Keistimewaan Hari Jumat Datangkan Banyak Amalan Baik

Keistimewaan Hari Jumat Datangkan Banyak Amalan Baik
Ilustrasi Keistimewaan Hari Jumat. Foto: Ist/Net

Keistimewaan hari Jumat memang banyak sekali. Tetapi banyak orang yang mengatakan bahwa hari Jumat adalah hari yang sangat pendek. Padahal hari ini justru memberikan banyak pahala bagi umat muslim.

Memanfaatkan hari Jumat dengan baik akan mendatangkan banyak keberkahan. Jumat merupakan salah satu hari yang Agung. Selagi menunggu hari Sabtu, akan lebih baik mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif.

Tak heran jika hari Jumat adalah Sayyidul Ayyam atau penghulu antara hari. Sehingga tidak ada salahnya melakukan aktivitas yang mendatangkan barokah saat hari Jumat.

Baca juga: Arti dari Istiqomah dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Keistimewaan Hari Jumat Bagi Muslim

Banyak orang yang mengatakan bahwa hari Jumat adalah hari yang penuh berkah. Pernyataan ini tidak salah, karena banyak orang yang mendapatkan sesuatu hal yang bahagia saat hari Jumat. Salah satunya adalah selalu bisa bertemu dengan kerabat saat menjalankan sholat jumat bagi laki-laki.

Hari jumat merupakan waktu yang sangat tepat untuk lebih banyak beribadah. Bahkan doa-doa akan terkabul berkat ridho Allah SWT. Sehingga banyak sekali keistimewaan yang ada saat hari Jumat.

Hari Penghapusan Dosa

Menyambut datangnya hari Jumat memang sangat menyenangkan. Mendapatkan sambutan yang baik adalah salah satu dari keistimewaan hari jumat ini. Salah satunya adalah terkenal dengan hari penghapusan dosa.

Ada keutamaan dari keistimewaan hari Jumat untuk senantiasa merapikan rambut, mengoleskan parfum, berangkat ke masjid, dan lain sebagainya. Sebaiknya menjalankan sholat sesuai dengan tuntunan. Maka orang yang seperti ini akan mendapatkan ampunan antara dua Jumat.

Terhindar dari Siksa Kubur

Keistimewaan ini terutama bagi orang yang meninggal pada hari Jumat. Orang tersebut akan terhindar dari fitnah sisa kubur. Tetapi perlu untuk menikmati hari Jumat yang penuh berkah dengan kebaikan.

Sia-sia jika seseorang tetap berbuat yang tidak baik. Sebab amalan baik tidak akan mengalir pada orang tersebut. Adanya pahala bisa sebagai bekal untuk akhirat nanti.

Keberkahan Shalat Jumat setara Dengan Pahala Puasa Setahun dan Sholat

Hari Jumat memang penuh berkah, karena pahala yang tak henti-hentinya akan terus mengalir. Untuk itu ada himbauan bagi umat muslim untuk segera pergi ke Masjid. Setelah itu usahakan mengambil shaf paling depan agar pahala kebaikan terus mengalir.

Keistimewaan hari jumat ini tak boleh terlewatkan begitu saja. Seseorang harus berlomba-lomba mendapatkan semua keberkahan itu. Sebab tidak ada orang yang mau merugi dengan segala keberkahan Allah SWT.

Hari Terbaik untuk Sedekah

Jumat merupakan hari terbaik untuk seseorang bersedekah. Sedekah memang merupakan amalan yang tidak akan terputus hingga seseorang meninggal nanti. Pahalanya akan selalu berlimpah dan selalu ada.

Dalam hal ini bersedekah tidak harus banyak. Orang yang bersedekah seadanya bisa mendapatkan pahala yang tak hentinya. Tetapi, ketahuilah bahwa sedekah itu adalah amalan jariah manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan keberkahan dunia akhirat.

Misalnya saat melaksanakan Sholat Jumat pasti ada kotak infaq keliling. Sisihkan sebagian harta kepunyaan untuk melakukan sedekah. Insya Allah semuanya akan berguna dan memberikan jalan yang terang menuju dunia akhirat yang aman dan damai.

Baca juga: Adab Sebelum Tidur Menurut Islam yang Sesuai Anjuran Rasulullah

Hari Menampakkan Diri

Keistimewaan hari Jumat berikutnya adalah hari yang tepat untuk seseorang memeprlihatkan dirinya pada Allah SWT. Maksudnya adalah untuk menunjukkan Pada Allah bahwa seseorang selalu menyembahnya. Tidak ada selain Allah yang mereka sembah dan hanya satu-satunya.

Ada baiknya pada hari JUmat seseorang senantiasa beribadah kepada-Nya. Allah akan mengabulkan segala permintaan yang terlontar dari mulut hambanya pada hari Jumat dengan niat yang sungguh-sungguh dan hati yang suci. Sebab Allah maha mengetahui isi hati manusia yang tidak bisa ditebak bagaimana keinginannya.

Kebaikan akan selalu mengalir bagi mereka yang senantiasa mengingat Allah pada hari Jumat. Berzikir dan berdoa untuk memohon ampunan pada hari Jumat adalah sesuatu yang sangat istimewa bagi muslim. Sebab mereka akan mendapatkan jawapan Allah yang sangat bijaksana dalam memberikan ampunan dan mengabulkan permohonan hambanya.

Itulah beberapa keistimewaan hari jumat bagi seorang muslim. Manfaatkan hari jumat dengan sebaik-baiknya untuk melakukan perbuatan terpuji yang mendatangkan amal kebaikan. Senantiasa berdoa dan beribadah kepada Allah SWT adalah kunci dari keistimewaan tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid