsi dari daun. Berikut adalah fungsi daun:

Fotosintesis

Daun selain sebagai pemanis pada tumbuhan juga bisa sebagai pengolah makanan. Biasanya pengolahan ini bernama fotosintesis. Pada tanaman berbiji ganda fotosintesis berlangsung pada parenkim palisade.

Tetapi pada tumbuhan berbiji tunggal fotosintesis berlangsung pada jaringan spons. Tentu saja proses fotosintesis ini dengan bantuan air, cahaya matahari, dan CO2.

Sebagai Organ Pernapasan

Daun juga berfungsi sebagai organ pernapasan. Sebab daun memiliki stomata yang merupakan alat untuk respirasi. Stomata juga berfungsi sebagai transpirasi, gutasi, dan alat perkembangbiakan vegetatif.

Itulah jenis tulang daun dan beberapa fungsi daun pada tumbuhan. Walaupun hanya sebuah daun, ternyata memiliki peran yang sangat penting. Sehingga membantu tumbuhan untuk hidup dan berkembang. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -