Kasus Covid-19 di Ciamis Meningkat, Banyak Warga Tak Pakai Masker

Covid-19 Kecamatan Ciamis
Warga Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terjaring operasi yustisi Satgas Covid-19, Jum'at (4/12/2020). Foto: Ferry/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kasus Covid-19 di Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terus meningkat. Data per tanggal 3 Desember 2020, sudah ada 47 orang yang positif Covid-19. Penambahan per Kamis (3/12/2020) kemarin, ada 6 orang warga Kecamatan Ciamis positif Covid-19.

Sementara itu, berdasarkan data Satgas Covid-19, kasus Covid-19 se-Kabupaten Ciamis, per Kamis, 3 Desember 2020 sudah mencapai 504 orang. Dengan rincian 219 orang sembuh, warga yang masih aktif atau belum sembuh dari Covid-19 sebanyak 268 orang. Sebanyak 22 orang diantaranya dirawat, dan 246 sisanya menjalani isolasi mandiri. Selain itu, sebanyak 17 orang pasien positif Covid-19 di Ciamis meninggal dunia.

Dalam upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tersebut, Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Kecamatan Ciamis melakukan operasi yustisi. Operasi digelar di pasar Imbanagara, Desa Imbanagara, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jumat (4/12/2020).

Pelaksanaan operasi yustisi kali ini sasarannya yaitu masyarakat yang tidak pakai masker. Kegiatan ini juga melibatkan, unsur kecamatan Ciamis, anggota Polisi dari Polsek Ciamis dan TNI Koramil Ciamis. Serta tim medis dari Puskesmas Ciamis dan perangkat Desa Imbanagara.

Camat Ciamis, Dede Hermawan mengatakan, dalam operasi yustisi yang digelar oleh Satgas penanganan Covid-19 kecamatan Ciamis, berhasil menindak kurang lebih 100 orang yang tidak memakai masker.

“Untuk sanksinya sendiri, kita hanya sanksi sosial berupa membacakan teks pancasila dan bagi pelanggar protokol kesehatan yang berusia muda diberikan sanksi berupa push up,” katanya.

Operasi Yustisi untuk Efek jera

Menurutnya, dengan adanya sanksi tersebut mudah-mudahan bisa memberikan efek jera. Sehingga, nantinya masyarakat bisa disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Dimasa pandemi Covid-19, disiplin menerapkan protokol kesehatan saat ini perlu dilakukan. Pasalnya, untuk menghindari terpapar dari virus Corona,” tuturnya.

Dede yang juga merupakan ketua Satgas penanganan Covid-19 kecamatan Ciamis mengungkapkan, kasus Covid-19 di kabupaten Ciamis khususnya di kecamatan Ciamis saat ini terus meningkat. Maka dari itu, pihaknya akan gencar melakukan operasi yustisi di berbagai tempat.

“Untuk kedepannya, kita akan gencar melakukan sosialisasi dan tentunya operasi yustisi. Agar, masyarakat benar-benar menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Dengan kita disiplin, mudah-mudahan dapat menekan angka kasus Covid-19 saat ini,” ungkapnya.

Dede berharap, kasus Covid-19 di kecamatan Ciamis bisa menurun. Kemudian, masyarakat agar dapat disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan cara 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Karena, protokol kesehatan itu bukan hanya memakai masker saja. Tapi kita juga harus rajin cuci tangan dengan air mengalir, selalu jaga jarak artinya kita harus menghindari dari kerumunan massa agar tidak terpapar,” pungkasnya. (Ferry/R7/HR-Online)

Editor: Ndu