Kader Posyandu di Ciamis Bantu PMI Penuhi Kebutuhan Darah

Kader Posyandu di Ciamis bantu PMI penuhi kebutuhan darah. Foto: Eli Suherli/HR.
Kader Posyandu di Ciamis bantu PMI penuhi kebutuhan darah. Foto: Eli Suherli/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Kader Posyandu di Ciamis, Jawa Barat, rutin menggelar donor darah untuk membantu memenuhi kebutuhan darah di PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Ciamis.

Acara rutin kader Posyandu Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg itu bekerjasama dengan PMI Kabupaten Ciamis, bertempat di GOR Desa Sukamulya, Senin (30/11/2020).

“Donor darah ini merupakan bentuk kepedulian kita dari pengurus Posyandu, untuk memenuhi kebutuhan darah dan juga membantu pihak PMI Ciamis,” terang Wawat Herawati, bidan Desa Sukamulya, kepada HR Online.

Dalam kegiatan donor darah itu, ada sebanyak 113 warga yang mendaftar. Mereka merupakan warga penerima PKH (Program Keluarga Harapan), dan non PKH.

Wawat menyebutkan, dari 113 warga yang mendaftar, sedikitnya 50 labu darah dengan berbagai golongan dapat terkumpul, kemudian pihaknya serahkan kepada pihak PMI Ciamis.

Baca Juga : Bantu Sesama, Puluhan Warga Padaherang Pangandaran Donor Darah

“Darah yang terkumpul semuanya kita serahkan kepada pihak PMI Ciamis. Artinya, kita sudah bisa membantu PMI memenuhi kebutuhan darah saat ini. Walaupun sedikit, tetapi ini sangat berharga,” kata Wawat.

Kepala Desa Sukamulya, Solihin, mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilakukan oleh seluruh kader Posyandu desanya. Menurutnya, kegiatan donor darah sangat bagus, terlebih jika melakukannya secara rutin.

“Saya dari pihak desa sangat mendukung kegiatan para kader Posyandu Desa Sukamulya. Karena dengan donor darah, selain menyehatkan bagi para pendonornya sendiri. Juga merupakan kegiatan yang sangat mulia untuk membantu kebutuhan darah, seperti di RSUD,” kata Solihin.

Pihaknya berharap, peserta untuk kegiatan amal donor darah berikutnya bisa lebih banyak. Sehingga, darah yang terkumpul juga bisa lebih banyak lagi.

Pantauan HR Online, kegiatan donor darah Kader Posyandu di Ciamis saat pandemi ini menerapkan protokol kesehatan. Sehingga, tidak terlihat adanya kerumunan warga.

Ketika datang ke tempat donor darah, warga tetap memakai masker. Petugas juga menyediakan tempat cuci tangan dan melakukan cek suhu tubuh kepada para pendonor. (Es/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

Aegis Boost Pro