Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita TerbaruKelebihan Layar AMOLED, Hemat Daya Hingga Rasio Kontras Tinggi

Kelebihan Layar AMOLED, Hemat Daya Hingga Rasio Kontras Tinggi

Kelebihan layar AMOLED cukup beragam. Salah satunya adalah smartphone yang menggunakan teknologi layar AMOLED jauh lebih baik daripada smartphone yang menggunakan layar LCD.

Dalam beberapa tahun terakhir, para perusahaan smartphone banyak mengusung teknologi unggulan, yakni menggunakan layar dengan teknologi AMOLED pada beberapa produk unggulannya. Active Matrix Organic Light Emiting Diode atau AMOLED adalah teknologi layar terbaru pengembangan dari OLED display.

Perlu anda ketahui, layar AMOLED telah banyak tersemat pada beberapa perangkat seperti tablet, kamera digital, smartphone, hingga smartwatch. Pasalnya, teknologi ini mampu mempunyai banyak keunggulan daripada layar jenis LCD pada perangkat smartphone.

Kelebihan Layar Amoled

Saat ini teknologi panel layar smartphone semakin canggih dengan beberapa varian pilihan bagi para penggunanya. Salah satunya adalah penggunaan teknologi layar AMOLED yang semakin menambah daftar panjang dari teknologi layar canggih.

Baca juga: HP Xiaomi Layar AMOLED, Memiliki Ketajaman Tinggi

Teknologi layar AMOLED adalah ciptaan dari produsen smartphone ternama Samsung yang bermarkas di Seoul, Korea Selatan. Perkembangan teknologi canggih ini merupakan kelanjutan dari teknologi layar Thin Film Transistor. Perlu anda ketahui, AMOLED merupakan perpaduan antara teknologi OLED dan TFT LCD konvensional.

Dalam hal ini, metode penambahan sensor pada sel organik dari LED adalah salah satu kunci dari hadirnya teknologi AMOLED. Dengan demikian, antarmuka atau bentuk dari perangkat ini dapat mencapai titik ketebalan seperseribu milimeter tanpa adanya pengurangan ketajaman tampilan.

Menariknya lagi, teknologi AMOLED mampu menghadirkan rasio kontras yang lebih tinggi serta konsumsi daya lebih hemat. Hal ini tentunya menjadi salah satu kelebihan layar AMOLED yang dapat anda manfaatkan.

Dengan menggunakan smartphone yang telah mengusung teknologi layar AMOLED, maka anda akan memperoleh beragam keunggulan yang antara lain:

Struktur dan Desain Tipis

Dengan memiliki desain serta struktur dengan ukuran yang tipis, tentu dapat membuat body ponsel menjadi lebih ramping. Pasalnya, teknologi AMOLED mempunyai layer plastik organik dengan ketebalan sekitar 100 hingga 500 nanometer saja.

Layer plastik organik ini dapat menjadi salah satu kelebihan layar AMOLED dengan fleksibilitas dalam memancarkan cahaya daripada layer yang terdapat pada layar LCD. Dengan demikian, teknologi layar canggih satu ini mampu menghasilkan cahaya yang terpancar secara lebih leluasa.

Hemat Daya Baterai

Lain dengan tipe layar LED atau LCD display, layar AMOLED mempunyai konsumsi daya baterai lebih rendah. Pasalnya, pada panel layar AMOLED tidak memerlukan adanya backlight untuk menampilkan gambar atau warna meskipun dengan tingkat yang tajam sekalipun.

Baca juga: Rekomendasi HP Murah Layar AMOLED Terbaik

Sedangkan backlighting yang terdapat pada LED serta LCD display tentu lebih menguras daya baterai guna menopang kinerja dari display tersebut.

Penyebab konsumsi daya baterai yang cukup rendah pada layar AMOLED adalah dominannya warna gelap pada tampilan yang hadir sehingga tidak menguras daya baterai.

Rasio Kontras yang Tinggi

Salah satu kelebihan layar AMOLED selanjutnya adalah adanya rasio kontras yang tinggi. Hal ini diperoleh dari dioda serta pixel yang berasal dari bahan organik.

Hal ini dapat memancarkan cahaya serta menghasilkan warna. Selain itu, kepekatan warna dari layar ini belum dapat tersaingi oleh teknologi layar jenis lain.

Tampilan Jernih

Dengan warna serta rasio kontras yang tinggi, maka tampilan yang hadir dari layar AMOLED lebih jernih. Selain itu, teknologi displaynya mempunyai view angle yang lebih baik.

Keunggulan layar AMOLED lainnya yang dapat anda peroleh adalah memiliki refresh rate serta respon yang lebih baik dari panel layar LCD. Sehingga membuat pergerakan gambar lebih halus dan mulus.

Cara Perawatan Layar AMOLED

Selain mengetahui beberapa kelebihan layar AMOLED, anda juga perlu mengetahui cara perawatan layar AMOLED pada smartphone, antara lain pastikan brightness tidak melebihi 50%.

Baca juga: HP Layar AMOLED Terbaik 2020 dengan Spesifikasi Mumpuni

Dalam hal ini, anda dapat menggunakan manual brightness, sehingga pencahayaannya pun dapat anda atur secara mudah. Hindari pula interaksi sinar matahari langsung pada layar HP anda.

Anda juga dapat mengganti wallpaper pada layar HP anda sesering mungkin. Hal ini bertujuan agar warna yang keluar dari layar yang tidak hanya satu warna.

Anda dapat menggunakan tema gelap untuk meminimalisir cahaya dari layar AMOLED. Cara ini dapat mengurangi burn pada layar. Demikianlah beberapa kelebihan layar AMOLED dan cara perawatannya. Maka dapat anda pastikan layar AMOLED jauh lebih baik dari jenis layar panel lain. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

- Advertisment -