Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaBerita TerbaruKamera Depan HP Blur, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kamera Depan HP Blur, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kamera depan HP blur merupakan sebuah masalah serius bagi banyak orang. Apalagi mengingat kebutuhan dokumentasi mulai meningkat. Banyak orang yang mulai sibuk mengabadikan semua momen spesialnya dengan bermodal kamera depan HP.

Yap, kita tak bisa memungkiri, bahwa kecanggihan teknologi telah membawa kita ke tahap, dimana kamera depan smartphone bisa sangat berkualitas layaknya kamera profesional.

Baca Juga : HP Vivo Kamera Depan 8MP Dukung Aktivitas Selfie dan Rekam Video

Akan tetapi, tak selamanya kamera selfie atau depan Anda akan tetap jernih kan?. Karena, bisa saja terdapat beberapa masalah yang membuat kamera depan HP blur.

Kasus kamera yang tidak jernih ini bisa kapanpun Anda alami, layaknya kamera dengan warnanya yang jadul.

Sehingga, Anda tentu bertanya-tanya, bagaimana mungkin kamera kekinian yang memiliki resolusi tinggi tiba-tiba blur?. Tenang, kami akan kupas tuntas penyebab kamera depan smartphone blur sekaligus cara mengatasinya.

Kamera Depan HP Blur, Penyebab dan Solusinya

Ada beberapa yang menyebabkan kamera selfie ponsel hasilnya mendadak blur, yang mungkin sedang Anda alami.

Lecet atau Tergores

Penyebab kamera selfie pada smartphone yang blur yang pertama adalah adanya lecet atau goresan. Hal ini bisa saja terjadi karena Anda sering menggeser halus ponsel pintar Anda di lantai.

Baca Juga : Solusi Kamera Depan Tidak Berfungsi, Ikuti Cara Mudahnya Berikut Ini!

Oleh karena itu, jika tidak ingin hal ini terjadi, maka Anda harus mulai berhati-hati ketika meletakkannya. Selain itu, jangan menggesernya secara halus di lantai, karena bagaimanapun ia mempunyai sifat yang sensitif terhadap gesekan.

Selain karena Anda sering menggesernya ke lantai secara pelan, lecet atau tergores pada kamera Anda juga bisa karena terjatuh dari ketinggian.

Kamera Depan HP Blur karena Lensa Kamera Kotor

Penyebab lain adalah karena lensa kamera pada smartphone Anda kotor. Yap, penyebab satu ini adalah yang paling umum dialami nyaris semua pengguna ponsel android.

Adapun masalah kotornya lensa tersebut, bisa jadi karena adanya debu. Sebab, debu-debu halus dan berukuran kecil ini dapat masuk ke celah lensa kamera depan Anda.

Terkena Air

Penyebab terakhir adalah terkena air. Sedangkan kejadian ini bisa terjadi kapan saja, terutama saat Anda baru pulang dari kolam atau hujan-hujanan.

Baca Juga : Fungsi Panorama di Kamera HP untuk Foto Pemandangan, Ini Tipsnya!

Oleh karena itu, Anda harus paham, bahwa jika terkena air maka komponen yang akan rusak pada HP bukan hanya sekedar kamera yang blur. Akan tetapi, juga kerusakan lainnya yang akan mengganggu sistem kerja android.

Nah, sekarang Anda sudah paham apa penyebabnya nih. Maka selanjutnya, bisa menyimak beberapa tips atau cara untuk mengatasi kamera selfie smartphone yang mendadak hasilnya menjadi blur.

Mengatasi Kamera Depan HP Blur

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika kamera depan pada ponsel pintar Anda blur. Yang pertama adalah membersihkan lensa. Jika kamera Anda blur hanya karena kotor, maka cara ini bisa Anda praktekkan.

Sementara untuk caranya tidaklah sulit. Buka tutup casing terlebih dahulu, agar lensanya terlihat. Kemudian, Anda bisa menggosokkan tisu yang sudah diberikan minyak kayu putih sedikit. Selanjutnya, gosok pelan-pelan lensanya, sehingga debu yang ada dalam kamera itu mulai terangkat.

Kemudian cara yang kedua yaitu dengan menggosok tutup lensa menggunakan pasta gigi. Cara yang kedua ini bisa menjadi solusi bagi kamera depan HP blur, karena adanya goresan atau bekas gesekan.

Sedangkan untuk caranya, dengan mengoleskan pasta gigi sedikit saja tepat pada bagian depan lensa ponsel Anda. Lalu, mulai menggosoknya pelan-pelan.

Dengan demikian, perlahan goresan halus pada permukaan kamera depan Anda akan menghilang.

Akan tetapi, Anda harus memperhatikan pasta giginya, yaitu hanya bisa menggunakan pasta gigi biasa yang warnanya putih.

Namun, jika cara ini gagal, maka alternatif lain yang bisa Anda lakukan, yakni mencongkel tutup lensanya dengan memakai silet. Ingat ya, harus ekstra hati-hati.

Begitu selesai, harus langsung menggantinya menggunakan tutup lensa baru. Akan tetapi, jika Anda ingin yang gratis, bisa kok, tinggal menggunakan selotip saja yang berwarna putih bening.

Solusi terakhir untuk mengatasi kamera depan HP blur yakni membawa ke ahlinya. Cara ini berlaku bagi Anda yang kameranya sudah mengalami banyak kerusakan.

Jangan ragu-ragu untuk menyerahkannya ke pihak yang ahli. Apalagi jika ternyata Anda masih mempunyai garansi.

Jika permasalahan kamera depan HP blur yang Anda alami masih ringan, ada baiknya mengatasinya sendiri dengan cara-cara di atas. Akan tetapi, apabila memang sudah sampai ke tahap kerusakan yang serius, maka solusi terbaiknya adalah membawanya ke orang yang memang ahlinya. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Subagja Hamara

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img