Kampung Cai Ranca Upas, Bumi Perkemahan dengan Wahana yang Seru

Kampung Cai Ranca Upas
Kampung Cai Ranca Upas Foto: idetrips.com

Kampung Cai Ranca Upas salah satu destinasi wisata alam nan seru Kota Bandung. Destinasi wisata ini merupakan salah satu bumi perkemahan yang terdapat di Ciwidey Bandung.

Kawasan perkemahan dengan luas sekitar 215 H yang dikelilingi hutan lindung sehingga membuatnya semakin asri dengan keindahan yang sangat luar biasanya.

Dalam bumi perkemahan ini, anda dapat menemukan flora yang cukup beragam. Mulai dari pohon Kitambang, Puspa, Jamuju, Hamirug, Pasang, Huru, serta Kuru.

Selain beragam flora, hutan lindung ini juga hadir beberapa jenis fauna dengan berbagai jenis satwa jinak lainnya. Selain sebagai bumi perkemahan, anda juga dapat berekreasi ke tempat ini yang hadir dengan beragam wahana.

Kampung Cai Ranca Upas

Bandung merupakan salah satu kota yang cukup populer dengan destinasi wisata yang beranekaragam. Mulai dari wisata edukasi, wisata religi, wisata alam, hingga wisata kuliner. Maka tidak heran jika kota ini banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Salah satu destinasi wisata alam yang cukup direkomendasikan saat anda berkunjung ke Kota Bandung adalah Kampung Cai Ranca Upas.

Baca Juga : Gua Paling Angker di Pulau Jawa untuk Menguji Adrenalin

Merupakan salah satu kampung yang cukup luar biasa. Kawasan ini hadir dengan menawarkan banyak keindahan serta beragam hal menarik.

Melalui destinasi wisata satu ini, anda dapat menemukan sejuknya perkampungan serta indahnya kehidupan perkemahan. Hamparan luas dengan hutan lindung serta banyaknya pemukiman yang masih lekat dengan nuansa yang sangat asri.

Daya Tarik Kampung Cai Ranca Upas

Pada salah satu destinasi wisata alam Kota Bandung ini, para pengunjung dapat berwisata dengan menikmati keindahan alam yang sangat mempesona. Dengan beragam daya tariknya yang antara lain:

Bumi Perkemahan yang Luas

Bagi anda yang ingin bermalam di kawasan ini, terdapat camping ground sebagai tempat untuk berkemah. Ranca Upas juga terkenal sebagai bumi perkemahan terbaik Kota Bandung dengan area yang sangat luas, sehingga pengunjung dapat dengan bebas untuk menentukan area camping mana yang akan mereka gunakan.

Tidak jarang bumi perkemahan ini menjadi sebagai lokasi berlangsungnya acara kelas nasional. Mulai dari jambore hingga pelatihan ataupun kegiatan kemah dengan banyak peserta.

Penangkaran Rusa dan Pusat Konservasi Fauna

Dalam Kampung Cai Ranca Upas juga terdapat penangkaran Rusa. Oleh karena itu, bagi anda yang gemar dengan rusa, dapat mengenal hewan ini di sini.

Baca Juga : Gua Lalay Majalengka, Pesona Wisata Alam Sudana di Balik Mitosnya

Kampung Cai Ranca Upas juga menjadi pusat konservasi fauna. Dengan demikian, para pengunjung dapat menemukan berbagai tempat menarik untuk mereka nikmati.

Dengan penangkaran rusanya, wisatawan dapat menyaksikan kehidupan rusa-rusa yang lucu pada habitat aslinya. Selain itu, anda juga dapat memberinya makan sembari berinteraksi bersama rusa-rusa tersebut. Hal ini tentunya akan sangat disukai oleh anak-anak.

Kolam Renang Air Panas

Yang paling menarik dari destinasi wisata alam Kota Bandung satu ini adalah para wisatawan dapat berenang di kolam renang air panas alami. Kolam renang ini memiliki sumber mata air panas yang berasal dari Gunung Patuha.

Beragam Wahana Menarik

Adapun wahana yang dapat anda nikmati di Kampung Acai Ranca Upas antara lain wing star, adventures game, flying fox, fun game, jembatan goyang, painball, sepeda gunung, serta masih banyak deretan wahana menarik lainnya. Hal ini tentunya akan menjadikan liburan anda akan semakin menyenangkan.

Harga Tiket dan Lokasi Kampung Cai Ranca Upas

Untuk lokasi Kampung Acar Ranca Upas tepatnya berada di Jalan Ciwidey, Rancabali, Kabupaten Bandung. Apabila merasa kesulitan untuk menemukannya, anda dapat mengikuti rute menuju Ranca Upas melalui Terminal Leuwingpanjang jurusan Leuwing Panjang arah Ciwidey.

Baca Juga : The Lodge Maribaya, Wisata dengan Berbagai Wahana Ekstrem yang Unik

Selanjutnya setelah anda menemukan pintu gerbang Kawah Putih, maka anda dapat langsung masuk. Karena disanalah letak Ranca Upas, dengan posisi kurang lebih sekitar 100 meter dan anda harus berjalan kaki untuk masuk ke kawasan destinasi wisata ini.

Untuk harga tiket masuk ke kawasan Kampung Cai Ranca Upas, anda akan dikenakan biaya yang cukup murah yakni sebesar Rp 15 ribu per orang. Selain akan menemukan berbagai macam wahana, anda juga akan memperoleh fasilitas yang sangat lengkap dan menarik. Untuk menikmati berbagai wahana tersebut, anda akan kena biaya yang berbeda-beda. (R10/HR-Online)

Editor : Dadang