Kaca Mobil Buram, Inilah Cara Tepat untuk Mengatasinya

Kaca Mobil Buram, Inilah Cara Tepat untuk Mengatasinya
Ilustrasi kaca mobil buram. Foto: Ist/Net

Kaca mobil buram, cari tahu apa penyebab dan cara mengatasinya. Jika tidak segera anda lakukan, justru bisa berpengaruh pada keselamatan saat berkendara.

Sebab, kaca berperan penting ketika pengendara menjalankan mobilnya. Sebagian besar komponen tersebut memang tampak buram ketika musim hujan.

Hal ini sudah sering dikeluhkan oleh pemilik kendaraan. Jika kaca tampak seperti itu, tentu akan mengganggu pandangan pengemudi saat berkendara.

Setiap kendaraan memang memiliki komponen dan peranannya masing-masing. Maka dari itu, sebaiknya berikan perawatan yang tepat agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Merawat kaca mobil memang terkadang dianggap mudah. Padahal jika anda hanya asal-asalan tentu tidak dapat hasil yang maksimal. Apalagi setiap masalah yang terjadi diakibatkan oleh faktor yang berbeda.

Salah satunya masalah kaca yang disebabkan oleh jamur yang menempel pada bagian permukaan. Namun, ada juga yang beranggapan jika masalah tersebut akibat kandungan air mineral yang tinggi.

Sehingga debu dan kotoran akan mudah sekali menempel menjadi endapan pada permukaan kaca. Ketika masalah ini anda alami, tentunya akan mengakibatkan masalah saat berkendara.

Visibilitas atau pandangan saat mengemudi pun menjadi terbatas. Apalagi jika tidak hati-hati dapat berakibat buruk, bahkan timbul terjadinya kecelakaan. Segera cari tahu apa penyebabnya untuk bisa memberikan solusi yang tepat mengatasi masalah ini.

Kaca Mobil Buram Akibat Jamur, Begini Cara Mengatasinya

Kaca mobil memiliki peranan yang cukup penting untuk pengendara. Ketika komponen tersebut tampak bersih dan mengkilap, tentu akan membantu jarak pandang pengemudi lebih aman.

Namun, berbeda dengan kaca yang tidak bersih, tentu akan mengganggu jarak pandang saat berada dalam perjalanan. Agar dapat menghindari hal ini, tentunya anda sebagai pemilik kendaraan wajib memberikan perawatan.

Sebab, jika kaca mobil kotor dan tidak terawat, akan menimbulkan bahaya bagi pengemudi. Sayangnya meski sudah membersihkannya, terkadang kaca mobil mengalami masalah lain.

Kaca mobil yang buram menjadi masalah yang sering terjadi, terutama saat musim hujan. Salah satu penyebabnya yaitu karena timbulnya jamur. Jamur yang menempel merupakan hasil dari endapan air dalam kaca.

Baca Juga : Tips Beli Mobil Keluarga, Dapatkan Kapasitas Sesuai Kebutuhan

Sehingga jamur akan mudah tumbuh dalam cuaca yang berudara dingin. Bagi anda pemilik mobil, sebaiknya tahu bagaimana cara mengatasi jamur pada kaca mobil.

Jika anda bisa mengatasinya sendiri, tentu akan membuat pandangan saat mengemudi menjadi lebih baik. Resiko berbahaya pun akan ikut berkurang. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaca mobil buram, antara lain:

Letakkan Mobil di Tempat yang Teduh

Mengatasi jamur pada kaca mobil yang buram salah satunya dengan meletakkan kendaraan pada tempat yang teduh. Hindari paparan sinar matahari secara langsung sebelum anda ingin membersihkannya.

Saat ingin mencucinya, sebaiknya bagian depan dulu, barulah bagian belakang. Hal ini bertujuan agar membersihkannya bisa lebih sempurna.

Periksa Wiper

Langkah kedua mengatasi kaca mobil buram yaitu dengan memeriksa bagian wipernya. Membersihkan wiper menjadi hal yang tidak bisa anda lewatkan.

Periksa apakah ada kotoran atau flek yang menempel pada komponen tersebut. Berikan cairan khusus yang sudah terjual bebas di pasaran.

Baca Juga : Kunci Mobil Tidak Bisa Dicabut, Begini Cara Cepat Mengatasinya

Gunakan cairan tersebut untuk membersihkan wiper dari kotoran. Jangan biarkan kondisinya tetap lembab, langsung angkat dengan kain kering.

Pastikan juga tidak ada sisa air yang menempel dan bisa mengakibatkan jamur tumbuh. Sebab, saat mencuci seperti inilah jamur justru bisa timbul.

Gunakan Cairan Khusus Jamur

Selain membersihkan wiper dengan cairan khusus, anda juga membutuhkan cairan khusus jamur. Bersihkan kaca mobil buram dengan cairan tersebut.

Banyak sekali jenis cairan tersebut. Sebelum menggunakannya, sebaiknya perhatikan petunjuk penggunaan. Hindari menggunakan sabun colek dan deterjen yang mampu menimbulkan masalah pada kaca.

Jika tidak menggunakan cairan pembersih jamur, jalan alternatifnya yaitu menggunakan shampo. Oleskan shampo dan lap dengan kain agar noda dan kotoran hilang.

Gunakan Lap Kering

Jika sudah menerapkan cara sebelumnya, terakhir yaitu melakukan pengelapan. Sebaiknya gunakan lap microfiber. Namun jika tidak memilikinya, anda bisa gunakan kain biasa.

Baca Juga : Penyebab Mesin Overheat pada Mobil, Perhatikan 6 Hal Ini!

Hanya saja, dengan kain biasa, hasilnya tidak akan maksimal. Sehingga membersihkan kaca mobil buram pun masih kurang memuaskan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto