Kedisiplinan Masyarakat Modal Utama Penanganan COVID-19 di Jabar

Kedisiplinan Masyarakat Modal Utama Penanganan COVID-19 di Jabar
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Foto:Istimewa

Berita Jabar (harapanrakyat.com).- Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, sangat membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi.

“Jika prokes tidak dijalankan, maka kasus Covid-19 akan terus meningkat dan ekonomi juga akan terganggu,” ujar Uu Ruzhanul Ulum Senin (30/11/2020).

Maka dari itu, pihaknya berharap masyarakat selalu patuh dan menerapkan prokes 3M.

“Kedisiplinan masyarakat memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mencuci tangan, efektif dalam menekan angka kasus Covid-19,” jelasnya.

Menurutnya, perekonomian di Jawa Barat dalam triwulan ke III ini terus membaim meningkat 3,37 persen (q-to-q) dari sebelumnya.

“Secara tahunan, ekonomi Jawa Barat di triwulan III ini juga mengalami pertumbuhan yakni minus 4,08 persen,” kata Uu.

Berdasarkan data BI Jawa Barat, implementasi AKB atau Adaptasi Kebiasaan Baru sejak Juli 2020 kemarin, mendorong banyak kegiatan usaha buka kembali.

Hal ini membuat lapangan usaha menggeliat kembali miulai dari sektor perdagangan, industri pengolahan, transportasi, hingga penyediaan akomodasi.

“Sejalan dengan itu, pendapatan masyarakat mulai pulih secara perlahan dan bisa meningkatkan konsumsi rumah tangga,” ucapnya.

Baca Juga: Wagub Jabar Usulkan Gagasan Gerakan Santri Pancasila

Di sisi lain, lanjut Uu, adanya realisasi investasi pada triwulan IlI-2020 berdampak pada pertumbuhan ekonomi Jabar.

“Ekonomi Jawa Barat mayoritas dan pada sektor industri. Alhamdulillah saat ini industri di Jabar sudah mulai bergerak dan menggeliat,” ungkap Uu.

Ia menegaskan, sebelum adanya pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi Jawa Barat selalu ada di atas rata-rata nasional.

“Akibat pandemi, ekonomi Jabar sempat terpuruk, alhamdulillah sekarang mulai baik,” katanya.

Agar pemulihan ekonomi tetap berjalan, ia meminta masyarakat untuk terus meningkatkan kedisiplinan prokes 3M saat beraktivitas. (Jujang/R8/HR Online)

Editor: Jujang

Aegis Boost Pro