Kasus Covid-19 Ciamis Meningkat, Kades Diminta Aktifkan Desa Tangguh

Kasus Covid-19 Ciamis meningkat
H Tatang, Sekda Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kasus Covid-19 di Kabupaten Ciamis terus meningkat, H Tatang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meminta Kepala Desa untuk proaktif dalam memutus penyebaran Covid-19 di wilayahnya. Salah satunya dengan mengaktifkan Desa Tangguh.

“Edukasi penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat dan penguatan ketahanan pangan juga menjadi agenda utama bagi Gugus Tugas Desa maupun Kecamatan. Ini harus benar-benar dikolaborasikan dengan semua stakeholder dari mulai masyarakat, relawan,TNI/Polri dan aparatur pemerintah,” kata H Tatang kepada HR Online, Sabtu (5/12/2020).  

Ia mengatakan untuk melawan Covid-19 dibutuhkan gotong royong dari masyarakat terutama dalam memutus mata rantai penyebaran. Budaya seperti penggunaan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak harus menjadi sebuah budaya baru di tengah masa pandemi Covid-19.

“Tren kasus positif Covid-19 di Ciamis terus meningkat, sehingga harus benar-benar menjadi sebuah perhatian bagi kita semua. Terutama dalam penerapan pola hidup bersih sehat dan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya. 

Menurutnya, jika ingin terhindar dari Covid-19, maka wajib menjaga budaya baru, yaitu 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan dengan sabun). 

“Sehingga sosialisasinya juga harus kita lakukan bersama-sama, terutama dalam mengingatkan antar individu ke individu lainnya,” tegasnya. 

H Tatang berharap kasus Covid-19 di Ciamis bisa ditekan. Namun hal ini membutuhkan  dukungan dari semua lapisan masyarakat berani jujur dan patuhi protokol kesehatan. 

“Pola gotong royong menjadi sebuah ciri khas bangsa Indonesia di setiap kegiatannya. Maka dari itu, di tengah pandemi Covid-19 kita juga harus ikut mensosialisasikan minimalnya di lingkungan tempat kita tinggal,” terangnya. (Fahmi/R7/HR-Online)

Editor: Ndu