Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita TerbaruKegunaan Pusar Manusia pada Kesehatan dan Dunia Medis

Kegunaan Pusar Manusia pada Kesehatan dan Dunia Medis

Kegunaan pusar manusia memang sangatlah banyak. Jangan menganggap sepele pusar yang anda miliki. Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa pusar adalah sisa tali pusar saat bayi.

Padahal pusar memiliki beberapa kegunaan yang sangat penting. Memang benar pusar merupakan tempat menyalurkan nutrisi dan oksigen selama dalam kandungan. Tetapi itu fungsinya dulu saat masih melekat tali pusar yang panjang.

Setelah bayi berusia cukup, pasti tali pusarnya akan dipotong. Mungkin sebagian orang menganggap bahwa tali pusar ini sudah tidak berguna.

Kegunaan Pusar Manusia Dalam Berbagai Hal

Pusar lebih dikenal dengan sebutan udel yang merupakan salah satu bagian tubuh manusia. Letak dari pusar berada pada perut bagian depan. Setiap orang pasti memiliki pusar dengan bentuk yang berbeda-beda.

Perbedaan tersebut tergantung saat proses kelahiran seseorang. Walaupun memiliki bentuk yang kecil, pusar memiliki kegunaan yang besar bagi seseorang. Berikut adalah beberapa kegunaan pusar:

Pintu Operasi Medis

Pusar pada perut manusia merupakan jendela para ahli bedah. Hal ini karena letak pusar berhubungan dengan kantong empedu. Bidang bedah invasif minimal, kebanyakan melakukan prosedur operasi melalui pusar.

Biasanya para ahli bedah akan membuat sayatan kecil pada pusar. Tujuannya untuk memasukkan laparoskop. Merupakan sebuah alat yang berguna untuk melihat isi dalam usus tanpa membuat sayatan besar.

Setelah itu, ahli bedah akan membuka satu sayatan tambahan. Hal ini membuktikan bahwa kegunaan pusar manusia sangatlah penting. Ahli bedah akan mudah mengambil atau mengangkat jaringan target.

Baca Juga: Fungsi Jakun pada Pria yang Berkaitan Erat dengan Pita Suara

Pusar Terhubung ke Hati Manusia

Tali pusar merupakan bagian organ yang melancarkan sirkulasi darah ibu yang kaya akan nutrisi dan oksigen. Nantinya nutrisi dan oksigen akan masuk ke janin yang sedang tumbuh. Hal tersebut merupakan sumber makanan janin saat dalam kandungan.

Berkaitan dengan hal tersebut, tali pusar memiliki dua jenis jalur kehidupan. Jalur tersebut adalah pembuluh darah tali pusar dan dua arteri pusar. Kedua jalur tersebut mampu membawa limbah serta CO2 dari bayi kembali ke ibu.

Kegunaan pusar pada manusia yang berikutnya ini mampu menghubungkan pembuluh darah arteri ke sistem hati, kandung kemih, dan peredaran darah. Saat bayi sudah lahir, udara akan masuk ke paru-paru. Barulah tali pusar akan dipotong dengan benar.

Zona Sensitif Sensual

Pusar juga merupakan salah satu titik sensual. Sebab ada seseorang yang hanya dengan melihat pusar bisa mengalami gejolak sensual. Sehingga berhati-hati dengan pusar yang nampak ke khalayak.

Hal ini khususnya pada pria yang mengidap heteroseksual. Biasanya mereka akan melihat pusar yang terbuka dan area sekitarnya terlihat menarik. Dalam hal ini akan menonjolkan garis pinggang wanita, lekuk tubuh, dan lain sebagainya.

Reproduksi

Jangan menganggap remeh bentuk pusar seseorang. Pasalnya, kegunaan pusar manusia ini bisa menentukan potensi reproduksinya. Khususnya dalam hal ini, akan terlihat pada seorang wanita.

Banyak orang yang mengatakan lebih suka dengan bentuk pusar wanita yang berbentuk T atau oval. Hal ini terkait dengan keindahannya.

Baca Juga: Pengertian Sistem Saraf Tepi dan Fungsinya dalam Pergerakan Tubuh

Mengatur Kondisi Empedu

Kantung empedu adalah faktor yang menyebabkan penyakit batu empedu. Hal ini merupakan akibat dari pengerasan kolesterol yang tertimbun pada cairan empedu. Pusar sangat berperan dalam mengatur kantung empedu agar tidak mengalami gangguan.

Kegunaan pusar manusia ini jelas sangat membantu manusia dalam mencegah berbagai penyakit berbahaya. Sehingga jangan meremehkan pusar yang merupakan bagian biasa saja pada tubuh manusia.

Mengatur Kinerja Lambung dengan Baik

Lambung mempunyai empat lapisan yang masing-masing fungsinya berbeda. Dengan ini, pusar bisa membantu mengatur tiap lapisan bekerja dengan baik. Sehingga lambung tidak akan mengalami gangguan yang menyebabkan suatu penyakit.

Mengatur Kelenjar Adrenalin

Seseorang pasti memiliki kelenjar adrenalin yang sangat berperan bagi tubuh. Fungsi kelenjar ini akan menghasilkan hormon adrenalin yang memberikan energi pada tubuh manusia. Pusar akan membantu dalam kerja kelenjar adrenalin ketika menyangkut otot pada sekitar perut.

Hal ini akan memberikan energi kepada seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Terlebih untuk melakukan aktivitas yang sifatnya memacu adrenalin seseorang.

Itulah beberapa kegunaan pusar manusia dalam beberapa hal terkait kesehatan. Jaga dan rawat pusar agar selalu bersih sehingga tidak terserang penyakit. (R10/HR Online)

- Advertisment -